Cara Menggabungkan Huruf Mandarin Menjadi Kalimat Efektif

Bahasa Asing, 17 Jan 2023

Dari sekian banyak bahasa yang ada di dunia, bahasa Mandarin terkenal sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia. Banyaknya karakter yang harus diingat untuk membuat kata atau kalimat serta penggunaan nada bicara yang mempengaruhi makna dalam bahasa Mandarin, membuat banyak orang mengurungkan niat untuk menguasai salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia ini. Meskipun demikian, belajar bahasa Mandarin ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bahasa Mandarin memiliki aturan tata bahasa yang mudah dipahami, sehingga bahkan pemula yang baru saja mulai belajar bahasa Mandarin langsung bisa menggabungkan karakter atau huruf Mandarin yang sudah dipelajari sebelumnya menjadi sebuah kalimat dengan cepat. Simak berbagai cara menggabungkan huruf Mandarin di bawah ini.  

Menghafal Karakter atau Huruf Mandarin

Tentu saja, sebelum bisa menggabungkan huruf mandarin menjadi kalimat secara efektif, yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui berbagai karakter atau huruf Mandarin terlebih dahulu. Berbeda dari bahasa lainnya yang memakai huruf fonetik yang digunakan untuk membentuk kata sebelum dirangkai ke dalam frasa atau kalimat, huruf dalam bahasa Mandarin merupakan ideogram atau karakter yang digunakan untuk menggambarkan kata yang kemudian digabung untuk membentuk frasa dan kalimat. Terdapat banyak sekali karakter dalam bahasa Mandarin yang bisa diketahui (BBC menyebutkan kalau karakter dalam bahasa Mandarin bisa mencapai lebih dari 50.000 karakter). Meskipun demikian, agar dapat membaca koran dalam bahasa Mandarin dengan lancar, kamu hanya perlu mengetahui sekitar 2000 – 3000 karakter saja.

Dasar Penulisan Karakter atau Huruf Mandarin

Untuk mulai menghafal karakter atau huruf Mandarin, kamu bisa memulai dari mengetahui beberapa dasar penulisan karakter antara lain:

  1. Setiap karakter dalam bahasa Mandarin ditulis dengan menggunakan kuas dan ada 8 (delapan) jenis goresan dasar dengan 29 variasinya.
  2. Variasi goresan di atas digunakan untuk membentuk 214 karakter dasar dalam bahasa Mandarin yang kemudian digunakan untuk membentuk 47.000 karakter lainnya
  3. Sebuah karakter ditulis dalam kotak imajiner dan dimulai dari karakter yang paling kanan
  4. Penulisan dimulai dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah dan garis horizontal ditulis terlebih dahulu sebelum garis vertikal

Setelah memahami aturan ini, kamu bisa mulai mempelajari beberapa huruf dasar Mandarin yang biasa digunakan sehari-hari agar bisa digabungkan untuk membentuk sebuah kalimat. 

          Baca juga: Ingin Menguasai Bahasa Mandarin? Yuk Simak Tips Belajar Bahasa Mandiri yang Efektif 

Menggabungkan Huruf Mandarin Untuk Membuat Kalimat Efektif

Setelah mengenal berbagai karakter atau huruf Mandarin, kamu bisa mulai menggabungkan huruf tersebut menjadi kalimat yang mudah dipahami. Bahasa Mandarin sendiri memiliki aturan tata bahasa (grammar) yang tidak rumit tanpa perubahan kata kerja mengikuti waktu (konjugasi) dan tanpa perubahan bentuk tunggal atau jamak.

Struktur kalimat dalam bahasa Mandarin juga serupa dengan bahasa Indonesia dengan beberapa elemen dasar seperti subjek, predikat (kata kerja), objek, kata sifat serta berbagai keterangan seperti keterangan waktu atau tempat. Beberapa struktur kalimat sederhana yang bisa digunakan untuk menggabungkan huruf Mandarin antara lain :

  1. Subjek + Predikat.  Contoh : Andi makan
  2. Subjek + Predikat + Objek. Contoh : Andi makan nasi
  3. Subjek + Predikat + Objek + Keterangan. Contoh : Andi makan nasi tadi pagi
  4. Subjek + Predikat + Objek + Keterangan + Pelengkap. Contoh : Andi makan nasi tadi pagi di rumah
  5. Subjek + Predikat + Objek + Keterangan + Pelengkap + karakter Ma untuk merubah menjadi pertanyaan. Contoh : Andi makan nasi tadi pagi di rumah ma?

Semua kalimat-kalimat tersebut di atas dapat lebih diperpanjang dengan menambahkan kata sifat, kata keterangan dan objek. Hampir mirip dengan struktur kalimat bahasa Indonesia, bukan? Struktur kalimat dalam bahasa Mandarin yang cukup sederhana ini membuat proses penggabungan huruf Mandarin untuk membuat kalimat efektif menjadi mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

Tentu saja, untuk membantu proses belajar mengenal huruf Mandarin dan menggabungkan huruf Mandarin menjadi kalimat seperti ini, kamu tetap harus konsisten belajar dan berlatih bahasa Mandarin dengan berbagai cara termasuk berlatih membaca menggunakan buku, banyak berbicara dengan teman-teman dengan menggunakan bahasa Mandarin, belajar menggunakan aplikasi belajar bahasa atau bergabung dengan kursus bahasa Mandarin.

          Baca juga: Kenapa Belajar Bahasa Mandarin itu Penting? Simak Artikel Ini 

Rekomendasi Kursus Bahasa Mandarin Terpercaya

Kalau masih kesulitan untuk belajar bahasa Mandarin, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Mandarin di Schoters untuk persiapan kuliah, bekerja, traveling, maupun keperluan lain. Dengan tutor yang berpengalaman, kamu akan lebih mudah untuk menguasai bahasa Mandarin dari mulai tingkatan pemula hingga menengah. Selain itu, materi bimbingan yang akan kamu dapatkan juga sudah sesuai dengan sertifikasi HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi). 

Kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa sehari-hari dan menulis dalam bahasa Mandarin. Bahkan tersedia pula layanan bimbingan secara online buat kamu yang butuh jadwal fleksibel. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kuasai bahasa Mandarin bersama Schoters!

Informasi lengkap mengenai Mandarin Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

cara menggabungkan huruf mandarin