Cara Menulis Hiragana dan Pengucapannya dengan Cepat!

Bahasa Jepang menjadi salah satu pengantar yang paling banyak dituturkan ke-9 di dunia dengan 128 orang penutur asli.Tentunya angka ini terus bertambah karena banyaknya dampak pop culture seperti musik, anime, manga dan lain sebagainya. Hurufnya sendiri cukup unik, salah satunya Hiragana. Cara menulis Hiragana sendiri juga punya beberapa kaidah yang berbeda dari bahasa lainnya.

Bagi kamu yang baru pertama kali belajar bahasa Jepang, Hunters harus tahu bagaimana cara menulis Hiragana. Berikut beberapa informasi sejarah, karakteristik dan cara menulis Hiragana yang bisa membantu proses belajar para Hunters!

 

Sejarah Hiragana

Hiragana dulunya dikenal sebagai onna de atau artinya tulisan wanita. Karena dulu kaum laki-laki kebanyakan menggunakan Kanji dan Katakana. Melalui Hiragana ini pula, kaum perempuan dapat menyeimbangi celah antara kaum laki-laki.

Hiragana sendiri mulai digunakan secara luas di abad ke-10 Masehi. Terlebih Kanji dan sistem tulisan Cina ada yang tidak dapat diterapkan langsung ke bahasa Jepang. Saat ini, para murid di Jepang sudah mulai belajar cara menulis Hiragana sejak tahun pertama di sekolah. Meski sistem penulisannya yang sangat kompleks, Jepang merupakan negara dengan tingkat literasi tinggi di dunia, yaitu di angka 99%.

 

Apa itu Hiragana?

Singkatnya, Hiragana adalah alfabet fonetik dasar dari bahasa Jepang. Hiragana digunakan untuk kata sifat (okurigana), akhiran kata kerja, partikel, kata-kata yang tidak memiliki kanji, kata-kata yang umumnya hanya di tulisan kana, kata-kata yang kanjinya tidak diketahui penulis dan sebagai furigana (petunjuk yang diberikan oleh penulis untuk pembacaan kanji yang tidak dikenal).

Untuk membuatmu lebih memahami cara menulis Hiragana, kamu bisa membandingkannya seperti pada bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, ketika kamu menulis “A”, penulisannya akan tetap “A”. Dalam bahasa Jepang, tulisan dan bacaannya bisa sama tapi digunakan dengan cara yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu harus tahu dalam bahasa Jepang sendiri ada 2 gaya penulisan yaitu Hiragana dan Katakana. Bersama mereka dikenal dengan nama Kana. Sehingga bisa dibilang, Hiragana dan Katakana merupakan 2 gaya penulisan yang berbeda tapi dengan arti yang sama.

 

Baca juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Korea

 

Ciri-Ciri Hiragana dan Perbedaannya dengan Katakana

Seperti yang disampaikan di atas, Hiragana dan Katakana merupakan 2 gaya penulisan yang berbeda. Nah, sebelum kamu belajar lebih jauh tentang cara menulis Hiragana, berikut informasi lanjutan mengenai perbedaan keduanya yang harus kamu tahu!

Kegunaan dan Cara Menulis Hiragana dan Katakana

Hiragana merupakan tata cara yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk dari cara menulis Hiragana sendiri berlekuk-lekuk seperti alfabet dalam bahasa Indonesia. Hurufnya lebih jelas dan mudah untuk dicetak.

Sedangkan Katakana lebih tajam dan terkotak-kotak. Katakana biasanya digunakan untuk menjelaskan bahwa kata tersebut adalah bahasa asing atau diadaptasi dari bahasa lain. Ataupun digunakan saat menekankan sesuatu.

Pengucapan Huruf dan Katanya

Berbeda dengan pengucapan alfabet bahasa Inggris, cara menulis Hiragana dan Katakana dibaca sama dengan hurufnya. Tidak seperti bahasa Inggris yang huruf “E” akan dibaca seperti “i”. Jadi, sebenarnya cara menulis Hiragana dan Katakana akan lebih mudah dihafalkan daripada bahasa lainnya.

Huruf dan Cara Menulis Hiragana dan Katakana

Cara Menulis Hiragana

Cara menulis Hiragana dan Katakana agak sedikit berbeda. Berikut perbedaan huruf-hurufnya.

HIRAGANA

K

S

T

N

H

M

Y

R

W

N

A

I

U

E

O

KATAKANA

K

S

T

N

H

M

Y

R

W

N

A

I

U

E

O

Sampai sini apakah kamu sudah mulai memahami cara menulis Hiragana? Yuk ketahui lebih lanjut di informasi berikut ini!

 

Mau lebih lancar berbahasa Jepang? Atau mau belajar bahasa Jepang dari nol? Schoters punya kelas intensif bahasa Jepang yang bisa membantu kamu lancar membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Jepang dengan materi yang sudah disesuaikan dengan JLPT (Japanese Language Proficiency Test).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Jepang” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara menulis hiragana

 

Cara Membaca Hiragana

Melalui tabel di atas, kamu sudah dijabarkan tentang bagaimana penggunaan Hiragana. Untuk membaca Hiragana di atas kamu hanya cukup untuk menggabungkan huruf konsonan dan vokal yang ada. Tabel di atas juga akan mempermudahmu untuk menghafal dan cara menulis Hiragana. Sedangkan untuk pengucapannya antara lain:

あ : “ah” → Seperti membuka mulut “Ahhhh”

い : “i” → Seperti kata bee dalam bahasa Inggris

う : “oo” → Seperti tooth dalam bahasa Inggris

え : “eh” → Seperti kata medicine dalam bahasa Inggris

お : “oh” → Seperti huruf O biasanya

Nah jika ditambahkan dengan huruf konsonan di tabel maka akan menjadi:

か : “kah” → Seperti “Kucing”

き : “kee” → Seperti kata key dalam bahasa Inggris

く : “koo”

け : “keh” → Seperti kata kettle dalam bahasa Inggris

こ : “koh” → Seperti kata “Coca-Cola”

Selanjutnya yuk selesaikan dan coba untuk mengucapkan kata-kata di bawah ini. Dan cocokan jawabannya di akhir artikel!

さ: ?

し: ?

す: ?

せ: ?

そ: ?

Jika kamu sudah mendapatkan jawaban yang benar, yuk belajar lagi tentang cara menulis Hiragana dan pembahasan berikut ini!

 

Baca juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris 

 

Cara Menulis Hiragana

Seperti yang kita ketahui, Hiragana terdiri dari serangkaian karakter dasar yang dapat diubah sebagai berikut:

1. Menambah dakuten (濁点), (゙) untuk mengubah konsonan tanpa suara menjadi konsonan bersuara.

K → G

T → D

S → Z

H → B

2. Menambah handakuten (半濁点), (゚) untuk menghubung H → P.

3. Menambah huruf Hiragana kecil untuk ya, yu, atau  yo (ゃ, ゅ untuk ょ ).

4. Menambahkan tsu kecil (っ) untuk berhenti.

Untuk menambah kemampuanmu, yuk latihan beberapa kata dibawah ini dan cek jawabanmu di akhir artikel:

1. が = ?
2. じ = ?
3. ぞ = ?
4. づ = ?
5. で = ?
6. べ = ?
7. ぺ = ?

Jika kamu sudah yakin mendapat jawaban yang benar, yuk cek hasil belajarmu di akhir artikel berikut ini!

Kunci Jawab Latihan Cara Membaca Hiragana

Berikut kunci jawaban latihan cara membaca Hiragana di atas!

さ: “sah.”

し: “shi.”

す: “soo”

せ: “seh”

そ: “soh”

Berapa banyak jawabanmu yang benar?

Kunci Jawab Latihan Cara Menulis Hiragana

Berikut kunci jawaban latihan cara menulis Hiragana di atas!

が = ga

じ = ji

ぞ = zoh

づ = zu

で = de

べ = be

ぺ = be

 

Tips belajar huruf hiragana

1. Jangan langsung menulis hiragana

Sebelum belajar menulis, mulailah dari belajar cara membaca huruf hiragana terlebih dahulu. Latihan menulis huruf yang tidak dapat dibaca sama saja dengan hanya melukis atau menulis huruf secara sembarangan. Jika Hunters sudah tahu cara membaca huruf hiragana, maka akan lebih mudah bagi Hunters untuk menulisnya.

2. Latihan rutin kemudian ulangi

Setelah mampu menulis huruf hiragana, penting bagi Hunters mengulangi pelajaran yang sama secara rutin agar apa yang sudah dipelajari tidak terlupakan. Suatu saat nanti, Hunters akan dapat menguasai huruf hiragana secara spontan karena semua hal yang Hunters pelajari terserap dengan baik dalam memori otak.

3. Langsung pakai hiragana yang sudah dihafal 

Bagi Hunters yang sudah menghafal hiragana, mulailah menggunakan huruf-huruf tersebut secara langsung kemudian lafalkan cara mengucapkan huruf tersebut melalui kosakata bahasa Jepang. Selain itu, Hunters juga dapat perbanyak bacaan dengan tulisan huruf hiragana untuk membantu Hunters lebih mengingatnya.

 

Bimbingan bahasa Jepang terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar bahasa Jepang, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu JLPT Academy.

 

Kenapa harus ikut JLPT Academy di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Materi disesuaikan dengan level yang dipilih
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang JLPT Academy di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Cara Menulis Hiragana