Contoh Soal TOEIC dan Pembahasannya

Contoh soal TOEIC yang akan dibahas pada artikel ini dapat membantu memberi gambaran bagi Hunters yang perlu mengerjakan tes tersebut. TOEIC sendiri adalah sebuah tes untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja global.

Tes ini mencakup 2 bagian: Listening dan Reading, dan merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang paling populer di dunia. Untuk dapat mengerjakannya dengan mudah dan cepat, kalian harus familiar dengan contoh soal TOEIC yang dapat kalian lihat di artikel ini.

Asal-usul TOEIC

TOEIC dikembangkan sejak tahun 1979 oleh Educational Testing Service (ETS). Fokus utamanya adalah menciptakan tes untuk menilai kemampuan bahasa Inggris di tempat kerja. Pada awalnya, tes ini hanya digunakan di Jepang dan Korea Selatan. Namun, karena tingginya permintaan, TOEIC mulai diterima di seluruh dunia.

Tes ini memberikan gambaran tentang kemampuan bahasa Inggris seorang karyawan dalam hal mendengarkan, membaca, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seiring dengan perkembangannya, TOEIC juga digunakan oleh institusi pendidikan sebagai alat seleksi dan penilaian kemampuan bahasa Inggris kandidat atau siswa.

 

Tentang TOEIC

TOEIC terdiri dari dua bagian: Listening dan Reading. Bagian Listening terdiri dari 4 sub-bagian dengan 100 pertanyaan dan memiliki durasi 45 menit. Bagian Reading terdiri dari 3 sub-bagian dengan 100 pertanyaan dan memiliki durasi 75 menit. Total durasi tes adalah 2 jam.

Setiap pertanyaan pada TOEIC memiliki bobot yang sama dan tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah. Skor TOEIC diberikan dalam rentang 10 hingga 990, dengan skor rata-rata sekitar 500 hingga 550.

Di Indonesia, tes TOEIC dapat dilakukan di beberapa lembaga tes resmi seperti ETS Indonesia atau lembaga tes lainnya yang bekerjasama dengan ETS Indonesia. Biaya untuk mengikuti tes TOEIC bervariasi tergantung pada lembaga tes, namun rata-rata biaya untuk tes TOEIC adalah sekitar Rp.800.000 hingga Rp.1.500.000.

 

Baca Juga: Ingin Mengenal TOEIC lebih lagi? Cek Artikel Ini

 

Contoh Soal TOEIC

Tes TOEIC memiliki dua bagian utama, yaitu Listening dan Reading. Untuk dapat mengerjakannya dengan mudah, simak penjelasan berikut tentang struktur dan contoh soal kedua bagian tersebut.

Listening Section

Tes Listening section terdiri dari 4 bagian, dengan total 100 soal dan durasi maksimal pengerjaan 45 menit. Di bawah ini adalah rincian setiap bagian.

1. Photographs (6 soal)

Pada bagian ini, kalian akan melihat sebuah gambar selama 4 detik dan kemudian kalian akan mendengar sebuah pertanyaan disertai dengan 4 pilihan jawaban. Kalian harus memilih jawaban yang paling tepat sesuai dengan gambar yang telah ditampilkan.

Contoh Soal:

Pertanyaan: What can be seen in the picture?

Pilihan jawaban:

a. A computer screen

b. A television set

c. A projector

d. A camera

Pembahasan:

Dalam soal ini, kalian harus melihat gambar dan mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Pastikan kalian memahami konteks gambar dan simbol yang ada pada gambar yang ditampilkan.

2. Question-Response (25 soal)

Pada bagian ini, kalian akan mendengar sebuah pertanyaan dan kalian harus memilih jawaban yang paling tepat dari 3 pilihan yang diberikan.

Contoh Soal:

Pertanyaan:

A: Would you like to join us for dinner tonight?

B: _________________

Pilihan jawaban:

a. Yes, I’d love to.

b. I’m sorry, I can’t.

c. Thank you, I’m full.

Pembahasan:

Dalam soal ini, kalian harus mendengar pertanyaan dari orang A dan memilih jawaban yang tepat dari orang B. Jawaban yang kalian pilih harus menjawab pertanyaan dari orang A secara kontekstual.

3. Conversations (39 soal)

Pada bagian ini, terdapat 13 conversation atau percakapan yang berisi masing-masing 3 pertanyaan. Kalian harus menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan dialog tersebut.

Contoh Soal:

Pertanyaan: What is the woman’s name?

Pilihan jawaban:

a. Susan

b. Sarah

c. Sandra

d. Samantha

Pembahasan:

Dalam soal ini, kalian harus mendengar percakapan atau dialog dan mencari tahu nama wanita yang disebutkan. Kalian harus dapat mengingat tiap detail dari dialog yang akan menggambarkan kecakapan kalian dalam memahami dialog dalam bahasa Inggris.

4. Talks (30 soal)

Pada bagian ini, terdapat 10 talks (pidato atau presentasi) yang masing-masing memiliki 3 pertanyaan. Kalian harus menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi presentasi tersebut.

Contoh Soal:

Pertanyaan: What is the main topic of the talk?

Pilihan jawaban:

a. The history of English literature

b. The life of William Shakespeare

c. The plays of William Shakespeare

d. The language of William Shakespeare

Pembahasan:

Dalam mendengar sebuah pidato atau presentasi, cari tahu topik yang dibawakan dan detail dari topik tersebut. Pastikan kalian memahami kosakata yang digunakan dan jika kalian melewatkan detailnya, jangan panik dan tetap jaga fokus pada detail yang lain. Kalian bisa menggunakan intuisi untuk menebak detail yang kalian lewatkan tadi dari detail lainnya.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara cepat belajar bahasa inggris

 

Reading Section

Pada bagian reading, terdapat 100 soal yang terbagi dalam 4 bagian. Kalian harus mengerjakannya selama maksimal 75 menit. Di bawah ini adalah penjelasan pada tiap bagian.

1. Incomplete sentences (30 soal)

Pada bagian ini kalian akan melihat soal dengan bagian yang rumpang. Kalian harus mengisi bagian kosong tersebut dengan kata dengan bentuk tata bahasa atau grammar yang tepat. Bagian ini akan menguji pengetahuan kalian terhadap grammar bahasa Inggris.

Contoh soal: The company has a strict policy regarding _________ in the workplace.

Pilihan jawaban:

a. smoking

b. to smoke

c. smoke

d. smoker

Pembahasan: Pada bagian ini, kalian harus jeli dalam melihat bentuk mana yang paling sesuai dengan tense dan ketentuan lain dalam grammar. Baca dengan teliti tense atau subject yang digunakan dalam kalimat pertanyaan.

2. Text completion (16 soal)

Masih mirip dengan bagian incomplete sentence, pada bagian ini kalian harus memilih kata mana yang paling tepat untuk dimasukkan ke dalam konteks kalimat pertanyaan. Bagian ini akan mengetes penguasaan kosakata bahasa Inggris kalian.

Contoh soal: The company has recently implemented a new ____________ system to better manage its operations.

Pilihan jawaban:

a. software

b. hardware

c. operating

d. programming

Pembahasan: Pada bagian ini, kalian harus jeli melihat kosakata mana yang paling sesuai untuk dimasukkan ke dalam bagian yang kosong. Perhatikan topik kata yang digunakan pada kalimat pertanyaan dan kalian bisa memilih jawaban mana yang paling cocok.

 

Baca Juga: Penasaran Dengan Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC, dan PTE? Ayo Cek Disini

 

3. Single passages (29 soal)

Pada bagian ini kalian harus membaca sebuah potongan teks dari majalah atau koran, surel, dan pesan singkat. Tiap potongan teks akan memiliki pertanyaan yang harus kalian jawab berdasarkan teks yang diberikan. Bagian ini memiliki 10 teks singkat dengan 2 hingga 4 pertanyaan tiap teks.

Contoh soal: According to the passage, what is one advantage of using renewable energy sources?

Pilihan jawaban:

a. They are cheaper than nonrenewable sources.

b. They are less harmful to the environment.

c. They are more abundant than nonrenewable sources.

d. They are easier to transport than nonrenewable sources.

Pembahasan: Pada pertanyaan ini, kalian diminta untuk memilih advantage atau keuntungan apa yang didapat dari menggunakan sumber energi terbarukan. Pilih jawaban yang sesuai dengan teks, bukan dari pengetahuan kalian, ya.

4. Multiple passages (25 soal)

Masih mirip pada bagian sebelumnya, namun pada bagian ini teks yang disediakan akan lebih panjang dan kompleks. Bagian ini memiliki 5 set teks sepanjang 2 hingga 3 paragraf dengan masing-masing 5 pertanyaan pada tiap set. Teks yang disediakan juga dapat berupa diagram atau tabel.

Contoh soal: In the advertisement, the word “top” in paragraph 1, line 2, is closest in meaning to …

Pilihan jawaban:

a. maximum

b. favorite

c. important

d. upper

Pembahasan: Pada pertanyaan di atas, kalian diminta untuk mencari sinonim dari kata top. Namun sinonim yang diminta juga harus sesuai dengan konteks di mana kata top dipakai. Sehingga bacalah dengan teliti teks dan konteks kata yang ditanyakan.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEIC di Schoters

Butuh bimbingan TOEIC terpercaya? Join TOEIC Preparation by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)