Culture Shock di Korea: Seberapa Berbeda dengan Indonesia?

Apakah kalian berencana untuk kuliah di Korea atau malah sudah menghitung hari sebelum keberangkatan ke Korea? Jika begitu, kalian harus tau apa saja culture shock di Korea yang mungkin akan kalian temui saat di Korea nanti!

Berikut adalah beberapa cerita langsung dari mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Korea mengenai culture shock yang mereka alami! Apa saja? Yuk simak cerita-cerita di bawah ini!

1. Menemukan sabun batang di toilet umum

Mungkin sudah sering jika kita menemukan sabun di toilet-toilet umum di Indonesia, namun pada umumnya sabun yang disediakan adalah sabun cair. Di Korea, sabun yang tersedia adalah sabun batang yang ditaruh pada sebatang besi agar tidak diambil. Jika kalian menemukannya, apakah kalian mau menggunakannya?

2. Budaya cepat-cepat

Bagi kalian yang terbiasa menunda-nunda dan lelet, kalian akan merasakan perbedaan yang drastis di Korea karena warga Korea lebih suka melakukan hal-hal seperti berjalan dan bekerja dengan cepat. Hal ini dikarenakan sejarah Korea yang mengharuskan mereka bersaing untuk memproduksi barang dengan cepat agar menghasilkan lebih banyak profit.

3. Jenis makanan

Meski makanan pokoknya sama-sama nasi, namun lauk pauk di Korea umumnya memiliki citarasa yang jauh berbeda dengan makanan Indonesia. Di Korea, terdapat banyak produk makanan turunan daging babi. Sehingga, bagi pemeluk agama Islam wajib berhati-hati ketika memilih makanan.

4. Peraturan ketat tentang membuang sampah

Penegakan hukum yang berkaitan dengan sampah dilakukan dengan sangat ketat demi menjaga ketertiban dan kebersihan umum. Jika kalian tertangkap kamera membuang sampah secara sembarangan, siap-siap didenda hingga KRW 1.000.000 atau sekitar Rp.12.000.000.

Selain itu, jika kalian tinggal di Korea, kalian wajib memisahkan sampah rumah tangga berdasarkan kategori sampah yang ada seperti botol, plastik, kertas, kaca, dan lainnya.

5. Lampu merah yang lama

Lalu lintas yang tergolong lancar disebabkan oleh durasi lampu hijau yang cukup lama. Namun, hal ini membuat lampu merah juga menjadi lebih lama. Tak hanya berimbas kepada pengendara kendaraan, durasi lampu hijau yang cukup lama ini juga mempengaruhi kelancaran pejalan kaki terutama saat mereka akan menyeberang. Jadi, jika kalian sedang berjalan kaki dan ingin menyeberang, harap bersabar ya!

6. Transportasi umum yang memadai

Transportasi umum sangat mudah diakses di berbagai daerah di Korea. Jadi, jika kalian ingin berwisata, kalian bisa mengandalkan transportasi berupa kereta, MRT, bus, hingga taksi.

Baca Juga : Daftar Beasiswa dan Kampus Terbaik di Korea Selatan

7. Kimbab adalah Indomienya Korea

Meski memiliki banyak jenis mie instan yang sangat terkenal di seluruh dunia, namun nyatanya kimbab menjadi pilihan utama bagi warga Korea yang ingin makan kenyang namun dengan harga terjangkau.

8. Sedia payung (tidak hanya) sebelum hujan

Jika di Indonesia kita hanya menggunakan payung untuk melindungi diri dari hujan, di Korea payung juga berfungsi untuk melindungi diri dari teriknya sinar matahari. Saat musim panas, suhu di Korea bisa mencapai 38 derajat celcius. Jadi, pastikan kalian selalu sedia payung ya!

9. Dosen yang tegas dengan peraturan

Di Indonesia masih sering kita jumpai dosen yang bermurah hati memberikan pengecualian terhadap peraturan bagi kita yang memiliki kondisi khusus. Namun di Korea, dosen yang ramah dan baik hati pun akan tegas jika menyangkut peraturan. Jadi, jangan sampai kalian melewati tenggat waktu atau bahkan melanggar aturan saat di Korea ya!

10. Suka memberi hadiah

Kita umumnya memberikan hadiah kepada seseorang hanya pada saat hari spesial tertentu, seperti ulang tahun atau sebagai kado perpisahan. Di Korea, warganya suka sekali memberikan hadiah terutama pada hari-hari yang mereka anggap spesial seperti hadiah pada pertemuan pertama, kelahiran anak pertama, atau ulang tahun hubungan. Jadi, jangan kaget bila tiba-tiba kalian diberi hadiah oleh orang Korea ya!

Baca Juga : Ingin Study Abroad? Yuk Pahami Seputar Culture Shock!

Raih Beasiswa ke Korea Selatan Bersama Schoters!

Ingin lolos universitas di Korea Selatan ? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)