10 Etika Kerja di Korea yang Harus Diketahui Pekerja Asing

Jika Hunters ingin bekerja di Korea, kamu tentu perlu mengetahui etika kerja yang ada di sana. Sebab, etika kerja di Korea dan etika kerja di Indonesia sedikit berbeda. Etika kerja di Korea cenderung lebih saklek dibanding etika kerja di Indonesia.

Lantas, apa saja, sih, etika kerja di Korea yang perlu diketahui para pekerja asing? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

10 Etika Kerja di Korea yang Harus Diketahui Pekerja Asing

1. Mengucapkan salam kepada atasan

Mengucapkan salam kepada atasan merupakan etika kerja di Korea pertama yang perlu Hunters ketahui. Di Korea, mengucapkan salam kepada atasan di tempat kerja merupakan hal yang penting. Sebab, ini akan menggambarkan jiwa profesionalitas dan sopan santun kamu saat bekerja.

2. Harus bekerja keras

Dalam bekerja, orang-orang Korea selalu mengedepankan konsep “work hard, play hard”. Konsep tersebut sudah mendarah daging dalam budaya orang Korea sejak lama. Sebab, orang Korea percaya bahwa dengan bekerja keras, mereka bisa mencapai tujuan hidup dan cita-cita yang mereka inginkan. 

3. Datang ke kantor tepat waktu

Dalam bekerja, orang Korea juga selalu mengedepankan kedisiplinan. Salah satu contohnya adalah dengan datang ke kantor tepat waktu. Ini juga merupakan etika kerja di Korea yang perlu Hunters ketahui. Sebab, ketepatan waktu saat datang ke kantor menggambarkan tingkat kedisiplinan yang kamu punya.

 

Baca Juga: Etos Kerja Jepang

 

4. Jangan melakukan telepon pribadi kepada rekan kerja di luar urusan pekerjaan

Orang Korea juga sangat profesional dalam melakukan pekerjaan. Orang Korea sangat tidak mentolerir melakukan telepon pribadi di luar urusan pekerjaan. Sebab, hal tersebut akan mengganggu kefokusan mereka saat sedang bekerja.

5. Jangan mengobrol saat berada di transportasi umum

Ini juga menjadi salah satu etika kerja di Korea yang perlu Hunters ketahui. Di Korea, saat Hunters sedang berada di dalam transportasi umum untuk berangkat kerja, kamu dilarang untuk mengobrol. Sebab, hal tersebut akan dianggap mengganggu kenyamanan orang lain.

6. Berjabat tangan dengan menggunakan dua tangan

Di Korea, berjabat tangan dengan menggunakan satu tangan tentu diperbolehkan. Namun, berjabat tangan dengan menggunakan dua tangan akan dianggap lebih sopan, baik, saat bertemu rekan kerja atau bertemu atasan. 

7. Jangan duduk bersila di atas kursi

Saat bekerja di Indonesia, kebiasaan duduk bersila di atas kursi bukanlah masalah besar. Namun, di Korea, hal tersebut akan menjadi masalah. Sebab, kebiasaan duduk bersila di atas kursi saat sedang bekerja dianggap sebagai kebiasaan yang kurang sopan dan kurang profesional.

8. Tidak boleh menyerobot atrean

Di Indonesia, menyerobot antrean sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, di Korea, tidak demikian. Orang-orang di Korea selalu mentaati antrean. Dengan kata lain, mereka tidak akan menyerobot antrean hanya demi kepentingan mereka sendiri. Oleh karena itu, jika Hunters menyerobot antrean saat sedang bekerja di Korea, kamu tentu bakal dianggap kurang sopan. 

 

Baca Juga: Syarat Kerja di Korea

 

9. Harus fokus ketika bekerja

Saat Hunters bekerja di Korea, kamu juga harus fokus ketika bekerja. Ini merupakan etika kerja di Korea yang perlu Hunters ketahui. Sebab, Hunters tidak boleh melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan. Itu bertujuan agar kamu bisa melakukan tugas pekerjaan sebaik mungkin.

10. Bersikap jujur dan profesional

Etika kerja di Korea terakhir yang perlu Hunters ketahui adalah selalu bersikap jujur dan profesional dalam bekerja. Orang Korea sangat melarang karyawannya untuk bersikap tidak jujur dan kurang profesional ketika bekerja. Sebab, perilaku tersebut akan berdampak buruk terhadap perusahaan di kemudian hari.

Manfaat Mengetahui Etika Kerja di Korea

Nah, itu dia, Hunters, 10 etika kerja di Korea yang perlu diketahui para pekerja asing. Dengan mengetahui berbagai etika tersebut, Hunters bisa lebih dihargai oleh rekan kerjamu dan bisa terhindar dari culture shock saat kamu mulai kerja di Korea.

Rekomendasi Bimbingan untuk Persiapan Kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.