Syarat Kerja di Korea yang Harus Dipenuhi, Simak 5 Infonya!

Korea menjadi adalah salah satu negara impian bagi banyak orang yang ingin kerja di luar negeri karena reputasi negaranya yang baik sebagai negara maju, dan industri-industrinya yang terdepan hingga terkenal ke seluruh dunia. Jika ingin bekerja di Korea, ada berbagai hal penting yang perlu dipertimbangkan. Beberapanya adalah memahami persyaratan kerja dan budaya kerja di Korea agar dapat bersosialisasi dengan baik selama kerja di sana. Artikel ini akan memberikan informasi syarat-syarat kerja di Korea yang harus dipenuhi dan budaya kerja di Korea.

 

A. 5 Syarat kerja di Korea yang harus dipenuhi

1. Menguasai bahasa Korea

Memiliki kemampuan bahasa Korea adalah persyaratan utama yang perlu dipenuhi untuk bisa bekerja di negara ginseng tersebut. Sebagian besar perusahaan di Korea tentunya mengharapkan karyawannya mampu berbahasa Korea, terutama dalam situasi kerja sehari-hari.

2. Visa kerja

Memiliki visa kerja menjadi salah satu persyaratan agar bisa bekerja di Korea. Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk menerbitkan jenis visa ini. Untuk bisa mendapatkan visa kerja, pelamar perlu mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan Korea yang sudah pasti dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

3. Keterampilan dan pengalaman bekerja

Perusahaan-perusahaan di Korea mencari pelamar yang memiliki keterampilan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Para calon pekerja dapat membuat portofolio atau CV yang menarik agar dapat bersaing dengan para calon pekerja lainnya untuk bisa diterima kerja di Korea.

4. Sertifikasi dan pendidikan

Tingkat pendidikan menjadi salah satu faktor yang dilihat oleh perusahaan di korea. Beberapa jenis pekerjaan memerlukan gelar pendidikan tertentu atau sertifikasi keahlian tertentu yang berguna di bidang kerja. Jika Hunters memiliki sertifikasi keahlian, maka bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk lolos keterima kerja.

5. Kesesuaian dengan budaya kerja di Korea

Memahami budaya kerja di Korea juga menjadi penting untuk Hunters bisa beradaptasi dengan baik selama bekerja di Korea. Perusahaan tentunya akan mencari pelamar yang cocok dengan budaya mereka agar dapat berkontribusi secara maksimal dengan perusahaan.

 

Baca Juga : Info Terkini Cara Kerja di Korea Selatan!

 

B. Budaya kerja di Korea

1. Kesopanan dan etika yang baik

Orang Korea memiliki kesopanan dan etika yang sangat baik dalam menghormati yang orang yang lebih tua, begitu pula dengan para pekerja sebagai bawahan yang menghormati atasan mereka.

2. Pembagian promosi yang adil

Perusahaan selalu menghargai para pekerja yang bekerja keras dan melakukan usaha yang terbaik untuk perusahaannya. Perusahaan akan memberikan promosi sesuai dengan prestasi para pekerjanya. Pembagian promosi ini dilakukan secara adil sebagai apresiasi dari perusahaan kepada para pekerja.

3. Profesional dan disiplin

Orang-orang Korea Selatan memiliki etos kerja yang tinggi dengan sikap profesional dan disiplin terhadap pekerjaan yang diberikan. Para pekerja di Korea juga selalu menghargai waktu dalam bekerja dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan tepat waktu sesuai yang ditentukan.

4. Sistem kerja yang cepat

Orang Korea terbiasa kerja dengan cepat, tetapi tetap memberikan hasil yang terbaik terhadap pekerjaannya. Mereka juga selalu fokus bekerja dan tidak mengerjakan hal lain saat jam kerja. Sikap fokus bekerja inilah yang membuat pekerjaan mereka selesai tepat waktu.

5. Kejujuran

Orang Korea mengutamakan kejujuran saat bekerja. Sikap jujur akan membantu Hunters dipercayai oleh atasan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Korea

Ingin lolos kerja di Korea? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.