4 Peluang Karier di Bidang Geografi Jepang, Apa Saja?

Jika Hunters merupakan Sarjana Geografi, kamu cocok untuk menempuh karier di Jepang. Sebab, ada banyak peluang kerja di bidang Geografi Jepang. 

Lantas, peluang kerja apa saja yang ada di bidang Geografi Jepang? Masi simak bersama ulasannya di bawah ini!

Pekerjaan di Bidang Geografi Jepang

1. Ahli Geografi Lingkungan

Pekerjaan bidang geografi Jepang yang pertama adalah Ahli Geografi Lingkungan. Ahli Geografi Lingkungan di Jepang berfokus pada studi tentang interaksi antara manusia dan lingkungan alam, serta dampaknya terhadap keberlanjutan. Mereka melakukan penelitian tentang perubahan iklim, polusi, pengelolaan sumber daya alam, dan mitigasi bencana. 

Gaji ahli geografi lingkungan di Jepang untuk tingkat awal berkisar 4 juta yen hingga 8 juta yen atau setara Rp406 juta hingga Rp814 juta per tahun. Namun, untuk tingkat senior, gajinya bisa mencapai lebih dari 15 yen juta atau setara 1,5 miliar per tahun. Cukup tinggi, bukan?

 

Baca Juga: Cari Tahu Peluang Kerja di Bidang Teknologi Pangan di Jepang

 

2. Pengamat Bencana

Seperti yang kita tahu, letak geografi Jepang berada di Lempeng Pasifik yang menyebabkan Jepang rawan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik. Oleh karena itu, Jepang membutuhkan pengamat bencana untuk memprediksi bencana yang terjadi akibat aktivitas vulkanik tersebut.

Pengamat bencana di Jepang bertugas memonitor dan menganalisis risiko bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor. Mereka membantu merencanakan mitigasi bencana, pemantauan cuaca ekstrem, dan koordinasi tanggap darurat. 

Gaji pengamat bencana bervariasi tergantung pada pengalaman dan tanggung jawabnya dengan perkiraan antara 3 juta yen hingga 6 juta yen atau setara Rp305 juta hingga Rp610 juta per tahun untuk tingkat awal dan bisa mencapai lebih dari 10 juta yen atau setara Rp1 miliar per tahun untuk posisi senior.

3. Analisis Sistem Informasi Geografis

Peluang kerja di bidang geografi Jepang selanjutnya adalah teknisi analis SIG. Analis SIG menggunakan teknologi informasi geografis untuk memetakan dan menganalisis data spasial, seperti peta dan citra satelit. Mereka dapat bekerja di berbagai industri, termasuk pemerintah, perencanaan perkotaan, dan konservasi lingkungan. 

Gaji untuk analis SIG di Jepang berkisar 3 juta yen hingga 7 juta yen atau setara Rp305 juta hingga Rp712 juta per tahun untuk tingkat awal dan bisa mencapai lebih dari 12 juta yen atau setara Rp1,2 miliar per tahun untuk posisi yang lebih senior.

4. Dosen Geografi

Peluang kerja di bidang geografi Jepang selanjutnya adalah dosen geografi di universitas atau institusi pendidikan tinggi. Seorang dosen geografi bertugas mengajar dan melakukan penelitian tentang berbagai topik dalam bidang geografi, mulai dari geografi fisik hingga geografi manusia. 

Gaji dosen geografi di Jepang dapat bervariasi tergantung pada universitas dan tingkat pengalaman, dengan rata-rata antara 5 juta yen hingga 10 juta yen atau setara Rp508 juta hingga Rp1 miliar untuk tingkat awal dan bisa mencapai lebih dari 20 juta yen atau setara Rp2 miliar per tahun untuk dosen senior.

 

Baca Juga: Cari Tahu Peluang Kerja Manufaktur di Jepang

 

Syarat Umum Kerja di Jepang

Jika Hunters ingin bekerja di bidang geografi Jepang, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan dan keterampilan

Pendidikan dan keterampilan sangat diperlukan jika Hunters bekerja di bidang geografi di Jepang. Sebab, para pekerja di bidang ini dituntut untuk memiliki tingkat intelektual yang tinggi serta skil yang baik.

2. Visa dan izin kerja

Selain pendidikan dan keterampilan, jika Hunters ingin bekerja di Jepang, kamu tentu harus memperoleh visa dan izin kerja yang sah dan sesuai. Adapun beberapa jenis visa kerja yang tersedia seperti visa kerja teknis dan visa kerja terampil.  

3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Jepang

Kemampuan berbahasa Jepang yang baik menjadi persyaratan penting kerja di Jepang. Sebab, keterampilan berbahasa Jepang yang baik akan memudahkan komunikasi dengan partner kerja maupun atasan. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.