Intip Rahasia Human Resource Kunci Keberhasilan Perusahaan

Saat ini, rasanya hampir semua orang akan setuju bahwa Human Resource (HR) adalah salah satu kunci utama keberhasilan perusahaan. Keberhasilan dalam mengatur sumber daya manusia merupakan faktor penentu penting yang menentukan apakah sebuah perusahaan dapat mencapai potensi terbaiknya atau tidak. Menariknya, masih sering ditemukan banyak miskonsepsi mengenai peran HR dalam perusahaan yang seolah-olah hanya mengurus penerimaan dan penggajian karyawan saja.

Meskipun demikian, peran manajemen SDM atau yang biasa disingkat menjadi HR di dalam sebuah perusahaan sebenarnya jauh lebih luas. Apa saja bagian penting dari HR yang bisa menentukan keberhasilan perusahaan?  

 

Bagian Human Resource

Manajemen SDM atau HR dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang dibentuk dalam suatu perusahaan untuk mengatur dan mengelola sumber daya manusia agar tujuan, visi dan misi perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Berikut adalah beberapa bagian penting yang termasuk dalam proses pengelolaan HR. 

Rekrutmen

Salah satu bagian utama dan terpenting dalam fungsi HR adalah rekrutmen pegawai. Mencari dan mendapatkan pegawai yang memiliki bakat, talenta serta kemampuan yang sesuai dengan visi, misi dan budaya perusahaan sehingga mampu menjadi nilai tambah bagi perusahaan.  

Evaluasi dan manajemen kinerja

Selain rekrutmen, HR juga memiliki fungsi untuk melakukan evaluasi dan manajemen kinerja untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang terlatih dengan menggunakan berbagai instrumen penilaian dan manajemen kinerja  Hasil dari evaluasi kinerja ini kemudian digunakan untuk merubah metode pelatihan pegawai, menerapkan sistem kompensasi berdasarkan kinerja dan lain sebagainya.  

Kompensasi

Bagian HR lainnya yang juga vital adalah pemberian kompensasi pegawai dalam berbagai bentuk mulai gaji, komisi, benefit, time-off dan berbagai bentuk benefit dalam bentuk non-finansial lainnya. Pemberian kompensasi ini juga harus disesuaikan dengan standar perusahaan dan kinerja pegawai yang mendapatkan kompensasi.

Pelatihan dan pengembangan karyawan

Bagian vital lainnya dari HR dalam sebuah perusahaan adalah memberikan berbagai pelatihan dan pengembangan kepada pegawai perusahaan sehingga pegawai merasa mendaaptkan penghargaan dalam bentuk kesempatan peningkatan kompetensi. 

Selain itu, kegiatan pelatihan dan pengembangan kemampuan karyawan ini juga membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan berbagai dinamika perubahan yang dialami oleh perusahaan seperti pergeseran teknologi, kebijakan baru dan system upgrades.

Keselamatan dan kesehatan kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja pegawai menjadi bagian penting dari HR mengingat salah satu tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh pegawai yang bekerja di dalam perusahaan adalah memastikan pegawai dapat bekerja dengan baik dalam lingkungan yang sehat dan aman. Keselamatan dan kesehatan kerja ini bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti memastikan tingkat kepatuhan karyawan terhadap keselamatan kerja, memastikan penerapan hukum ketenagakerjaan, menerapkan cybersecurity sambil melindungi informasi pribadi dan data pegawai.

 

Baca Juga: Info 5 Beasiswa Dalam Negeri 2023

 

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Human Resource

Lalu kemampuan apa saja yang penting untuk dimiliki seseorang yang ingin berkarir di bidang HR? Berikut adalah beberapa kemampuan yang penting untuk dimiliki saat bekerja di bidang HR.

Employee relations

Salah satu kemampuan yang diperlukan untuk berkarir di bidang HR adalah employee relations yaitu kemampuan membangun hubungan yang baik antar pegawai, termasuk kemampuan menciptakan lingkungan kerja yang lebih memuaskan. Kemampuan di bidang ini mencakup banyak hal mulai dari resolusi konfilk hingga penanganan kompensasi dan benefit untuk karyawan.

Talent acquisition

Kemampuan lainnya yang penting ketika ingin melanjutkan karir di bidang HR adalah talent acquisition yang khususnya dibutuhkan untuk rekrutmen dan onboarding pegawai yang berkualitas dan sesuai dengan visi, misi, dan budaya perusahaan. HR yang memiliki kemampuan ini juga dapat membantu pegawai baru untuk beradaptasi lebih baik dan tanpa masalah yang berarti.

Team building skills

Kemampuan untuk merubah pegawai individual menjadi anggota tim kerja dalam perusahaan merupakan kemampuan lain yang juga penting untuk bekerja di bidang HR. Kemampuan ini khususnya dibutuhkan untuk membangun budaya kolaboratif yang mendorong kerjasama yang efektif serta empowering untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Payroll processing

Salah satu kemampuan teknis yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang HR adalah payroll processing, khususnya bagi mereka yang bergerak di bidang kompensasi bagi pegawai. Kompensasi dan benefit pegawai seringkali merupakan isu yang rumit dan sensitif sehingga pemahaman serta kemampuan kuat di bidang payroll processing sangat dibutuhkan untuk bekerja di bidang HR.

Project management

Selain pekerjaan administrasi sehari-hari, HR juga membutuhkan kemampuan project management yang baik untuk mengorganisir berbagai project terkait sumber daya manusia di perusahaan seperti pembuatan handbook, implementasi sistem informasi, implementasi sistem manajemen kinerja sampai survei yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kompetensi di bidang teknologi

Tentu saja, kemampuan mengoperasikan berbagai teknologi yang dipakai di bidang HR sangat dibutuhkan untuk membangun karir di bidang HR. Banyak pekerjaan di bidang ini membutuhkan penggunaan teknologi atau perangkat lunak seperti Human Resource Information System (HRIS), Human Capital Management (HCM), Human Resource Management System (HRMS), ATS Sofware, Time Tracking Software, Employee Engagement Software, Employee Survey Software dan lain sebagainya.

Legal knowledge

Pengetahuan mengenai berbagai peraturan perundangan yang berlaku di bidang ketenagakerjaan juga penting ketika ingin bekerja di HR, mengingat peraturan yang berlaku untuk seluruh tenaga kerja di perusahaan juga harus sesuai dengan hukum dan peraturan perundangan yang berlaku di lokasi perusahaan agar hak dan kewajiban tenaga kerja dapat dipenuhi dengan baik.

Soft skills 

Selain berbagai kemampuan di atas, penting pula bagi tenaga HR untuk memiliki beberapa soft skills seperti kemampuan komunikasi (communication skill), kemampuan memecahkan masalah (problem solving skill), kemampuan mengambil keputusan (decision making skill), time management, kemampuan menjaga kerahasiaan (confidentiality) sampai kemampuan beradaptasi (adaptability).  

 

Tugas HRD

Untuk melaksanakan berbagai fungsi HR seperti yang sudah disebutkan di atas, perusahaan umumnya memiliki sebuah divisi khusus yang diberi nama Human Resources Departement (HRD). Biasanya HRD memiliki beberapa tugas sebagai berikut:

  1. Melakukan perencanaan sumber daya manusia. Perencanaan SDM dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja masing-masing bagian dalam perusahaan sekaligus identifikasi kualifikasi serta beban kerja SDM yang diperlukan.
  2. Menyelenggarakan rangkaian kegiatan rekrutmen dan seleksi karyawan baru mulai dari seleksi administrasi, tes psikologi dan wawancara
  3. Mengelola training and development untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan pegawai agar dapat berdampak positif bagi perusahaan
  4. Mengelola sistem kompensasi dan manfaat lain yang berhak diterima oleh pegawai yang dilakukan melalui proses merancang skema compensation and benefits, mengelola skema hingga mengatur tata cara distribusi yang dilakukan dengan mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku.
  5. Melakukan evaluasi kinerja karyawan yang akan digunakan sebagai dasar pemberian feedback untuk perbaikan kinerja serta untuk penyusunan berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan di masa yang akan datang
  6. Mengumpulkan data administrasi untuk berbagai keperluan HR seperti data karyawan, payroll, data pelatihan, evaluasi kinerja dan lain sebagainya.  

 

Prospek Kerja Lulusan Human Resource

Mengingat bidang dan fungsi pekerjaan HR cukup luas, maka pekerjaan tersedia bagi lulusan HR pun cukup banyak.

HR Generalist

HR Generalist biasanya menangani berbagai tugas yang berhubungan HR tanpa spesialisasi khusus, mulai dari rekrutmen, pemberian tunjangan dan kompensasi, komunikasi perusahaan dan karyawan, implementasi kebijakan, prosedur dan juga program baru di perusahaan serta mengurus berbagai tugas administrasi.

HR Specialist

Secara garis besar, pekerjaan yang dipegang oleh HR Specialist serupa dengan HR Generalist namun posisi ini biasanya menangani beberapa proyek khusus seperti proyek rekrutmen dan seleksi pegawai, screening dan background check, onboarding pegawai baru, resolusi konflik dan pelatihan karyawan.

Recruitment Staff (Recruiter)

Recruitment staff atau yang juga sering disebut sebagai recruiter bertanggung jawab untuk menemukan kandidat memenuhi syarat serta memenuhi kebutuhan perusahaan.

Training and Development Specialist

Posisi ini biasanya memiliki fokus mengembangkan berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan dalam perusahaan termasuk di antaranya menentukan jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan, mengatur prosedur dan jadwal pelatihan sampai mengelola pelatihan.

Compensation and Benefit Specialist

Posisi lain yang juga merupakan prospek besar bagi lulusan HR adalah compensation and benefit specialist yang bertugas untuk mengelola kompensasi dan benefit yang diterima oleh karyawan termasuk di antaranya gaji, tunjangan dan berbagai asuransi seperti asuransi kesehatan dan pendidikan.

Employee Relations Specialist

Tanggung jawab utama posisi specialist ini adalah membantu lingkungan kerja yang positif, kolaboratif dan kondusif melalui berbagai program resolusi konflik dan program employee engagement lainnya. 

Industrial Relations Manager

Industrial Relations Managers adalah posisi yang menjadi perantara antara pegawai dan perusahaan agar tujuan perusahaan tetap tercapai dengan efektif namun hak pegawai tidak dilanggar. Industrial Relations Manager juga memastikan hubungan yang terjalin antara pegawai dan perusahaan tidak melanggar kebijakan serta peraturan perundangan yang berlaku untuk ketenagakerjaan.

Chief HR Officer

Chief HR Officer atau Chief People Officer biasanya adalah jabatan tertinggi di divisi HRD. Sebagai pimpinan divisi, Chief HR Officer bertugas untuk memimpin dan mengelola pelaksanaan tugas-tugas HRD di divisi HRD sampai memberikan berbagai rekomendasi kebijakan strategis kepada top management terkait tenaga kerja.

 

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Bidang HR

Tertarik untuk bekerja di bidang HR? Bagi kamu yang berminat untuk bekerja dan berkarier di bidang sumber daya manusia, kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai jurusan atau program studi sebagai berikut :

Bachelor of Human Resource Management

Program studi ini merupakan program studi jenjang S1 yang umumnya dilaksanakan dalam durasi 4 tahun yang mempelajari dasar-dasar manajemen SDM di perusahaan atau organisasi termasuk di antaranya perencanaan kepegawaian, cara membuat skema kompensasi dan manfaat bagi karyawan, memahami best practices di bidang industrial relations dan masih banyak lagi. 

Selain belajar di program studi ini, kamu juga bisa memilih program studi lainnya yang masih serumpun seperti Bachelor of Management (Sarjana Manajemen) dengan spesialisasi di bidang Human Resource Management dan Bachelor of Psychology (Sarjana Psikologi) dengan spesialisasi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi.

Master of Human Resource Management

Program studi di jenjang S2 dengan durasi yang berlangsung rata-rata sekitar 16-24 bulan ini merupakan program studi yang biasanya diambil oleh orang-orang yang berminat memperdalam studi di bidang manajemen sumber daya manusia setelah jenjang S1, orang-orang yang memiliki pengalaman kerja di bidang manajemen SDM dan ingin meningkatkan kompetensi atau orang-orang yang ingin mengganti karier menjadi karier di bidang HR. 

Selain program studi ini, kamu juga bisa memilih program studi lain yang masih serumpun seperti Master of Management dengan spesialisasi di bidang Human Resource Management, Master of Occupational and Organizational Psychology, Master of Industrial and Organizational Psychology, Master of Business dengan spesialisasi di bidang Human Resource Mnaagement dan masih banyak lagi. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang S2, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan di jenjang S3 di bidang Human Resource Management atau yang serumpun.

 

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai University of Cambridge

 

Rekomendasi Jurusan Kuliah dan Universitas untuk Bidang HR

Beberapa universitas terbaik dunia yang menawarkan program studi tersebut di atas antara lain :

  1. ETH Zurich, Swiss (Ranking 9 Dunia Versi QS 2023)
  2. National University of Singapore, Singapura (Ranking 11 Dunia Versi QS 2023)
  3. The University of Edinburgh, Inggris (Ranking 15 Dunia Versi QS 2023)
  4. The University of Hong Kong, Hong Kong (Ranking 21 Dunia Versi QS 2023)
  5. University of Toronto, Kanada (Ranking 34 Dunia Versi QS 2023)
  6. The University of Sydney, Australia (Ranking 41 Dunia Versi QS 2023)
  7. Carnegie Mellon University, Amerika Serikat (Ranking 52 Dunia Versi QS 2023)
  8. The London School of Economics and Political Science, Inggris (Ranking 56 Dunia Versi QS 2023)
  9. Monash University, Australia (Ranking 57 Dunia Versi QS 2023)
  10. Tohoku University, Jepang (Ranking 79 Dunia Versi QS 2023)

Nah, itulah serba-serbi human resources yang dapat kamu ketahui! Jadi, apabila kamu ingin menjadi human resources yang profesional pastikan universitas dan jurusannya juga mendukung.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)