Serba-Serbi Cambridge University

Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia Tahun 2023 yang dirilis oleh QS, Inggris memiliki 4 (empat) universitas terbaik yang berada pada deretan 10 besar universitas terbaik dunia. Salah satunya adalah Cambridge University yang saat ini menduduki peringkat ke-2 terbaik dunia versi QS 2023. Informasi menarik apa saja yang perlu diketahui tentang Cambridge University? Simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Cambridge University

Cambridge University menjadi salah satu kampus tertua di dunia yang bangunannya sendiri menjadi tempat bersejarah. Universitas ini pertama kali dibuat oleh kelompok cendekiawan pada tahun 1209 yang kemudian terus dikembangkan sehingga didirikan beberapa kampus lainnya. Beberapa penemuan penting dunia juga berasal dari universitas ini. Salah satunya adalah “Prinsip Matematika” dari Isaac Newton. 

Cambridge University semakin mengembangkan kualitas penelitiannya, terlebih pada 1948 ketika mereka mulai membuka kebijakan yang sama untuk pendidikan perempuan. Saat ini, dengan umurnya yang sudah menginjak 812 tahun, Cambridge University tetap meningkatkan kualitas pendidikannya dan menjadi salah satu lembaga COVID-19 Test Centre pada 2021.

Letak Cambridge University

Cambridge University berlokasi di Kota Cambridge, salah satu kota tua di Inggris yang berjarak sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dengan menggunakan kereta api dari London. Cambridge sendiri terkenal dengan berbagai bangunan bersejarah yang menghiasi penjuru kota (termasuk bangunan gedung Cambridge University yang sudah berdiri sejak tahun 1209). Ada berbagai jenis museum menarik di sana. Dimulai dari Whipple Museum, Sedgwick Museum of Earth Sciences sampai Museum of Zoology, hingga lingkungan kota yang asri dan tertata rapi.

Pelajar yang bersekolah di Cambridge University dapat menikmati berbagai pengalaman unik dan menyenangkan di Kota Cambridge. Dimulai dari mengunjungi berbagai toko buku legendaris yang tersebar di Kota Cambridge sampai mengikuti tur Ghost Walk yang terkenal dan menelusuri banyak tempat bersejarah yang konon kabarnya berhantu di kota ini. 

Cara mendaftar ke Cambridge University

Jenjang Sarjana

Berikut ini adalah tata cara daftar bagi calon mahasiswa jenjang S1:

  1. Pilih program yang diminati dari berbagai pilihan program studi yang tersedia.
  2. Pastikan kembali persyaratan yang diminta oleh program studi yang diminati sebelum batas waktu pendaftaran universitas ditutup. Sebagian program studi meminta calon mahasiswa mengikuti ujian masuk tertulis sebagai bagian dari proses aplikasi, sementara beberapa program studi lainnya meminta calon mahasiswa untuk menyertakan contoh tulisan.  
  3. Memilih college. Saat mengajukan berkas pendaftaran, kamu akan diminta untuk memilih salah satu dari 29 colleges yang tersedia di Cambridge University yang akan menjadi lokasi tempat tinggal selama berkuliah.
  4. Memasukkan berkas pendaftaran melalui portal pendaftaran sebelum batas waktu pendaftaran. Terdapat setidaknya 2 (dua) hal yang perlu diperhatikan pada tahapan ini: 
    1. Beberapa program studi memiliki batas waktu pendaftaran dan formulir aplikasi pendaftaran yang berbeda.
    2. Kamu tidak boleh mendaftar ke Cambridge University dan Oxford University pada tahun yang sama.
  5. Setelah melalui seleksi administrasi, kamu akan diminta untuk mengikuti proses wawancara sebelum diterima menjadi mahasiswa.

 

Beberapa program studi memiliki batas waktu pendaftaran dan formulir aplikasi pendaftaran yang berbeda. Selain itu, kamu tidak boleh mendaftar ke Cambridge University dan Oxford University pada tahun yang sama.

 

Baca Juga: Simak Perbandingan Cambridge University vs Oxford University!

 

Jenjang Pascasarjana

Berikut ini adalah tata cara daftar bagi calon mahasiswa jenjang pascasarjana:

  1. Cari tahu program studi yang diminati dari berbagai pilihan program studi yang dibuka.
  2. Cari tahu batas waktu pendaftaran, baik batas waktu pendaftaran program studi maupun batas waktu pendaftaran beasiswa atau sumber pembiayaan lainnya.
  3. Memasukkan berkas pendaftaran sesuai persyaratan ke dalam portal pendaftaran online yang telah disediakan
  4. Menghubungi dua orang referee yang akan memberikan rekomendasi akademis untuk mendukung dokumen pendaftaran ke Cambridge University. Pihak universitas akan meminta pihak pemberi rekomendasi untuk mengunggah surat rekomendasi secara langsung ke portal pendaftaran.
  5. Memilih college. Saat mendaftar, kamu dapat memilih sendiri salah satu college yang tersedia di Cambridge University atau meminta pihak universitas untuk memilih salah satu college yang sesuai.
  6. Mencari sumber pembiayaan. Kamu bisa mencoba mencari/mendaftar ke alternatif sumber pembiayaan di Cambridge University melalui portal pendaftaran online.
  7. Membayar biaya pendaftaran. Setelah melengkapi berkas pendaftaran dan dokumen pendukung yang diperlukan, kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu sebelum dapat memasukkan berkas lamaran ke Cambridge University.

 

Persyaratan dan dokumen pendukung yang diperlukan

Jenjang Sarjana

Persyaratan dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar jenjang Sarjana di Cambridge University dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Meskipun demikian, terdapat beberapa persyaratan umum yang biasanya diminta untuk mendaftar jenjang S1 di universitas ini antara lain:

  1. Memiliki kualifikasi internasional seperti A Levels atau International Baccalaureate (IB).
  2. Tidak ada persyaratan usia untuk mendaftar ke jenjang Sarjana. Tapi pelamar yang berusia di atas 21 tahun akan dikategorikan sebagai mature student.
  3. Memiliki skor IELTS akademik minimal 7.5 (dengan skor minimal 7.0 di semua komponen) atau skor TOEFL IBT minimal 110.

Jenjang Pascasarjana

Sama halnya dengan jenjang Sarjana, persyaratan dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar jenjang Pasca Sarjana dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Meskipun demikian, terdapat beberapa persyaratan umum yang biasanya diminta antara lain:

  1. Memiliki ijazah S1 yang setara dengan level 2:1 dari universitas di Inggris. Calon mahasiswa dari Indonesia harus memiliki IPK minimal 3.5 (apabila program studi meletakkan persyaratan akademik sebagai persyaratan utama, maka calon mahasiswa Indonesia harus memiliki IPK minimal 3.7).
  2. Konfirmasi sudah memiliki sumber pembiayaan untuk melanjutkan studi di Cambridge University.
  3. Sudah menerima tawaran untuk bergabung menjadi College Membership.
  4. Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris dengan skor IELTS atau TOEFL IBT. Skor minimal yang diperlukan dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju.

 

Baca Juga : Ketahui Beasiswa Gates Cambridge!

 

Biaya kuliah yang diperlukan 

Biaya kuliah yang diperlukan untuk melanjutkan studi di Cambridge University cukup bervariasi, tergantung jenjang pendidikan dan program studi yang dituju. Secara umum, biaya kuliah (tuition fee) yang harus dikeluarkan di berkisar sekitar £24.500 – £65.500.

Ranking dan jurusan terbaik

Cambridge University menduduki ranking kampus terbaik kedua di dunia versi QS World University Rankings pada 2022. Menawarkan 35 program studi Sarjana dan 131 mata kuliah Pascasarjana, Universitas ini juga memegang banyak ranking dunia untuk subjek studi mereka. Beberapa mata kuliah terbaik mereka antara lain:

Arts and Humanities

#3

Biotechnology and Applied Microbiology #4
Space Science #4
Biology and Biochemistry #5
Mathematics #5
Cell Biology #6
Endocrinology and Metabolism #7
Molecular Biology and Genetics #10

 

Untuk program studi lainnya, kamu bisa cek langsung ketersediaannya melalui website resmi kampus, ya!

Tertarik kuliah di Cambridge University dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa,  persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Alumni berpengaruh

Tidak main-main, University of Cambridge telah mencetak banyak ilmuwan ternama dunia yang namanya mungkin sudah tidak asing di telinga kita, antara lain:

 

Stephen Hawking Ilmuwan Fisika
Issac Newton Ilmuwan Matematika
Charles Darwin Naturalist / Penemu Teori Evolusi
Alan Turing Ilmuwan Komputer
Sonia Gandhi Politisi India
Muhammad Iqbal Penulis/Filsuf dari Pakistan
Tom Hiddleston Aktor – Marvel (Loki)
Freddie Highmore Aktor

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di University of Cambridge Tapi Terkendala Biaya? Simak Beasiswa Ini!

 

Fakta unik

Bukan hanya kualitas pendidikan dan sejarahnya saja yang menjadi daya tarik dari University of Cambridge. Beberapa fakta berikut yang buat kamu semakin ingin sekolah di University of Cambridge:

  1. Menjadi lokasi syuting banyak film seperti The Theory of Everything, Sylvia dan The Caribbean. Total ada 71 film yang sudah dibuat di University of Cambridge.
  2. Perpustakaan Cambridge yang punya lebih dari 3 juta buka dari abad ke-13.
  3. Kampus yang ramah dengan kucing.
  4. Tradisi Pannying, sebuah tradisi minum-minum dengan uang koin yang dilemparkan ke gelas. 
  5. Terkenal dengan teori gravitasi yang ditemukan oleh Sir Isaac Newton.

 

Kalau kamu, tertarik dengan tradisi dan fakta yang mana, nih?

Beasiswa pelajar Indonesia di Cambridge University

Apakah kamu mau menjadi salah satu alumni University of Cambridge yang berasal dari Indonesia? Kalau iya, universitas ini membuka pintunya untuk kalian dengan beberapa beasiswa seperti:

  1. LPDP;
  2. Chevening Scholarship;
  3. Cambridge Masters Studentship;
  4. Cambridge International Scholarship;
  5. Cambridge Opportunity Studentships and Get In Cambridge Studentship;
  6. Cambridge Schröder Scholarship in German Studies;
  7. Cambridge Toshiba Japan and the World Graduate Scholarship;
  8. Cambridge Trust Scholarship (postgraduate);
  9. Cambridge Trust Scholarship (undergraduate);
  10. Jameel Education Foundation Cambridge Scholarship;
  11. Jardine Cambridge Graduate Scholarship;
  12. LMB Cambridge Scholarship;
  13. Rowan Williams Cambridge Studentship;
  14. Smuts Cambridge Scholarship;
  15. Wellcome Cambridge Trust Scholarship;
  16. Wellcome Trust Oncology PhD Studentship;
  17. Woolf Institute Cambridge Scholarship.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos Cambridge University

Ingin lolos Cambridge University? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Cambridge University