Mengenal International Baccalaureate dan Keunggulannya!

International Baccalaureate atau kurikulum IB akhir-akhir banyak dibahas di sosial media. Tapi apakah Hunters sudah tahu apa itu kurikulum IB dan apa saja yang bisa kamu dapat dari sistem pendidikan ini? Berikut informasi lebih lengkapnya yang Schoters rangkumkan untuk kamu!

Apa itu kurikulum IB (International Baccalaureate)?

Kurikulum IB atau International Baccalaureate merupakan salah satu sistem pendidikan internasional yang diakui oleh universitas dunia. IB pertama kali dicetuskan oleh International School Geneva. Kurikulum IB awalnya bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi. 

Bahkan pada tahun 1968, didirikan International Baccalaureate Organization yang ada di Jeneva, Swiss. Sejak awalnya berdiri, organisasi ini telah mengawasi 140 negara dengan lebih dari 900.000 siswa.

Baca Juga: Tips Masuk Perguruan Tinggi di Luar Negeri dengan Gratis

Komponen kurikulum IB (International Baccalaureate)

Kurikulum IB memiliki beberapa tingkatan dan fokus pembelajarannya masing-masing. Berikut masing-masing informasinya yang dirangkumkan untuk Schoters untuk kamu:

1. primary years programme

Program ini diberikan untuk anak 3-12 tahun dan memberikan perhatian khusus kepada 5 subjek studi. Mereka adalah matematika, sosial, sains, seni, karakter individu, dan olahraga. Secara garis besar, kurikulum IB ini bertujuan untuk membentuk manusia yang aktif, peduli, menghormati diri sendiri dan orang lain dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

2. middle years programme

Kurikulum IB pada program ini berfokus untuk anak usia 11-16 tahun dengan pendekatan hasil belajar di praktek. Pembelajaran yang diberikan menekankan pada bahasa dan sastra, penggunaan bahasa, dan tambahan 5 bidang studi di atas.

3. diploma programme

Diberikan kepada akan setingkat SMA dengan tambahan 3 komponen wajib. Yaitu theory of knowledge, extended essay, creativity, activity, and service. Pada jenjang ini, siswa sudah mulai bisa memilih 3 pelajaran yang mereka minati atau disebut dengan Higher Level. 

Pelajaran Higher Level sendiri berarti siswa akan mempelajari pelajaran pilihannya dengan lebih intens atau selama 6 jam per minggu. Yang mana pelajaran Standard Level harus diselesaikan selama 4 jam per minggu. 

4. career-related programmer

Termasuk program IB yang baru dan dibangun pada tahun 2021. Seperti namanya, kurikulum IB-CP diperuntukkan untuk penunjang karir para siswanya. Pada program ini siswa harus menyelesaikan 2 kurikulum IB khusus. 

Baca Juga: Mari Kenali Perbedaan A Level dan IB Level Pada Kurikulum Sekolah Internasional

Kelebihan dan kekurangan kurikulum IB (International Baccalaureate)

Seperti halnya sistem pendidikan lainnya, kurikulum IB atau International Baccalaureate memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut rinciannya sebagai bahan pertimbanganmu.

kelebihan kurikulum IB (International Baccalaureate)

Sistem pendidikannya menuntut anak untuk berpikir kreatif, cerdas, dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan menjadi kaum intelektual. Selain keahlian tersebut, siswa akan dilatih rasa empati, solidaritas dan peduli dengan lingkungan sekitarnya.

kekurangan kurikulum IB (International Baccalaureate)

Meski kurikulum IB adalah salah satu kurikulum terbaik di dunia, ada baiknya kamu mengenali kemampuan kamu dalam mengikuti pembelajarannya. Baik secara skills maupun finansial. Karena tentunya bahasa pengantar di kelas, lingkungan sekolah dan pertemanan akan menentukan keberhasilan kamu. Terlebih, salah satu kekurangan kurikulum IB adalah akses dan biayanya yang tidak tergolong murah. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan kurikulum IB (International Baccalaureate

Ingin mengikuti bimbingan persiapan IB? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters mengenai pendidikan dan persiapkan kuliah luar negeri agar persiapanmu lebih terarah bersama Schoters.

International Baccalaureate