James Cook University Singapore: Ranking, Jurusan, Beasiswa

James Cook University Singapore sepenuhnya merupakan milik James Cook University Australia, menempati peringkat 300 universitas terbaik di dunia. James Cook University Australia mendirikan kampus di Singapura tahun 2003 sebagai komitmen agar kegiatan perkuliahan dan serangkaian program tingkat universitas di kampus Singapura lebih dikenal secara global.

Sampai saat ini, James Cook University Singapore unggul di bidang Bisnis, Teknologi Informasi, Psikologi, Pendidikan, Sains, Perdagangan, Akuntansi, Budidaya Perairan, Ilmu Lingkungan, Desain Permainan, Pariwisata dan Perhotelan.

Tentang James Cook University Singapore

James Cook University Singapore tidak lain merupakan cabang dari JCU yang berbasis di Queensland, negara bagian Australia. Kampus James Cook University di Singapura menawarkan gelar global yang sama dengan kampus JCU di Australia.

James Cook University Singapore ini juga telah diakui sebagai universitas dunia berkualitas. Mahasiswa yang belajar di Singapura pun dapat melanjutkan studi ke kampus utama di Australia saat masa perkuliahan atau masa akhir perkuliahan untuk menyelesaikan program pascasarjana.

James Cook University Singapore menawarkan program kuliah Gelar Tinggi dengan Penelitian seperti Doctor of Philosophy, Master of Philosophy, dan jalur ke gelar yang lebih tinggi. Selain itu, universitas ini menawarkan banyak program studi di tingkat pra-universitas, dirancang khusus untuk menyediakan jalur bagi mahasiswa yang tidak dapat segera memenuhi standar masuk universitas.

 

Baca Juga: Yuk, Cek Panduan Kuliah Tanpa Biaya di Singapura!

 

Program studi di James Cook University Singapore

Kampus James Cook University Singapore menawarkan berbagai pilihan program studi dengan sistem trimester, baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.  Program-program studi tersebut mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti dimuat dalam platform resmi universitas:

  1. Akuntansi;
  2. Bisnis;
  3. Anak Usia Dini;
  4. Pendidikan;
  5. Ilmu Lingkungan;
  6. Desain Permainan;
  7. Teknologi Informasi;
  8. Psikologi;
  9. Seni;
  10. Perhotelan dan Pariwisata;
  11. Perencanaan dan Desain Perkotaan.

 

Tersedia pula Program Studi Dasar Pra-Universitas, suatu program yang memberikan peluang bagi calon mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan masuk program sarjana JCU Singapore dengan meningkatkan keterampilan melalui program jalur masuk universitas.

Syarat pendaftaran kuliah di James Cook University Singapore

Persyaratan masuk bagi calon mahasiswa internasional berbeda – beda sesuai dengan program studi yang dipilih. Namun, pada umumnya calon mahasiswa harus menyelesaikan pendidikan 12 tahun secara memuaskan sebagai persyaratan akademis.

Bagi calon mahasiswa internasional asal Indonesia harus dapat menyertakan sertifikat kelulusan akademis terakhir (SMU/SMA/SMK/setara), persyaratan hukum khusus, serta sertifikat terbaru untuk kemahiran berbahasa Inggris, dengan kisaran nilai minimum IELTS 5,5 – 6,0 dan TOEFL IBT 79. Semua dokumen sertifikasi atau ijazah tersebut dilampirkan dalam terjemahan bahasa Inggris.

Sebagai pelajar internasional yang akan mendaftarkan diri di James Cook University Singapore, Hunters perlu memperhatikan beberapa langkah mendaftar di kampus ini. Berikut adalah cara daftar kuliah di James Cook University jurusan S1/S2:

  1. Kumpulkan formulir pendaftaran, bisa dengan cara online atau menggunakan agen pendidikan luar negeri. Beberapa negara wajib menggunakan agen pendidikan untuk mengurus pendaftaran.
  2. Ketika mendaftar, pastikan melampirkan transkrip akademik sesuai skala penilaian pada institusi jenjang pendidikan sebelumnya. Jika dokumen menggunakan bahasa Indonesia, harus terjemahkan menggunakan bantuan jasa penerjemah tersumpah.
  3. Setelah James Cook University menerima formulir pendaftaran lengkap, maka akan membutuhkan waktu peninjauan, sesuai syarat masuk kuliah di James Cook University. Dalam hal ini yaitu syarat akademik dan syarat bahasa Inggris sesuai pilihan jurusan yang sudah dipilih. Beberapa berkas tambahan mungkin dibutuhkan sesuai syarat jurusan.

     

Tertarik melanjutkan pendidikan di James Cook University Singapura dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di James Cook University Singapura, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Info beasiswa di James Cook University Singapore

Banyak orang yang menginginkan kuliah atau melanjutkan studi di luar negeri. Namun, sayangnya banyak pula orang yang harus memendam mimpinya tersebut.

Terkadang penyebab terbesarnya adalah masalah biaya atau finansial. Perlu diketahui bahwa banyak beasiswa yang disediakan di luar negeri. Misalnya saja untuk James Cook University scholarships.

1. Beasiswa JCU International Merit Stipend

James Cook University scholarships pertama yang dapat kamu coba adalah JCU International Merit Stipend. Beasiswa ini disediakan langsung oleh pihak James Cook University.

Awalnya, beasiswa ini hanya diberikan untuk mahasiswa asal Afrika saja. Namun, sekarang beasiswa ini dapat digunakan pula untuk seluruh mahasiswa internasional yang berasal dari negara asing.

Beasiswa ini disediakan untuk program Undergraduate serta Postgraduate. Mahasiswa yang dapat mengikuti program beasiswa ini adalah mahasiswa baru serta mahasiswa internasional.

Jumlah beasiswa yang akan diberikan adalah sebesar A$350 atau Rp 3.540.323. Beasiswa akan diberikan setiap semester, dengan syarat harus mencapai minimum IPK per semesternya.

 

Baca Juga: Mau Kuliah Gratis Di Universitas Singapura? Cek Beasiswa 1 ini

 

2. Beasiswa JCU International Excellence

Berikutnya adalah beasiswa JCU International Excellence. Bebasiswa ini akan memberikan keringanan bagi mahasiswa dalam biaya kuliah sampai dengan 25%. Beasiswa akan diberikan selama masa studi sampai mendapatkan gelar.

Namun, penerima beasiswa wajib mempertahankan IPK-nya di setiap semester sampai perkuliahan benar – benar selesai. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa jenjang Sarjana serta Pascasarjana.

Mahasiswa yang berhak mendaftar untuk beasiswa ini adalah mahasiswa baru dan internasional. Namun, biasanya terdapat beberapa jurusan yang tidak terjamin untuk mendapatkan beasiswa penuh. Misalnya seperti jurusan Kedokteran, Bedah Gigi, Kedokteran Hewan, serta Magister Teknik.

3. Beasiswa JCU College Pathways

Tipe dari beasiswa ini adalah partial scholarship. Beasiswa ini dapat diikuti khusus oleh mahasiswa Diploma atau D3. Tentunya, beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa yang berkuliah di James Cook University.

Terdapat beberapa jurusan yang berhak mendapatkannya. Diantaranya adalah Diploma of Science, Diploma of technology dan Diploma of Engineering yang berbasis di Townsville.

Beasiswa ini akan memberikan pengurangan sebesar 25% untuk mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa JCU College Pathways ini. Tentunya, terdapat beberapa persyaratan yang berkaitan dengan akademik serta kemampuan berbahasa Inggris.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos James Cook University Singapura

Ingin lolos James Cook University Singapura? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

James Cook University Singapore