Beasiswa S1 NTU di Singapura

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan sarjana di Singapura, tapi enggak punya biaya? Kamu mungkin bisa mencoba beasiswa S1 NTU atau Nanyang Technological University. NTU adalah merupakan salah satu dari perguruan tinggi terbesar di dunia yang  masih tergolong sebagai perguruan tinggi berusia muda.

Menurut Times Higher Education, NTU berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu dari 50 perguruan tinggi terbaik di dunia pada tahun 2022. Perguruan tinggi yang berorientasi riset ini juga menawarkan berbagai jurusan dari berbagai bidang studi. Di antaranya Business, Engineering, Humanities, Art and Social Sciences, Science, Medicine, Graduate Studies, Education dan International Studies.

Selain jurusan yang beragam, kampus utama NTU yang berlokasi di bagian barat Singapura juga menawarkan berbagai fasilitas menarik, termasuk Campus Art Trail yang berisi berbagai karya seni yang dapat dinikmati oleh mahasiswa serta berbagai fitur inovatif lainnya menggunakan teknologi digital terbaru.

Fasilitas-fasilitas tersebut membantu NTU mendapatkan berbagai penghargaan dunia sebagai smart campus. Lokasi yang strategis, lingkungan kampus yang nyaman dan kualitas pendidikan yang tinggi membuat NTU menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan studi perguruan tinggi.

Bagaimana dengan kesempatan beasiswa S1 NTU? Tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa alternatif program beasiswa S1 NTU, termasuk di antaranya Nanyang Scholarship dan ASEAN Scholarship.

 

1. Beasiswa S1 NTU: Nanyang Scholarship

Nanyang Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh NTU kepada mahasiswa S1 yang menunjukkan prestasi akademik, pengalaman organisasi, serta bakat kepemimpinan yang baik. Beasiswa ini akan diberikan selama periode studi berlangsung dengan catatan penerima beasiswa dapat menjaga prestasi akademik dengan baik.

Persyaratan umum

  1. Terbuka untuk semua kewarganegaraan;
  2. Diterima untuk melanjutkan studi tingkat S-1 penuh waktu di NTU;
  3. Memiliki kualifikasi Singapore Cambridge GCE A Level, ijazah diploma yang dikeluarkan oleh politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau ijazah setara Kelas 12;
  4. Memiliki pengalaman ekstrakurikuler yang baik;
  5. Memiliki potensi dan bakat sebagai pemimpin;
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya;
  7. Penerima beasiswa bersedia menjadi perwakilan mahasiswa atau peran lain yang serupa jika diperlukan;
  8. Penerima beasiswa harus mempertahankan CGPA minimal 3.5 (dari skala 5).

 

Baca juga: Lanjut Sekolah di Singapura dengan Beasiswa MoE Singapura

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah;
  2. Biaya hidup sebesar 6.500 Dolar Singapura per tahun akademik;
  3. Tunjangan akomodasi hingga sebesar 2.000 Dolar Singapura (hanya berlaku untuk penerima beasiswa yang tinggal di asrama yang disediakan oleh NTU);
  4. Tunjangan perjalanan hingga 5.000 Dolar Singapura untuk mengikuti program studi yang berlokasi di luar negeri;
  5. Tunjangan komputer sebesar 1.750 dolar Singapura (dibayar satu kali).

 

Persyaratan dokumen

Periode pendaftaran untuk Nanyang Scholarship sama dengan periode pendaftaran mahasiswa baru di NTU. Calon mahasiswa diminta untuk mendaftar ke NTU terlebih dahulu sebelum mendaftar beasiswa.

Dokumen yang diperlukan antara lain:

  1. Kualifikasi Singapore-Cambridge GCE Level A, ijazah diploma yang dikeluarkan oleh Politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau ijazah setara dengan kelas 12;
  2. Personal Essay sebanyak maksimal 300 kata. Terdapat 3 (tiga) topik pilihan yang dapat dipilih di formulir pendaftaran;
  3. Pas foto terakhir dalam format digital dengan ukuran paspor;
  4. Surat referensi akademik dari guru atau kepala sekolah. Pemberi referensi akan mendapatkan tautan untuk mengisi formulir rekomendasi online yang harus diisi dalam waktu 7 (tujuh) hari.

 

Tertarik dengan beasiswa S1 NTU dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

beasiswa s-1 ntu

 

2. Beasiswa S1 NTU: ASEAN Undergraduate Scholarship

ASEAN Undergraduate Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh NTU kepada calon mahasiswa tingkat S1 yang berasal dari negara-negara ASEAN.

Persyaratan umum

  1. Terbuka untuk warga negara ASEAN;
  2. Diterima untuk melanjutkan studi tingkat S1 di NTU kecuali Renaissance Engineering Programme. Untuk mahasiswa yang diterima di program Biomedical Sciences dan Chinese Medicine Programme, beasiswa ini hanya akan diberikan untuk tiga tahun pertama periode studi;
  3. Memiliki kualifikasi Singapore Cambridge GCE A Level, ijazah diploma yang dikeluarkan oleh politeknik di Singapura, NUS High School Diploma, IB Diploma atau ijazah setara Kelas 12;
  4. Memiliki pengalaman ekstrakurikuler yang baik;
  5. Memiliki potensi dan bakat sebagai pemimpin;
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya;
  7. Penerima beasiswa harus aktif berpartisipasi dalam Community Involvement Programme;
  8. Penerima beasiswa harus mempertahankan CGPA minimal 3.5 (dari skala 5).

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah;
  2. Biaya hidup sebesar 5.800 Dolar Singapura per tahun akademik;
  3. Tunjangan akomodasi hingga sebesar 3.000 Dolar Singapura;
  4. Tunjangan komputer sebesar 1.750 Dolar Singapura (dibayar satu kali).

 

Persyaratan dokumen

Proses pendaftaran dan dokumen yang diperlukan untuk ASEAN Undergraduate Scholarship juga sama dengan Nanyang Scholarship.

 

Baca juga: Kuliah Gratis di Singapura dengan ASEAN Undergraduate Scholarship

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa S1 NTU

Ingin lolos beasiswa S1 NTU? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa S1 NTU? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 ntu

Sumber:

  1. Website resmi NTU. www.ntu.edu.sg