Kupas Tuntas Jurusan Manajemen

Para lulusan SMA, banyak yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dan berencana masuk ke jurusan favoritnya. Salah satunya yaitu jurusan manajemen, yang banyak diminati calon mahasiswa. Namun, untuk memilihnya, ketahui dulu apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut, sehingga Hunters memiliki persiapan yang matang. Hal ini penting agar dapat mempertimbangkan dengan baik pilihan jurusan Hunters sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Ilmu Manajemen 

Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengatur, mengelola, merencanakan, serta membagi tugas untuk mencapai tujuan atau target dari perusahaan. Jadi, ilmu manajemen mempelajari tentang bagaimana cara atau metode yang dipakai untuk mengelola organisasi atau perusahaan untuk lebih baik lagi. Selain itu, bertujuan juga untuk membuat organisasi/perusahaan terus berkelanjutan.

Ilmu manajemen belajar apa? Cakupannya sangat luas, meliputi berbagai konsentrasi yang disesuaikan dengan minat mahasiswa. Contohnya ada manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, keuangan, pemasaran, dan sebagainya. Semua ilmu tersebut adalah bagian dari manajemen yang pada dasarnya diperuntukkan agar mahasiswanya dapat menerapkan keilmuan tersebut secara langsung, bukan hanya teori saja.

Ada berbagai mata kuliah di jurusan ini, yaitu  ekonomi manajerial, kepemimpinan, perilaku konsumen, sampai manajemen risiko, dan lainnya.  Adapun mata kuliah di semester pertama dan kedua masih mata kuliah umum seperti bahasa Inggris, Agama, Pancasila, dan Pengantar Bisnis.

Kemudian, di semester tiga dan empat akan dipelajari Etika Bisnis, Manajemen Keuangan, Metode Penelitian, dan sebagainya. Lalu di pertengahan, Hunters akan memilih konsentrasi atau peminatan yang diinginkan.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen 

Pertanyaan pertama yang krusial ditanyakan oleh calon mahasiswa yaitu apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen? Pada dasarnya, jurusan ini mempelajari tentang manajerial yang nantinya terbagi lagi menjadi berbagai bidang khusus seperti bisnis, pemasaran, dan sebagainya. Berikut diantaranya:

  1. Teori tentang rencana, pengontrolan, penyusunan organisasi, kepemimpinan;
  2. Tugas dan tanggung jawab seorang manajer terkait bidang tertentu;
  3. Pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajerial;
  4. Perencanaan bisnis;
  5. Metode dan analisis yang digunakan dalam bidang manajemen; 
  6. Pengumpulan dan analisis data. 

 

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 atau S2 Psikologi di 5 Benua

 

Jenis atau konsentrasi Jurusan Manajemen 

Telah disebutkan sebelumnya mengenai apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen secara umum. Untuk lebih memahaminya, jurusan ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis atau konsentrasi. Berikut diantaranya:

1. Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran adalah bidang Jurusan Manajemen yang berfokus pada keteknikan dalam bidang pemasaran atau penjualan. Jadi, mempelajari bagaimana cara mempromosikan yang baik, strategi menghadapi persaingan bisnis, dan cara memenangkan target konsumennya. Mata kuliah ini yang dipelajari nantinya adalah manajemen merek, sistem informasi pemasaran, dan sebagainya.

2. Manajemen Keuangan 

Konsentrasi ini berfokus pada bidang untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Jenis  ini akan cocok dipakai bagi Hunters yang suka menghitung. Nantinya, akan dipelajari bagaimana cara mengontrol keuangan, sampai peningkatan keuangan untuk perusahaan.

3. Manajemen SDM

Untuk konsentrasi manajemen SDM lebih mengarah pada cara yang dilakukan untuk memberdayakan karyawan sebaik – baiknya. Dipelajari juga bagaimana teknik untuk meningkatkan produktivitas sampai dengan menyehatkan psikologi karyawan agar kinerjanya stabil.

4. Manajemen Operasional

Fokus dari jenis manajemen operasional yaitu berkaitan dengan produk dari perusahaan. Contohnya mempelajari kualitas produk sampai cara pendistribusian yang tepat. Dipelajari juga proses pengoperasian yang efektif. Contoh materinya adalah manajemen logistik, manajemen proyek, manajemen perusahaan, dan lainnya.

5. Manajemen Bisnis 

Untuk manajemen bisnis yaitu berkaitan dengan mempelajari hal yang berhubungan dengan bisnis. Keilmuan ini cocok bagi Hunters yang ingin menjadi pebisnis handal. Materinya akan mempelajari tentang strategi bisnis mulai dari awal berdiri sampai menjaga keberlanjutan dari perusahaan.

6. Manajemen Perbankan 

Sesuai dengan namanya, jenis manajemen ini  dikhususkan untuk keilmuan perbankan. Seperti pengelolaan tabungan, cara menabung, sampai materi tentang penyaluran kredit.

 

Baca juga: Ingin Kuliah di Jepang? Yuk Intip Jurusan Favoritnya

 

Syarat masuk Jurusan Manajemen 

Untuk masuk Jurusan Manajemen, ada syarat yang harus Hunters pahami dengan baik. Syarat ini dapat menilai apakah kamu sudah bisa memenuhi kriteria atau tidak.

1. Lulus ujian

Syarat pertama yang menjadi syarat mutlak masuk jurusan manajemen adalah lulus ujian. Hunters juga harus lulus SMA dulu. Selain itu, lulus SMA dengan nilai tinggi juga lebih melebarkan kesempatan untuk masuk jurusan manajemen. Selain itu, syarat utama lainnya adalah bisa lulus tes kuliah manajemen. Tentu ini adalah syarat yang tidak bisa ditolerir.

Tes kuliah manajemen juga ada beberapa tahap, ada yang ujiannya SNMPTN, yaitu dengan melihat nilai rapor dan prestasi. Ada yang harus mengikuti tes kuliah manajemen tulis atau yang dikenal dengan SBMPTN. Berikutnya adalah ujian seleksi Mandiri dengan syarat tertentu.

2. Sesuai kualifikasi 

Syarat masuk Jurusan Manajemen berikutnya adalah memenuhi semua kualifikasi manajemen. Setiap universitas umumnya memiliki persyaratan yang berbeda dalam hal skor nilai maupun dari tahap administrasi (kelengkapan dokumen). Jadi, sebelum masuk jurusan ini, lakukan riset terlebih dahulu mengenai jurusan yang akan dipilih. Bisa juga dengan mengunjungi situs dari universitas tersebut.

3. Ada minat dan bakat 

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika ingin masuk Jurusan Manajemen adalah ketertarikan Hunters dalam jurusan tersebut. Minat dan bakat yang dimiliki akan menunjang kamu untuk bisa melanjutkan pembelajaran di bangku kuliah dengan baik. Percuma jika lulus tetapi terpaksa masuk jurusan. Ini akan menyulitkan kamu di masa mendatang.

Bahkan, tidak sedikit yang memilih mundur dan tidak bisa menyelesaikan pendidikannya karena dirasa sulit dan tidak sesuai minat. Namun, berbeda jika orang tersebut sudah memiliki bakat dan minat, mereka akan lebih mudah mencerna mata kuliah yang diberikan dan ini akan mempermudah Hunters untuk menjalankan setiap tugas yang diberikan dosen.

4. Kemampuan finansial 

Finansial adalah salah satu syarat masuk jurusan manajemen yang juga perlu dipikirkan. Untuk masuk jurusan manajemen, Hunters perlu mengetahui biaya SPP tiap semesternya untuk bisa menilai kesanggupan kuliah. Namun, ini bukanlah syarat yang wajib karena ada juga mahasiswa jurusan manajemen yang mendapatkan beasiswa sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.

5. Punya bakat leadership 

Soft skill leadership sering dipakai untuk jurusan manajemen. Hal ini karena manajemen biasanya menduduki jabatan tinggi dalam perusahaan. Contohnya menjadi seorang manajer.

Oleh sebab itu, penting memiliki kemampuan cara memimpin yang baik agar bisa dimanfaatkan di bangku perkuliahan saat menyelesaikan sampai di dunia kerja. Contohnya memberikan keputusan yang terbaik tentang permasalahan yang terjadi, dan lainnya.

6. Suka bersosialisasi

Setiap mahasiswa manajemen juga dituntut agar bisa berkomunikasi dengan baik dan aktif. Mahasiswa jurusan ini harus mampu untuk mengatur dan mengelola sistem dengan baik sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antar anggotanya.

Selain itu, dibutuhkan juga sifat terbuka, seperti dapat menerima masukan dari anggota organisasi atau teman. Kemampuan ini bisa dipraktekkan dalam dunia kerja dan lulusannya bisa menjadi mahasiswa jurusan manajemen yang berkualitas.

7. Disiplin 

Syarat masuk Jurusan Manajemen selanjutnya adalah memiliki sifat disiplin. Disiplin sangat penting digunakan dalam bangku kuliah jurusan manajemen. Ada banyak tugas yang akan diberikan dengan deadline yang singkat. Oleh sebab itu, mahasiswa perlu untuk memiliki sifat ini agar dapat dimanfaatkan di dunia kerja nantinya.

8. Ahli memecahkan masalah 

Mahasiswa Jurusan Manajemen juga perlu memiliki sifat solutif atau bisa memecahkan masalah dengan baik. Ketika masuk jurusan ini, kamu akan selalu dihadapkan pada situasi agar bisa memecahkan masalah dengan baik.

 

Prospek kerja Jurusan Manajemen

Setelah mengetahui apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen, serta syarat masuknya, perlu diketahui pula bagaimana prospek kerjanya nanti setelah lulus. Para lulusannya memiliki prospek yang cukup bagus. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manajer atau pimpinan 

Mahasiswa Jurusan Manajemen akan memiliki keterampilan dalam mengatur perusahaan dengan baik.Lulusannya akan mampu membagi tugas kepada para karyawan dengan baik. Selain itu, lulusan Manajemen juga memiliki kemampuan untuk menganalisis risiko perusahaan dan mencari solusi terhadap permasalahan. Oleh sebab itu, prospek kerjanya nanti bisa menjadi manajer di sebuah perusahaan.

2. Di bidang analisis  

Jurusan manajemen akan sangat cocok bekerja di bidang analisis karena kemampuannya yang baik dalam memetakan kondisi yang ada di lingkungan sekitar. Umumnya, mereka bisa menjadi HRD, perekrut, penasihat keuangan, konsultan, sampai analisis perbankan.

3. Sales atau digital marketing 

Jurusan manajemen juga pandai dalam mengatur penjualan dengan baik sehingga mereka bisa menjadi profesi sales sampai digital marketing. Analisis mengenai konsumen, apa yang disukai, siapa targetnya, sampai cara penjualan apa yang efektif membutuhkan keilmuan manajemen yang baik.

4. Pebisnis dan entrepreneur 

Bagi yang tidak ingin bekerja dengan orang lain, lulusan manajemen biasanya membuka bisnis sendiri untuk menjadi wirausaha yang besar. Meski tidak mudah, dengan kemampuannya di bidang manajemen membuat bisnis yang dilakukannya menjadi berkembang dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Ternyata, apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen cukup beragam. Ada konsentrasi jurusan yang perlu dipilih juga. Pada umumnya, manajemen mempelajari tentang hal yang berkaitan dengan pengelolaan perusahaan, sehingga banyak prospek bagus di jurusan ini.

Ingin kuliah Manajemen di luar negeri?

Hunters, kamu ingin mengambil Jurusan Manajemen di luar negeri? Yuk, persiapkan study abroad kamu bersama mentor expert Schoters! 

jurusan manajemen