Wajib Tahu Hal Ini Jika Tertarik dengan Jurusan Teknik!

Jurusan teknik adalah jurusan yang primadona hingga saat ini. Pada dasarnya, jurusan teknik adalah bidang yang mempelajari tentang implementasi teknologi maupun manufaktur sampai manajemen. Hunters akan mempelajari berbagai hal mulai dari pembuatan transportasi, teknologi, fasilitas umum, satelit, modifikasi teknologi hingga sumber daya, semuanya bisa ditelusuri lebih dalam sesuai jurusan teknik yang Hunters pilih.

 

Kompetensi yang dikembangkan melalui jurusan ini adalah kemampuan riset, kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir sistematis, kemampuan berpikir logis, dan pemecahan masalah.

 

Spesifikasi jurusan teknik

1. Teknik sipil

Jurusan teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati di fakultas teknik. Jurusan ini akan mempelajari proses perancangan yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur seperti jembatan, gedung, jalan, dan lain-lain.

2. Teknik elektro

Jurusan ini erat kaitannya dengan pembuatan dan pengembangan teknologi elektro seperti jaringan komunikasi, sistem tenaga listrik, robotika, dan masih banyak lagi. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari  tentang perancangan dan pengembangan teknologi elektro, pengoperasian perangkat listrik, serta pemeliharaannya.

3. Teknik mesin

Jurusan ini berkaitan dengan perancangan dan pengembangan teknologi mesin seperti kendaraan, mesin produksi, atau alat-alat berat. Hunters juga akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

4. Teknik kimia

Jurusan ini berkaitan dengan pengembangan teknologi dalam bidang industri kimia, seperti pembuatan produk-produk kimia, pengolahan minyak bumi, atau produksi farmasi. Jurusan teknik kimia juga akan mempelajari proses pengolahan bahan baku menjadi produk komersial yang memanfaatkan proses-proses kimia.

5. Teknik informatika

Teknik Informatika adalah kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science. Di beberapa kampus, jurusan ini dapat disebut dengan jurusan Ilmu Komputer. Melalui jurusan ini, Hunters akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman sampai yang sifatnya mengarah ke pengembangan aplikasi, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan.

6. Teknik industri

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari cara mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti dalam kegiatan produksi, pengelolaan, hingga ekonomi. Setelah lulus, Hunters bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

7. Teknik biomedis

Jurusan teknik yang satu ini erat kaitannya dengan dunia medis. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran.

8. Teknik perminyakan

Jurusan teknik perminyakan adalah jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan. Fokus kajian keilmuan jurusan ini adalah ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

jurusan teknik

 

Prospek karier jurusan teknik

Lulusan fakultas teknik memiliki prospek karir yang luas karena lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan di masa depan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan peluang usaha baru sesuai bidang keilmuan yang ditekuni. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Beberapa prospek karier jurusan teknik diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Arsitek
  2. Kontraktor
  3. Software engineer
  4. Programer
  5. Data scientist
  6. Website developer
  7. Tenaga ahli/teknisi di industri pertambangan dan perminyakan
  8. Teknisi telekomunikasi
  9. Mekanik transportasi
  10. Robot engineer
  11. Perencanaan produk otomotif
  12. Teknisi alat kesehatan
  13. Dosen akademisi
  14. Konsultan
  15. Bekerja di instansi pemerintah dari tingkat nasional, multinasional, hingga internasional.

 

Baca Juga : Mahasiswa Wajib Punya Skill Ini untuk Bisa Bersaing di Dunia Kerja

 

Rekomendasi universitas jurusan teknik di luar negeri

1. ETH Zurich

ETH Zurich atau disebut sebagai Swiss Federal Institute of Technology in Zürich didirikan oleh pemerintah federal Swiss pada 1854. Universitas ini merupakan universitas riset publik di Swiss yang memiliki fokus pada sains, teknologi, teknik, dan matematika. Kampus ini telah melahirkan banyak alumni yang meraih penghargaan Nobel, termasuk tokoh-tokoh terkenal seperti Albert Einstein yang dikenal sebagai perumus teori relativitas, Wolfgang Pauli yang terkenal dengan Prinsip Larangan Pauli, serta Wilhelm Conrad Rontgen yang menemukan sinar-X. 

2. Nanyang Technological University

Nanyang Technological University (NTU) adalah universitas riset nasional di Singapura. Salah satu keunggulan NTU terletak pada jurusan tekniknya yang sangat terkenal. Universitas ini terkenal dengan riset sains dan teknologi, sesuai dengan misinya untuk menciptakan dampak sosial melalui pendidikan dan penelitian interdisipliner.

3. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology adalah perguruan tinggi yang berdiri sejak 1861. Perguruan tinggi ini memiliki fokus dalam pengembangan teknologi dan sains modern dan menjadi institusi bergengsi, terutama untuk jurusan teknik yang berperingkat tinggi di dunia.

 

Baca Juga : Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Mesin

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke universitas teknik

Ingin lolos kuliah ke universitas teknik dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

jurusan teknik

Sumber:

Simak Yuk Apa Saja Fakta Seputar Fakultas Teknik!. Universitas Multimedia Nusantara. https://www.umn.ac.id/