Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa untuk Bersaing di Dunia Kerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat. Menjadi mahasiswa bukan hanya tentang mengikuti kelas saja, tetapi juga tentang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, Hunters perlu membangun keahlian atau mengembangkan hard skill dan soft skill ini agar dapat bersaing di dunia kerja. Artikel ini akan membahas skill yang harus dimiliki mahasiswa, yuk simak selengkapnya!

 

10 Hard skill dan soft skill yang harus dimiliki mahasiswa

1. Adaptif

Di era digital, banyak hal berubah dengan cepat. Oleh karena itu, adaptif menjadi keahlian yang dimiliki mahasiswa untuk terus dapat beradaptasi dengan perubahan kondisi serta mampu mempelajari hal-hal baru dengan cepat dan efisien. Orang dengan keahlian ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Critical thinking dan problem solving skills

Salah satu skill yang harus dimiliki mahasiswa selanjutnya adalah critical thinking dan problem solving skills. Keahlian ini akan membuat seorang mahasiswa mampu menganalisis masalah yang dihadapi perusahaan dan menemukan solusi efektif untuk mengatasinya.

3. Kolaborasi

Kolaborasi menjadi hal penting dalam mencapai tujuan bersama. Jika Hunters pernah melihat suatu brand bermitra dengan suatu brand lain dan menghasilkan sesuatu yang sukses, maka itulah hasil dari kolaborasi. Oleh karena itu, keahlian ini penting untuk dimiliki mahasiswa karena dengan kolaborasi dan kerja sama tim mampu mencapai tujuan lebih optimal.

4. Empati

Keahlian selanjutnya adalah kepedulian dan empati. Skill ini membantu Hunters memahami permasalahan di dalam suatu lingkungan, menempatkan diri pada posisi orang lain, memahami perasaan mereka, membantu memecahkan masalah, dan mendorong lingkungan kerja yang suportif.

5. Public speaking

Public speaking menjadi keahlian yang perlu dimiliki setiap mahasiswa. Kemampuan ini nantinya akan membantu para karyawan dalam presentasi proposal bisnis, mencari investor, pertemuan dengan klien, dan pertemuan dengan atasan.

 

Baca Juga : Profil Yakup Hasibuan, Suami Jessica Mila Lulusan New York University

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

skill yang harus dimiliki mahasiswa

 

6. Networking

Memiliki jaringan yang luas dapat membantu Hunters memperoleh pekerjaan dengan lebih cepat. Kemampuan ini penting untuk dimiliki sehingga mampu memperbanyak kenalan sebagai jejaring relasi. Dengan begitu, Hunters dapat lebih mudah memperoleh informasi kerja, bahkan memperoleh rekomendasi dari salah satu kenalan tersebut.

7. Kreativitas dan inovasi

Keahlian ini sering kali disebutkan di berbagai lowongan pekerjaan. Hal ini berkorelasi dengan keahlian berpikir kritis yang baik dan kemampuan memecahkan masalah. Perusahaan pasti akan mencari calon karyawan yang punya keahlian ini untuk mendapatkan solusi kreatif dan inovatif terhadap permasalahan yang ada.

8. Keahlian bahasa Inggris

Keahlian yang tidak kalah penting lainnya adalah mahasiswa harus bisa bahasa Inggris. Jika Hunters ingin bekerja di perusahaan-perusahaan besar hingga multinasional, maka bahasa Inggris jadi keahlian wajib yang selalu ada dalam kualifikasi pekerjaan.

9. Keahlian teknologi

Di era yang penuh dengan teknologi canggih membuat mahasiswa harus punya wawasan tentang penggunaan teknologi. Contoh keahlian teknologi adalah mampu menggunakan media sosial, Microsoft Word, Excel, dan Power Point, Email, dan lain-lain.

10. Desain grafis

Banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang punya keahlian dalam desain grafis atau keterampilan dasar dalam dunia editing. Keahlian ini berguna untuk mendesain pada beberapa platform yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

 

Baca Juga : Kuliah di Singapura Gratis dengan Beasiswa Dr Goh Keng Swee Scholarship

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kuliah ke luar negeri

Ingin lolos ke universitas di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

skill yang harus dimiliki mahasiswa

Sumber:

Student Skills List – 10 Skills Students Need to Be Successful. Oliver Schinkten. https://www.linkedin.com/business/learning/blog/higher-education/10-skills-all-students-need-to-be-successful