Kerja Konstruksi di Jepang: Keuntungan, Syarat, dan Bidang!

Selain terkenal sebagai salah satu negara dengan ekonomi termaju dan negara sakura, Jepang juga terkenal sebagai negara yang rawan gempa. Oleh karena itu, Jepang memiliki teknologi konstruksi tahan gempa yang termasuk ke dalam salah satu teknologi terbaik di dunia. Artikel ini akan memberikan informasi seputar kerja konstruksi di Jepang, mulai dari keuntungan, persyaratan umum, hingga bidang kerja konstruksi di Jepang.

 

A. Keuntungan kerja konstruksi di Jepang

1. Gaji yang tinggi

Industri konstruksi adalah salah satu bidang pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Umumnya, gaji yang didapatkan berkisar dari Rp13,000,000 sampai Rp35,000,000 per bulan. Besaran gaji yang didapatkan tergantung pada wilayah tempat bekerja, jam kerja, shift, dan tanggung jawab pekerjaan.

2. Kesempatan mempelajari gedung berteknologi di Jepang

Selain dikenal sebagai negara sakura, Jepang terkenal pula dengan teknologi konstruksi dan infrastrukturnya yang maju. Hal ini memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk bisa belajar merancang dan menggunakan teknologi dalam pembuatan gedung.

3. Prospek kerja yang luas

Ketika Hunters telah menyelesaikan kontrak bekerja di suatu perusahaan dan ingin mencoba melamar di perusahaan lain, jangan khawatir karena Jepang membutuhkan banyak pekerja di bidang ini. Oleh karena itu, prospek kerja di bidang ini sangat luas dan memberikan kesempatan bekerja selama jangka panjang di Jepang selama lebih dari 10 tahun.

 

B. Persyaratan umum

1. Pria maupun wanita diperbolehkan mendaftar.

2. Pendaftar berusia minimal 18 tahun.

3. Tinggi dan berat badan proporsional.

4. Pendidikan minimal SMA/SMK/Paket C.

5. Tidak memiliki riwayat penyakit jantung,TBC, dan patah tulang.

6. Memiliki sertifikat mahir bahasa Jepang minimal di level JLPT N4 atau JFT A2 atau NAT level 4.

 

Baca Juga : Panduan Kerja di Bidang Manufaktur di Jepang Lengkap!

 

C. Bidang kerja konstruksi di Jepang

1. Pekerjaan teknik sipil

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja teknik sipil adalah penggalian, penimbunan, pengisian, dan penuangan beton. Pekerjaan ini dikerjakan oleh manusia dan dibantu oleh tenaga mesin. Mesin yang digunakan sangat beragam, mulai dari ekskavator dan ekskavator hidrolik hingga gerobak dorong dan derek.

2. Konstruksi bangunan

Pekerjaan di bidang konstruksi meliputi konstruksi bekisting, perancah, finishing interior dan konstruksi bangunan baru, ekstensi dan renovasi. Para pekerja juga bisa mempelajari teknologi bangunan Jepang yang terkenal sebagai negara rawan gempa bumi dan teknologi kedap air pada bangunan tinggi.

3. Pemeliharaan infrastruktur

Pemeliharaan infrastruktur berkaitan dengan pekerjaan seperti pemeliharaan gedung, instalasi, perbaikan telekomunikasi, gas, air, listrik, dan fasilitas lainnya.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja konstruksi di Jepang

Ingin lolos kerja konstruksi di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.