Info Lengkap Kerja Pertanian di Korea untuk Orang Indonesia

Kerja pertanian di Korea bisa menjadi pilihan yang tepat jika Hunters ingin bekerja di Korea. Sebab, sektor pertanian di Korea ternyata sangat maju. Korea merupakan salah satu negara yang menggunakan teknologi untuk menghasilkan produksi pertanian yang berkualitas tinggi.

Selain itu, berdasarkan data yang dirilis Statista, sektor pertanian menjadi salah satu sumber GDP utama di Korea. Sektor pertanian menyumbang sekitar 1,75 persen GDP di Korea. Oleh karena itu, tak ayal jika kesejahteraan para petani di Korea sangat terjamin. Bahkan, lebih baik daripada para petani di Indonesia.

 

Baca Juga: Peluang Kerja Pertanian di Jepang

 

Macam-macam Hasil Pertanian di Korea

Berbicara pertanian, ada beberapa komoditas andalan yang diproduksi oleh sektor pertanian di Korea. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ginseng

Ginseng merupakan komoditas pertanian yang paling diandalkan di Korea. Oleh karena itu, tak ayal jika Korea sering dijuluki sebagai negeri Ginseng. Sebab, produksi Ginseng di negara tersebut sangat melimpah.

Menurut data yang dirilis Statista produksi Ginseng di Korea pada 2022 mencapai angka 22,02 ribu ton. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 20,77 ribu ton.

2. Kentang

Selain Ginseng, kentang juga menjadi komoditas pertanian yang paling diandalkan di Korea. Sebab, negara ini juga mampu menghasilkan produksi kentang dalam jumlah yang banyak.

Tercatat, pada 2023 lalu, produksi kentang yang dihasilkan oleh pertanian di Korea mencapai angka 60 ribu ton. Jumlah produksi kentang tersebut menjadi yang terbesar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dari 60 ribu ton kentang yang berhasil diproduksi pada 2023, Provinsi Gyeongbok dan Chungnam menjadi dua provinsi terbesar penyumbang produksi kentang di Korea. 

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga menjadi hasil produksi pertanian yang paling diandalkan di Korea. Sebab, mereka bisa menghasilkan produksi kacang kedelai dalam jumlah yang besar setiap tahunnya, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun untuk kebutuhan ekspor.

Menurut data yang dirilis World Grain, pada 2024 ini, Korea berhasil memproduksi 142 ribu ton kacang kedelai. Jumlah tersebut meningkat sekitar 9 persen dari tahun sebelumnya. 

4. Gandum

Gandum juga menjadi hasil produksi pertanian yang diandalkan di Korea. Apalagi, saat ini, Korea juga sedang mendorong produksi gandum dalam negeri untuk mencapai swasembada gandum.

Menurut data yang dirilis Food Navigator Asia, produksi gandum di Korea juga terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2020, produksi gandum di Korea meningkat 1,1 persen. Sementara itu, pada 2021, 2022, dan 2023, produksi gandum di Korea meningkat dengan jumlah masing-masing 1,2 persen, 2 persen, dan 4,2 persen. 

Jenis Kerja Pertanian di Korea

Ada berbagai macam jenis kerja pertanian di Korea. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Agronomist 

Agronomis adalah seorang pekerja pertanian yang bertugas untuk melakukan perencanaan modal, melakukan perencanan lahan, hingga melakukan perencanaan produksi pertanian.

2. Farm Manager

Farm Manager adalah seorang pekerja pertanian yang bertugas untuk mengatur dan menyiapkan lahan yang akan ditanami oleh komoditas pertanian. Selain itu, seorang Farm Manager juga bertugas untuk menentukan berapa jumlah tanaman yang bisa ditanam di dalam lahan yang sudah ditentukan. 

3. Agricultural Inspector

Agricultural Inspector merupakan pekerja pertanian yang bertugas mengecek dan memastikan bahwa tanaman dan kualitas produksi pertanian berada dalam kualitas yang baik. Ini diperlukan agar hasil produksi pertanian berada dalam kondisi yang baik ketika sampai ke tangan konsumen.  

4. Horticulturist

Horticulturist merupakan pekerja pertanian yang bertugas untuk menanam dan mengembangkan tanaman-tanaman hortikultural. Tanaman-tanaman horticultural, antara lain, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. 

5. Crop Farmer

Crop Farmer merupakan pekerja pertanian yang bertanggung jawab atas semua langkah pertumbuhan tanaman, yang meliputi penanaman, pemupukan, penyiraman, dan pemanenan tanaman.

 

Baca Juga: Peluang Kerja Perikanan di Jepang

 

Gaji Kerja Pertanian di Korea

Jika Hunters ingin kerja pertanian di Korea, kamu akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Dilansir laman Paylab, rata-rata gaji per bulan seorang pekerja pertanian mencapai angka 2.083.872 KRW hingga 5.092.463 KRW per bulan. Jumlah tersebut setara dengan Rp24,5 sampai Rp60 juta per bulan. Cukup tinggi, bukan?

Nah, itu dia, Hunters, info lengkap mengenai kerja pertanian di Korea. Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik untuk kerja pertanian di Korea?

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.