4 Kriteria ini Sangat Cocok Masuk ke Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang perilaku manusia di lingkungannya serta bagaimana cara kita untuk berperilaku. Jika Hunters sering menjadi tempat untuk mendengarkan seseorang bercerita dan menyukai untuk membantu permasalahan seseorang, bisa menjadi pertanda bahwa Hunters cocok mengambil jurusan Psikologi. Selain itu, jurusan Psikologi tergolong banyak peminatnya diberbagai macam negara, lho Hunters!

Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas, unik dan menarik. Setiap kampus menggolongkan jurusan ini pada rumpun soshum dan saintek. Secara umum, pada Psikologi yang mengarah ke saintek akan dikaitkan dengan pemahaman teori dasar dan analisis. Sedangkan, Psikologi soshum dikaitkan dengan pengaplikasian di lingkungan sosial individu. Jika Hunters tertarik untuk mengambil jurusan Psikologi, ini dia ciri – ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi.

 


  1. Memiliki Empati

Empati sangat dibutuhkan untuk memahami diri sendiri dan orang lain secara utuh. Namun, harus mengontrol rasa empati dengan tidak berlebihan pada salah satu komponennya, agar tetap menilai permasalahan secara objektif.

 


  1. Pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik merupakan hal yang penting jika Hunters ingin memasuki jurusan Psikologi. Sebab, calon Psikolog atau sudah menjadi Psikolog harus memberikan layanan pendamping psikologis untuk klien.

 


  1. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Hal ini dikarenakan menjadi modal dasar dan skills yang sangat penting. Saat memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa akan sering dilibatkan untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan sekitar. Jika setelah berkarir menjadi seorang Psikolog, Hunters akan sering terlibat dalam wawancara atau berbincang spesifik dengan klien.

 

Baca Juga: Ketahui Tips Dalam Wawancara

 


  1. Dapat menjaga rahasia

Menjaga rahasia merupakan hal yang wajib Hunters penuhi dan patuhi. Segala bentuk informasi klien tidak boleh untuk disebarluaskan. Jika data klien dipergunakan untuk kepentingan akademik, perlu meminta izin kepada yang bersangkutan dan menyembunyikan data diri.

Selain ciri – ciri, ada beberapa hal penting yang harus Hunters perhatikan jika Hunters ingin mengambil jurusan Psikologi. Ada kriteria khusus atau persyaratan yang harus dipenuhi sebagai langkah awal memasuki universitas tujuan. Pertama, harus lulus SMA/Sederajat terlebih dahulu. Kedua, berasal dari jurusan IPA atau IPS, tetapi terdapat beberapa universitas yang menerima calon mahasiswa dengan latar pendidikan Bahasa maupun SMK. Ketiga, lulus tes seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Keempat, melengkapi berkas yang telah ditentukan oleh universitas masing – masing. Kelima, sehat jasmani dan rohani. Terkadang, beberapa universitas mewajibkan para calon mahasiswanya untuk melakukan tes kesehatan mata, tes darah, dan lain – lain. Nah yang terakhir, calon mahasiswa bebas dari obat terlarang.

Setelah Hunters mengetahui ciri – ciri dan persyaratan khusus masuk jurusan Psikologi, Hunters perlu meyakinkan diri bahwa jurusan Psikologi adalah jurusan yang Hunters minati. Perlu Hunters ketahui bahwa ternyata banyak alasan-alasan positif dari memilih jurusan Psikologi terlepas karena prospek pekerjaannya.

Belajar ilmu Psikologi membuat kita menjadi berpikir kritis. Banyak metode pembelajaran yang mengajarkan mahasiswanya untuk fokus berpikir kritis dengan mengembangkan kemampuan berpikir yang nantinya akan digunakan dalam dunia pekerjaan. Tidak hanya belajar berpikir kritis, Hunters akan lebih memahami tentang hubungan interpersonal dan kesehatan mental. Para mahasiswa atau lulusan Psikologi mempunyai pengetahuan yang lebih baik dan dapat mengerti bahwa hubungan sosial membutuhkan usaha dan perhatian lebih.

 

Baca Juga: Ambil Jurusan Psikologi di Luar Negeri dengan Beasiswa Yuk!

 

Semua bidang pengetahuan pasti berkaitan dengan ilmu Psikologi. Pada bidang pekerjaan, pilihan karir Psikologi bisa dimulai dengan posisi human resource hinga konsultan. Tidak hanya itu saja, ilmu Psikologi dapat dikombinasikan dengan bidang ilmu lainnya seperti kedokteran, manajemen, hukum, teknik dan lainnya. Oleh karena itu, tidak ada hal yang perlu Hunters ragukan lagi ketika Hunters mengambil jurusan Psikologi

 

Ingin Berkuliah Jurusan Psikologi di Luar Negeri?

Bagaimana Hunters? Jika sudah tertarik dengan jurusan psikologi apalagi ingin memiliki kesempatan menempuh pendidikan di luar negeri, segara konsultasi dengan konsultan expert Schoters!

jurusan psikologi