Serba-Serbi Melanjutkan Kuliah di Hungaria

Kuliah di Luar Negeri, 19 Des 2022

Pernah mendengar tentang Hungaria?

Hungaria adalah salah satu negara yang terletak di bagian tengah Eropa yang berbatasan dengan Austria di barat dan Romania di Utara. Beberapa tahun belakangan, popularitas Hungaria sebagai negara tujuan studi bagi pelajar internasional terus meningkat berkat kualitas pendidikan yang kuat, budaya yang ramah pelajar, lingkungan yang aman dan menarik serta berbagai program beasiswa yang tersedia di Hungaria yang membantu banyak pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah di Hungaria. Selama 20 tahun terakhirnya, setidaknya terdapat 30.000 pelajar internasional yang menjatuhkan pilihan studi pada Hungaria.

Simak ulasan di bawah ini mengetahui lebih lanjut tentang berbagai kelebihan yang bisa didapatkan saat belajar di Hungaria dan berbagai informasi lainnya yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Hungaria.

Alasan Melanjutkan Kuliah di Hungaria

Secara umum, berikut adalah beberapa alasan utama yang mendorong pelajar internasional untuk memilih kuliah di Hungaria.

1. Kualitas pendidikan yang tinggi

Sistem pendidikan tinggi di Hungaria sudah dimulai sejak tahun 1367 ketika universitas pertama di Hungaria berdiri di Pecs, sebuah kota di bagian selatan Hungaria. Hingga saat ini, terdapat kurang lebih sedikit 65 perguruan tinggi di Hungaria – mulai dari universitas berskala kecil yang memiliki spesialisasi di bidang ilmu pengetahuan terapan sampai universitas ternama yang memiliki spesialisasi di bidang research. 

Selain itu, banyak peneliti dan ilmuwan terkenal dunia yang merupakan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Hungaria seperti pakar matematika John von Neumann dan pemenang hadiah Nobel sekaligus penemu vitamin C, Albert Szent – Gyorgi.

2. Program studi yang ditawarkan beragam untuk berbagai bidang studi

Hungaria sendiri sebenarnya cukup populer untuk program studi di bidang science, khususnya medicine, dentistry dan vetenariy medicine. Gelar yang diperoleh di Hungaria juga diakui oleh seluruh negara di Eropa dan juga dunia. Selain itu, untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dengan proses kuliah di Hungaria, Hungaria juga membuka ratusan program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. 

          Baca juga: Ingin Kuliah di Hungaria? Yuk Simak Beasiswa Ini!

3. Biaya kuliah yang terjangkau

Secara umum, biaya kuliah yang harus dikeluarkan oleh pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah di Hungaria lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Rata-rata biaya kuliah yang harus dikeluarkan untuk kuliah di Hungaria berkisar sekitar 2.500 – 3.500 Euros per tahun (tergantung universitas dan program studi yang dituju). Sedangkan, untuk program studi lainnnya yang lebih mahal seperti engineering, medicine atau dentistry, pelajar biasanya hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 5.000 Euro – 8.000 Euro per tahunnya.

4. Biaya hidup yang terjangkau

Selain biaya kuliah, biaya hidup di Hungaria juga lebih murah dibandingkan dengan negara lain di Eropa. Rata-rata pelajar internasional hanya perlu menghabiskan sekitar 600 Euro per bulan apabila tinggal di kota besar seperti Budapest yang merupakan ibukota Hungaria dan kurang dari 500 Euros untuk tinggal di kota-kota lainnya yang lebih kecil. Biaya hidup ini sudah mencakup biaya akomodasi, biaya asuransi kesehatan, biaya pendukung studi hingga biaya hiburan.

5. Kebudayaan yang menarik

Alasan terakhir yang mendorong banyak pelajar internasional untuk datang belajar ke Hungaria adalah lingkungan aman, ramah pelajar dan kebudayaan negaranya yang menarik. Selain itu, masyarakat Hungaria terbilang sangat artistik dan memiliki minat yang besar di bidang seni seperti musik, puisi, festival, opera, literatur dan masih banyak lagi.

Sistem Perkuliahan di Hungaria

Sistem perkuliahan di Hungaria memiliki beberapa perbedaan yang mendasar dengan Indonesia. 

Pertama, terdapat 2 (dua) jenis institusi pendidikan yang melaksanakan perkuliahan yaitu egyetem (universitas) dan foiskola (college), dimana kedua institusi membuka program studi untuk 3 (tiga) jenjang pendidikan yaitu :

  1. Sarjana dengan durasi studi 3-4 tahun
  2. Master dengan durasi studi 1-2 tahun
  3. Doktoral dengan durasi studi 4-5 tahun

Kedua, sistem perkuliahan di Hungaria juga menggunakan sistem kredit perkuliahan Eropa yang disebut European Credit Transfer System (ECTS), sehingga nilai yang dikeluarkan oleh instansi pendidikan di Hungaria diakui oleh instansi pendidikan lain di negara Eropa mana pun. Selain itu, pada akhir semester, kredit perkuliahan yang sudah diselesaikan oleh mahasiswa juga akan dievaluasi menggunakan skala penilaian universitas di Hungaria yang sudah dirancang agar sesuai dengan ECTS.

Ketiga, meskipun secara umum program studi ditawarkan ke dalam 3 jenjang pendidikan, terdapat program studi yang ditawarkan dengan sisitem terintegrasi (one-tier) dimana jenjang Sarjana dan Master menjadi satu seperti program veterinary medicine, architecture, dentistry, phaemaceutics, law dan medicine. Program studi one-tier ini biasanya terdiri dari 10-12 semester (durasi studi 5-6 tahun), dengan 300-360 kredit semester.   

Cara Kuliah di Hungaria 

Melanjutkan studi di Hungaria tidak serumit yang mungkin dibayangkan banyak orang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai melanjutkan kuliah di Hungaria : 

  1. Cari tahu banyak informasi tentang sistem pendidikan dan universitas di Hungaria terlebih dahulu untuk mengetahui lebih jelas tentang bagaimana caranya menempuh pendidikan dan mendapatkan gelar di Hungaria. Cari tahu juga informasi tentang biaya kuliah dan berbagai beasiswa yang bisa dipakai untuk melanjutkan kuliah di Hungaria
  2. Pilih program studi yang sesuai di Hungaria melalui Study Finder yang tersedia di website http://studyinhungary.hu/. Melalui study finder ini, kamu juga bisa mencari program studi berdasarkan bahasa pengantar yang digunakan seperti bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan beberapa bahasa asing lainnya 
  3. Memilih universitas yang dituju di Hungaria. Kamu juga bisa menghubungi universitas untuk mengetahui persyaratan, batas waktu pendaftaran sampai konsultasi pribadi melalui Zoom atau Skype apabila diperlukan. 
  4. Memenuhi semua persyaratan yang diperlukan sesuai program studi dan universitas tujuan, sebelum batas waktu yang telah ditentukan

Beasiswa Untuk Melanjutkan Kuliah di Hungaria

Tertarik untuk melanjutkan kuliah di Hungaria namun ingin menggunakan beasiswa?

Kamu bisa mencoba program beasiswa Stipendium Hungaricum, beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Pemerintah Hungaria kepada pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Hungaria. Beasiswa yang sudah dibuka sejak tahun 2013 terbuka untuk seluruh jenjang pendidikan, baik S1, S2 maupun S3, untuk lebih dari 600 program studi penuh waktu. 

          Baca juga: Beasiswa Fully Funded di Eropa untuk Kamu yang Ingin Berkuliah di Eropa 

Cakupan beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah
  2. Biaya hidup bulanan sebesar 43.700 HUF untuk jenjang Sarjana dan Master selama durasi studi. Untuk jenjang doktoral, biaya hidup bulanan yang diberikan sebesar 140.000 HUF untuk 4 (empat) semester pertama dan 180.000 HUF untuk 4 (empat) semester berikutnya.
  3. Subsidi biaya akomodasi dalam bentuk jatah asrama gratis atau subsidi sebesar 40.000 HUF per bulan selama periode beasiswa berlangsung
  4. Biaya asuransi kesehatan

Pelajar dapat melakukan registrasi dan mengunggah dokumen yang diperlukan dalam portal pendaftaran online melalui tautan https://apply.stipendiumhungaricum.hu/. Beasiswa ini umumnya dibuka dari bulan November – Januari setiap tahunnya.

Ingin Kuliah di Hungaria? 

Hunters, apakah kamu juga memiliki impian untuk dapat berkuliah di luar negeri? -> Yuk segera konsultasi dengan mentor expert Schoters!

Kuliah di Hungaria