Kuliah di Kanada: Biaya sampai Rekomendasi Beasiswa

Melanjutkan studi di Kanada menjadi populer bagi mahasiswa internasional karena pengalaman belajar yang berbeda dari yang biasanya mereka dapatkan di negara asalnya. Saat kuliah di Kanada, mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman budaya yang beragam dan menikmati keindahan alam yang indah. Selain itu, Kanada memiliki sistem pendidikan yang canggih dan modern yang dapat membantu mahasiswa mencapai potensi terbaik mereka.

Kanada dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Universitas-universitas di Kanada memiliki reputasi yang baik dalam berbagai bidang studi, mulai dari sains dan teknik hingga seni dan humaniora. Banyak program studi di Kanada yang menawarkan peluang untuk melakukan penelitian dan praktik industri yang dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian mahasiswa.

 

Kenapa Kuliah di Kanada

Kanada memiliki reputasi yang baik dalam hal pendidikan. Banyak universitas di Kanada yang termasuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Selain itu, pemerintah Kanada memiliki kebijakan yang adil dan terbuka untuk semua mahasiswa, termasuk mahasiswa internasional.

Pemerintah juga memiliki program imigrasi khusus untuk mahasiswa internasional yang ingin tinggal dan bekerja di Kanada setelah lulus.Kanada adalah salah satu destinasi belajar terbaik di dunia, dan berikut adalah beberapa alasan mengapa kuliah di Kanada adalah pilihan yang tepat untuk masa depan Anda:

1. Pendidikan Berkualitas Tinggi

Kanada memiliki sistem pendidikan yang terkenal dengan standar yang tinggi. Universitas di Kanada menawarkan program akademik yang beragam dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga mahasiswa dapat memilih dari berbagai bidang studi yang relevan dengan minat dan bakat mereka. Selain itu, universitas di Kanada juga memiliki staf pengajar yang berkualitas tinggi dan berpengalaman.

2. Biaya Hidup Terjangkau

Meskipun Kanada terkenal dengan pendidikan berkualitas tinggi, biaya hidup di sana masih terjangkau jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Biaya akomodasi, makanan, dan transportasi di Kanada relatif murah, sehingga mahasiswa internasional tidak perlu khawatir tentang keuangan selama menempuh studi di sana.

3. Peluang Karir yang Luas

Kanada merupakan negara yang memiliki ekonomi yang stabil dan maju. Sehingga mahasiswa internasional dapat menemukan banyak peluang karir yang menjanjikan setelah lulus dari universitas di sana. Pemerintah Kanada memiliki kebijakan imigrasi yang adil dan terbuka, sehingga mahasiswa internasional dapat tinggal dan bekerja di Kanada setelah lulus dari universitas.

4. Kebudayaan yang Beragam

Kanada merupakan negara yang sangat terbuka terhadap berbagai budaya, sehingga mahasiswa internasional akan merasa nyaman dan diterima dengan baik di sana. Juga, Kanada memiliki lingkungan belajar yang aman dan mendukung, sehingga mahasiswa internasional dapat fokus pada studi mereka tanpa harus khawatir tentang keselamatan.

 

Baca Juga: Ayo Cek Beasiswa Untuk Kamu yang Ingin Kuliah di University 0f Toronto

 

Cara Kuliah di Kanada

Berikut adalah cara untuk kuliah di Kanada:

  1. Pilih program dan universitas yang tepat: Kanada memiliki lebih dari 90 universitas yang menawarkan berbagai program studi. Pilih program dan universitas yang sesuai dengan minat dan tujuan karir Anda.
  2. Periksa persyaratan masuk: Setiap universitas memiliki persyaratan masuk yang berbeda. Pastikan Anda memenuhi persyaratan masuk yang ditetapkan, seperti nilai TOEFL atau IELTS, nilai ujian standar, dan persyaratan lainnya.
  3. Ajukan aplikasi: Setelah memilih program dan universitas yang diinginkan dan memenuhi persyaratan masuk, ajukan aplikasi secara online melalui situs web universitas atau melalui situs web resmi studi di Kanada.
  4. Dapatkan visa pelajar: Setelah diterima di universitas, Anda perlu mendapatkan visa pelajar untuk bisa belajar di Kanada. Pastikan Anda memenuhi persyaratan visa pelajar, seperti surat tawaran dari universitas, bukti keuangan, dan dokumen lainnya.
  5. Cari akomodasi: Setelah visa pelajar diterbitkan, cari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Banyak universitas menawarkan akomodasi kampus, atau Anda dapat mencari akomodasi di sekitar kampus atau di luar kampus.
  6. Siapkan diri untuk kehidupan di Kanada: Sebelum berangkat, pastikan Anda mempersiapkan diri untuk kehidupan di Kanada. Pelajari budaya, bahasa, dan gaya hidup di Kanada, serta persiapkan kebutuhan praktis seperti pembukaan rekening bank, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mempersiapkan diri untuk kuliah di Kanada dengan lancar dan sukses.

 

Biaya Kuliah di Kanada

  1. Biaya kuliah program sarjana sekitar CAD 14.000 – CAD 35.000 per tahun, setara dengan sekitar IDR 157 juta – IDR 390 juta per tahun.
  2. Biaya kuliah program pascasarjana sekitar CAD 15.000 – CAD 50.000 per tahun, setara dengan sekitar IDR 168 juta – IDR 558 juta per tahun.
  3. Biaya hidup untuk mahasiswa di Kanada rata-rata sekitar CAD 10.000 – CAD 15.000 per tahun, setara dengan sekitar IDR 112 juta – IDR 168 juta per tahun.

 

Tertarik dengan kuliah di Kanada? dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

beasiswa lpdp reguler

 

Universitas Terbaik di Kanada

Kanada memiliki banyak universitas terbaik yang terkenal di seluruh dunia dan menawarkan berbagai program studi yang berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa universitas terbaik di Kanada yang bisa menjadi pilihan untuk kuliah:

  1. University of Toronto – Universitas terbaik di Kanada dan peringkat ke-25 dunia menurut QS World University Rankings 2022.
  2. University of British Columbia – Peringkat ke-45 dunia menurut QS World University Rankings 2022 dan merupakan salah satu universitas yang paling terkenal di Kanada.
  3. McGill University – Terletak di Montreal, Quebec, dan menempati peringkat ke-49 dunia menurut QS World University Rankings 2022.
  4. University of Alberta – Terletak di Edmonton, Alberta, dan menempati peringkat ke-119 dunia menurut QS World University Rankings 2022.
  5. University of Waterloo – Terkenal karena keunggulannya dalam bidang teknologi, terutama di bidang teknologi informasi dan rekayasa, dan menempati peringkat ke-173 dunia menurut QS World University Rankings 2022.
  6. University of Ottawa – Terletak di ibu kota Kanada, Ottawa, dan merupakan universitas bilingual (berbahasa Inggris dan Prancis), menempati peringkat ke-279 dunia menurut QS World University Rankings 2022.
  7. McMaster University – Terletak di Hamilton, Ontario, dan dikenal karena keunggulan dalam ilmu kesehatan, menempati peringkat ke-140 dunia menurut QS World University Rankings 2022.

 

Baca Juga: Intip 5 Beasiswa Kuliah di Kanada Untuk Pelajar Indonesia

 

Rekomendasi Beasiswa di Kanada

1. Beasiswa Vanier Canada Graduate Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa program doktoral dengan nilai akademik yang sangat baik, dan memiliki kemampuan untuk melakukan riset yang inovatif dan mempunyai dampak positif bagi masyarakat.

2. Beasiswa Bantuan Hukum Berinternasional (BHBI) Kanada

Program beasiswa ini memberikan kesempatan untuk melakukan riset dalam bidang hukum internasional dan kajian terkait hukum internasional. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa pascasarjana dan program doktoral yang berasal dari negara berkembang, termasuk Indonesia.

3. Beasiswa Mitacs

Beasiswa ini memungkinkan mahasiswa pascasarjana untuk mengambil program magang atau riset dengan durasi antara 3 hingga 12 bulan. Beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan organisasi di Kanada.

4. Beasiswa Ontario Graduate Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa pascasarjana yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan memiliki potensi untuk melakukan riset yang inovatif.

5. Beasiswa University of British Columbia International Leader of Tomorrow Award

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan potensi kepemimpinan yang tinggi, serta mempunyai rencana untuk kembali ke negaranya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat

Dengan mencoba untuk mendapatkan beasiswa tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengurangi beban finansial dalam melanjutkan studinya di Kanada, dan memperoleh kesempatan untuk belajar di universitas-universitas terbaik di Kanada serta memperoleh pengalaman yang berharga.

 

Rekomendasi Lolos Beasiswa Kuliah di Kanada

Ingin lolos beasiswa universitas di Kanada? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

Sumber :

  1. QS World Rank 2024.https://www.topuniversities.com/world-university-rankings