Biaya Hidup di Jepang Lengkap & Biaya Kuliah Mahasiswa Jepang

Jepang memang penuh dengan budaya dan kejutan. Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang diperhitungkan,oleh karena itu negara ini kerap dijadikan tujuan studi bagi mahasiswa Indonesia. Jika kamu berencana melanjutkan kuliah di negara ini, ada baiknya kamu tahun biaya hidup di Jepang sebagai persiapan kamu di masa mendatang. Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Perbandingan Biaya Hidup di Jepang untuk Mahasiswa

Sama seperti Indonesia, biaya hidup di Jepang juga dipengaruhi oleh pendapatan wilayah masing-masing. Beberapa hal yang akan dirincikan adalah biaya untuk tempat tinggal, makan, akomodasi dan biaya lain seperti gas, air, dan listrik. Berikut beberapa perbandingannya dari yang paling mahal hingga paling murah.

1. Kota Tokyo

Kota Tokyo merupakan daerah dengan biaya hidup dan salah satu di dunia yang paling tinggi. Rata-rata biaya hidup sekitar ¥ 208.269 atau Rp22.000.000,00 per bulan dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 100.000
Biaaya Makan/Bulan ¥ 88.788
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 22.197
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 10.000

Di samping keterangan biaya hidup untuk Kota Tokyo di atas, kamu juga bisa menemukan beberapa kampus kualitas dunia, seperti University of Tokyo, Nihon University dan Waseda University.

 

2. Kota Nagoya

Kota selanjutnya dengan biaya hidup di Jepang tertinggi adalah Nagoya. Rata-rata gaji untuk kawasan ini adalah ¥ 222.840 atau Rp24.000.000,00. Namun jika kamu berhemat, kamu bisa mengeluarkan biaya yang lebih sedikit. Berikut rinciannya.

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 62.000
Biaya Makan/Bulan ¥ 70.200
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 14.400
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 7.000

Nagoya sendiri merupakan salah satu daerah metropolitan di Jepang dan kamu bisa menemukan banyak kegiatan wisata di sana.

 

Baca juga: Serba-Serbi Kuliah di Jepang yang Wajib Kamu Tahu

 

3. Kota Yokohama

Kota Yokohama juga memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu ada di Ramen dan wisata kulinernya. Untuk biaya hidup di Jepang untuk daerah ini berkisar ¥ 183.800 atau Rp20.000.000,00.

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 80.000
Biaya Makan/Bulan ¥ 84.000
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 10.800
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 9.000

Beberapa universitas terbaik di Yokohama adalah Yokohama National University, Kanagawa University Yokohama, Ferris University dan lain sebagainya.

4. Kota Osaka

Osaka, mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Dipenuhi dengan keindahan budaya dan tempat wisatanya, Osaka menjadi salah satu dari 4 kota dengan biaya hidup di Jepang yang besar. Berikut rinciannya:

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 3.302
Biaya Makan/Bulan ¥ 35.548
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 4.063
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 11.353

Biaya hidup di Jepang untuk Kota Osaka di atas masih perkiraan, ya. Kamu masih bisa untuk berhemat agar bisa menekan biaya sehari-harinya.

 

5. Kota Fukuoka

Biaya hidup di Jepang yang sedikit lebih murah dari yang lainnya ada di Fukuoka. Kawasan ini menjadi salah satu destinasi untuk banyak pelajar internasional.

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 2.541
Biaya Makan/Bulan ¥ 33.424
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 2.825
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 11.232

Beberapa universitas terbaik di Fukuoka adalah The University of Kitakyushu, Kyushu International University, Fukuoka Women’s University, dan lainnya.

 

6. Kota Sapporo

Menjadi bagian dari kota terbesar di Jepang dengan jumlah penduduk terbanyak keempat, Sapporo ternyata memiliki biaya hidup di Jepang yang lebih rendah daripada kota lainnya. Berikut rinciannya.

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 40.000
Biaya Makan/Bulan ¥ 32.000
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 3.023
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 14.771

Rekomendasi perguruan tinggi di Sapporo antara lain Sapporo Otani University, Sapporo International University, Sapporo Gakuin University, dan lain sebagainya.

 

7. Kota Kyoto

Merupakan kota bersejarah di Negeri Sakura dan pernah menjadi kawasan ibukota, ternyata Kyoto memiliki biaya hidup yang lebih rendah.

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 3.244
Biaya Makan/Bulan ¥ 35.000
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 4.063
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 11.353

Kyoto sendiri dikenal dengan kuil tua, kimono, kahama dan tempat wisata lainnya.

 

8. Kota Hiroshima

Beberapa perguruan tinggi yang ada di Hiroshima antara lain Hiroshima University of Economics, Onomichi City University, Fukuyama City University dan lain sebagainya. Rincian biaya hidup di Jepang, Hiroshima adalah sebagai berikut:

Biaya Sewa Apartemen/Bulan ¥ 2.561
Biaya Makan/Bulan ¥ 32.000
Biaya Transportasi/Bulan ¥ 2.240
Biaya Listrik, Air, Gas/Bulan ¥ 11.755

Biaya hidup untuk Kota Hiroshima memang lebih murah daripada yang lain dan bisa jadi tujuanmu untuk melanjutkan studi di Jepang, ya.

 

Beasiswa Full Funded untuk Biaya Hidup di Jepang

Kamu sebenarnya juga bisa mendapatkan bantuan untuk kuliah dan biaya hidup di Jepang melalui beasiswa. Beberapa beasiswa yang bisa mengcover biaya hidup di Jepang antara lain:

  1. LPDP dari Indonesia untuk program S-2 dan S-3;
  2. Beasiswa Universitas Meiji untuk Magister;
  3. Ajinomoto University untuk program Pascasarjana;
  4. MEXT Research Student, dan lain sebagainya.

 

Setelah kamu tahu informasi biaya hidup di Jepang di atas, yuk mulai persiapkan dirimu untuk mendaftar lebih awal beasiswa dan universitas tujuanmu.

 

Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

 

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

biaya hidup di jepang