7 Website Simulasi Latihan Tes TOEFL Gratis

Latihan tes TOEFL gratis hadir di beberapa website yang memberikan contoh-contoh soal tes yang dapat membantu kalian dalam mengerjakan latihan tes TOEFL. Untuk itu bagi kalian yang perlu segera melakukan tes TOEFL, penting bagi kalian untuk mengetahui beberapa website yang memberikan latihan tes TOEFL gratis.

 

Apa itu tes TOEFL?

Tes TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes berstandar internasional yang digunakan untuk mengukur kecakapan seseorang dalam berbahasa Inggris utamanya pada bidang akademik. Tes ini terdiri dari empat bagian: Listening, Reading, Speaking, dan Writing. 

Hasil tes TOEFL diterima oleh banyak institusi, termasuk universitas, perusahaan, dan lembaga pemerintah di seluruh dunia. Skor TOEFL digunakan sebagai syarat masuk universitas di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa resmi.

Selain itu, hasil tes TOEFL juga sangat sering menjadi syarat dalam program beasiswa dan visa studi. Dalam tes TOEFL, bagian Listening dan Reading dilakukan secara tertulis, sementara bagian Speaking dan Writing dilakukan secara lisan. Tes ini dilakukan secara daring maupun luring.

 

7 website latihan tes TOEFL gratis

Latihan Tes TOEFL Gratis

Banyak website memberikan contoh atau latihan tes TOEFL gratis namun tak sedikit juga yang contoh soalnya tidak update. Berikut adalah 5 website yang menyediakan latihan tes TOEFL gratis yang sangat update dengan soal tes TOEFL yang sebenarnya:

1. TS TOEFL Practice

Website ini merupakan situs resmi dari ETS (Educational Testing Service), yang merupakan penyelenggara dari tes TOEFL. Website ini menyediakan latihan soal TOEFL gratis yang mirip dengan soal yang akan muncul dalam tes aslinya. Kelebihan dari website ini adalah soal yang disediakan memang asli dari ETS, sehingga bisa menjadi acuan yang sangat baik untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Latihan tes yang disediakan secara cuma-cuma dan berbayar ini juga mencakup keempat bagian tes TOEFL. Sehingga kalian akan lebih mudah dalam menyiapkan diri mengikuti tes TOEFL.

2. Best My Test

Website adalah situs belajar tes TOEFL online yang menawarkan berbagai jenis materi latihan, termasuk tes simulasi, latihan soal, serta video tutorial. Best My Test juga menawarkan pelacakan kemajuan dan analisis hasil tes untuk membantu kalian memahami kekuatan dan kelemahan kalian dalam belajar bahasa Inggris.

Beberapa kelebihan dari website ini adalah:

a. Ada lebih dari 100 tes simulasi TOEFL daring dengan soal lengkap dengan pembahasannya.

b. Terdapat bank soal TOEFL dengan lebih dari 1.000 soal latihan yang tersedia.

c. Tersedia video tutorial untuk membantu kalian memahami konsep dasar bahasa Inggris.

d. Best My Test dapat memberikan analisis hasil tes kalian, termasuk kekuatan dan kelemahan, serta daftar jawaban yang salah dan benar dengan penjelasan singkat.

e. Website ini menawarkan akses ke semua konten dengan cuma-cuma atau kalian juga dapat membeli dengan harga yang terjangkau.

 

Baca Juga: Inilah 7 Beasiswa yang Tidak Perlu Nilai TOEFL Sebagai Syaratnya

 

3. Tests TOEFL Practice

Tests TOEFL Practice adalah layanan daring yang menyediakan latihan TOEFL secara gratis. Layanan ini menyediakan berbagai macam soal latihan TOEFL pada keempat bagian tesnya.

Beberapa kelebihan dari layanan ini antara lain:

a. Gratis: Layanan 4Tests TOEFL Practice tidak memerlukan biaya langganan dan bisa diakses secara gratis.

b. Tersedia banyak soal: Layanan ini menyediakan banyak soal latihan TOEFL yang dibagi ke dalam beberapa bagian, seperti listening, reading, speaking, dan writing.

c. Format soal yang bervariasi: Soal-soal latihan yang tersedia di 4Tests TOEFL Practice dilengkapi dengan format soal yang bervariasi, sehingga kalian dapat mengasah kemampuan dalam menghadapi berbagai jenis soal.

d. Penggunaan yang mudah: Layanan ini mudah digunakan dan tidak memerlukan registrasi untuk dapat mengakses soal latihan.

 

4. Exam English TOEFL Practice

Exam English TOEFL Practice adalah salah satu layanan berbasis website latihan tes TOEFL yang tersedia secara daring. Layanan ini menyediakan tes TOEFL lengkap yang terdiri dari listening, reading, speaking, dan writing. Exam English juga memiliki lebih dari 5,000 soal latihan sehingga cocok bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri secara menyeluruh.

Kelebihan Exam English TOEFL Practice adalah:

a. Tes yang lengkap dan akurat: Exam English TOEFL Practice memiliki contoh soal tes TOEFL yang lengkap dan akurat, sehingga bisa membantu peserta tes mempersiapkan diri secara menyeluruh.

b. Soal latihan yang bervariasi: Exam English memiliki ribuan soal latihan yang bervariasi dan bisa membantu kalian berlatih untuk berbagai level kesulitan.

c. Gratis: Exam English TOEFL Practice gratis dan bisa diakses secara daring.

d. Hasil tes yang akurat: Exam English menyediakan tes prediksi yang cukup akurat dan bisa memberikan gambaran atau untuk mengevaluasi kemampuan dan kelemahan kalian sebelum melakukan tes TOEFL resmi.

e. Dilengkapi dengan audio dan teks: Soal latihan pada Exam English TOEFL Practice dilengkapi dengan audio dan teks, sehingga kalian bisa berlatih listening dan reading secara bersamaan.

5. TestGlider

TestGlider adalah salah satu platform latihan TOEFL daring yang menyediakan simulasi tes TOEFL dengan cukup lengkap. Website ini juga dilengkapi dengan fitur feedback yang dapat membantu kalian melihat dan memperbaiki kesalahan dalam menjawab soal.

Berikut ulasan beberapa fitur yang ada di TestGlider:

a. Full-length TOEFL practice test: TestGlider menyediakan simulasi tes TOEFL secara lengkap yang meliputi listening, reading, speaking, dan writing. Kalian dapat mengakses tes latihan ini secara daring dengan skor yang dihasilkan langsung dihitung dan dianalisis secara otomatis oleh sistem.

b. Personalized feedback: Fitur feedback pada TestGlider memungkinkan kalian untuk mendapatkan informasi tentang jawaban mana saja yang salah. Feedback yang diberikan pun cukup detail dan memungkinkan kalian untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan kalian dalam mempelajari bahasa Inggris.

c. Video lessons: TestGlider juga menyediakan video lessons yang dapat membantu pengguna dalam memahami konsep dan strategi tes TOEFL.

d. Mobile-friendly: Website latihan TOEFL ini dapat diakses melalui smartphone, sehingga pengguna dapat berlatih kapan saja dan di mana saja.

e. Progress tracking: TestGlider juga menyediakan fitur pelacakan kemajuan pengguna dari waktu ke waktu. Sehingga kalian dapat mengetahui kemajuan dan kesiapan dalam  menghadapi tes TOEFL.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

latihan tes toefl gratis

6. Learn4Good.com

Learn4Good adalah website yang bisa membantu Hunters untuk belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam. Website ini memiliki beberapa jenis pembelajaran yaitu grammar beserta latihan soal dan pembahasannya.

Selain itu, Learn4Good juga menyediakan bagian tersendiri yang membahas apa itu TOEFL, struktur tes, beserta latihan soal dan pembahasannya.

Tidak hanya itu, Learn4Good juga menyediakan informasi mengenai berbagai universitas di dunia termasuk informasi penting seperti jurusan yang disediakan.

7. Engvid.com

Situs terakhir untuk belajar TOEFL yang bisa Hunters gunakan adalah engvid.com. Melalui situs ini, Hunters bisa belajar tidak hanya grammar, tapi juga beragam jenis tes bahasa Inggris, termasuk TOEFL.

Hebatnya lagi, Engvid.com menyediakan banyak pengajar yang bisa membantu Hunters untuk lebih memahami materi yang diberikan.

 

5 tips mengerjakan tes TOEFL

1. Kenali struktur soal 

Pertama-tama, pelajari struktur soal pada tes TOEFL. Kenali jenis-jenis soal yang akan dihadapi, waktu pengerjaannya, serta jumlah soal pada tiap bagian.

2. Banyak berlatih mengerjakan latihan soal

Berlatihlah dengan soal-soal TOEFL yang telah disediakan pada berbagai sumber di atas. Melalui latihan, kalian dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami instruksi soal, mengefektifkan waktu pengerjaan, dan meningkatkan kecepatan membaca.

3. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian dengan lebih sering membaca, menonton film atau video, berbicara dengan bahasa Inggris, atau mengikuti kursus bahasa Inggris.

 

Baca Juga: Penasaran Dengan Perbedaan TOEFL ITP dan IBT? Yuk Cek Sekarang

 

4. Gunakan sumber belajar yang tepat

Pilihlah sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti buku latihan, aplikasi mobile, situs web, atau konsultan pendidikan seperti Schoters. 

5. Pelajari strategi menjawab soal

Pelajari strategi jawaban yang tepat pada tiap bagian. Contohnya, pada bagian reading, kalian dapat mempercepat waktu baca dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca teks, atau pada bagian speaking, kalian dapat menggunakan metode SPEAK untuk membantu menyusun jawabanmu.

 

Kesalahan umum dalam persiapan TOEFL

1. Mempelajari semua materi sekaligus

Tidak sedikit calon peserta tes TOEFL yang hanya memiliki sedikit waktu dalam mempersiapkan tes TOEFL. Namun, mempelajari semua materi sekaligus tanpa membuat strategi belajar justru akan membuat materi sulit dipelajari dan dipahami. Akibatnya, saat belajar tidak maksimal dan panik saat menghadapi tes.

2. Hanya mempelajari satu keterampilan tes

Mempelajari semua keterampilan tes memang sangat penting untuk meraih skor TOEFL yang maksimal. Jika hanya belajar 1 keterampilan saja, misalnya reading hanya akan membuat skor keterampilan lainnya rendah karena Hunters tidak menguasai keterampilan yang lain.

3. Mengikuti tes tanpa simulasi

Biasanya orang cenderung tidak mengikuti simulasi tes karena merasa sudah bisa, padahal simulasi tes ini jadi gambaran untuk Hunters mengukur kemampuan TOEFL awal Hunters. Oleh karena itu, penting untuk mengambil simulasi tes terlebih dahulu sebelum tes asli dilaksanakan.

4. Menyepelekan persiapan tes

Peralatan tes dan persiapan fisik sepintas terlihat sepele. Namun, jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa jadi Hunters akan kesulitan saat menghadapi tes.

5. Kehilangan fokus saat mengerjakan tes

Jangan sampai Hunters kehilangan fokus saat mengerjakan tes karena bisa saja ada pernyataan yang terlewat saat listening atau waktu Hunters terbuang percuma saat mengerjakan tes. Selalu fokus pada hal yang Hunters kerjakan agar mendapat hasil yang maksimal.

 

Bimbingan persiapan tes TOEFL terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar TOEFL, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu TEOFL IBT Preparation.

 

Kenapa harus ikut TEOFL IBT Preparation di Schoters?

  1. Bimbingan privat 1-on-1 dengan tutor kompeten
  2. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  3. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan 1000+ latihan soal pembelajaran TOEFL IBT
  4. Terdapat pretest dan final test oleh tutor gratis
  5. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang TEOFL IBT Preparation di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

Sumber:

Irawati, I., & Widiyantari, Y. (2016). The Master of TOEFL. Bentang Pustaka.