7 Beasiswa Tanpa TOEFL untuk Kuliah di Luar Negeri

Info Beasiswa, 02 Sep 2022

“Dear Minters, aku tuh pengen banget dapet beasiswa, tapi Bahasa Inggris aku masih pas-pasan. Aku ga punya TOEFL, lagi. Mungkin ga sih? ”

Siapa nih, Scholarship Hunters yang galau seperti teman kita di atas? Buat kamu yang punya kekhawatiran seperti itu, artikel Schoters kali ini pas banget untuk kamu.

Apakah Ada Negara yang Memberikan Beasiswa Tanpa TOEFL?

Jawaban untuk kekhawatiran kamu adalah: Ada.

Ada beberapa negara yang memberikan beasiswa tanpa TOEFL sebagai syaratnya, loh! Penasaran kan apa saja program beasiswa yang tepat buat kalian?

Berikut Schoters rangkum, tujuh beasiswa tanpa persyaratan TOEFL untuk mendaftar beasiswanya:

1. Türkiye Burslari Scholarship

beasiswa tanpa toefl

Buat Scholarship Hunters yang tidak punya TOEFL ataupun IELTS, beasiswa Türkiye Burslari Scholarship adalah salah satu beasiswa yang wajib kamu coba.

Selain kelebihan berupa tidak ada syarat sertifikat bahasa, penerima beasiswa juga akan mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Turki.

Beasiswa untuk program S-1, S-2, dan S-3 ini mencakup:

  1. Biaya sekolah
  2. Akomodasi asrama
  3. Tiket pesawat pulang dan pergi
  4. Kursus Bahasa Turki selama setahun

Jadi,  jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa ini maka kamu tidak usah repot-repot mencari dana tambahan nih!

“Tapi, kebetulan aku udah punya sertifikat TOEFL/IELTS nih Minters. Kepake gak ya?”

Meskipun bukan syarat utama, bukan berarti sertifikat TOEFL/IELTS yang sudah kamu miliki menjadi tidak terpakai. Kenapa? Karena sertifikat Bahasa Inggris tetap bisa kamu lampirkan dan bisa menjadi nilai plus saat proses seleksi.

Selain itu, beberapa jurusan dan universitas tertentu juga meminta nilai TOEFL/IELTS kamu, jadi sertifikatnya tetap bisa kamu gunakan. Selain sertifikat Bahasa Inggris, kamu juga bisa melampirkan sertifikat Bahasa Arab atau Bahasa Perancis.

Baca juga : Kuliah di Turki dengan Beasiswa Turkiye Buslari, Ini Persyaratannya!

2. Romanian Government Scholarship

beasiswa tanpa toefl

Tertarik kuliah S-1, S-2, atau S-3, di negara yang terkenal dengan arsitektur unik? Kamu bisa mencoba daftar beasiswa penuh untuk kuliah di Rumania, salah satu negara yang berlokasi di Eropa Tengah dan Tenggara.

Pemerintah Rumania melalui Kementerian Luar Negeri Rumania menawarkan beasiswa untuk warga negara asing yang ingin kuliah di Rumania. Selama kamu bukan merupakan warga negara Uni Eropa, kamu bisa mendaftar pada program beasiswa ini dan tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris.

Jika menjadi penerima beasiswa ini, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa:

  1. Biaya studi
  2. Akomodasi dan asrama
  3. Uang saku bulanan (65 Euro/ sekitar Rp 979.000 untuk mahasiswa S-1, 75 Euro/ sekitar Rp 1.129.000 untuk mahasiswa S-2, dan 85 Euro/ sekitar Rp 1.280.000 untuk mahasiswa S-3)

Baca juga : Beasiswa Pemerintah Rumania – Schoters

3. Beasiswa Chevening

beasiswa tanpa toefl

Jika kamu ingin kuliah penuh untuk program S-2 satu tahun di Inggris, maka kamu bisa mencoba daftar beasiswa Chevening. Dengan beasiswa yang berasal dari Pemerintah Inggris ini, kamua bisa mendapatkan fasilitas yang  meliputi:

  1. Biaya studi
  2. Biaya hidup bulanan
  3. Tunjangan perjalanan PP Indonesia-Inggris
  4. Tunjangan biaya hidup bulanan dan akomodasi
  5. Dana kedatangan dan kepulangan
  6. Biaya aplikasi visa
  7. Tunjangan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan Chevening di Inggris

Untuk mendaftar pada beasiswa Chevening, kamu tidak perlu memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Akan tetapi, bisa jadi universitas tujuan kamu mengharuskan kamu melampirkan sertifikat berbahasa Inggris. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca ketentuan universitas dan beasiswa incaran kamu dengan teliti ya!

Baca juga : Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 ke Inggris – Schoters

4. Beasiswa Pemerintah Rusia

beasiswa tanpa toefl

Berbeda dengan beasiswa negara lain yang mensyaratkan kemahiran bahasa utama negara tersebut sebagai pengganti Bahasa Inggris, pemerintah Rusia justru membuka kesempatan untuk menempuh studi jenjang master di Rusia tanpa mensyaratkan kemampuan berbahasa Rusia.  Pada tahun 2019 lalu, tercatat ada sekitar 161 mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Rusia untuk melaksanakan studi lanjutan. Jika kamu memiliki IPK S-1 setidaknya 3,20, maka beasiswa ini sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Fasilitas yang ditawarkan beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Biaya studi
  2. Maintenance allowance
  3. Akomodasi asrama (apabila tersedia)

Baca juga : Kuliah S-1 dan S-2 di Rusia? Coba Daftar Beasiswa di Innopolis University Yuk! 

5. China Government Scholarship (CGS)

beasiswa tanpa toefl

Selain empat beasiswa di atas, kamu juga bisa mencoba beasiswa China Government Scholarship. Seperti namanya, beasiswa tanpa TOEFL ini berasal dari pemerintah Cina untuk mereka yang ingin berkuliah jenjang S-1, S-2, atau S-3 di China.

CGS menawarkan dua skema beasiswa: penuh dan parsial. Skema beasiswa ini bergantung pada cara pendaftaran. Kamu bisa mendaftarkan langsung melalui universitas tujuan maupun melalui Kedutaan Besar Cina di Indonesia. Apabila mendaftar melalui universitas tujuan, jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa ini maka beasiswa yang kamu terima adalah beasiswa penuh. Jika mendaftar melalui Kedutaan Besar Cina di Indonesia, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh ataupun parsial. 

Fasilitas beasiswa penuh dari CGS meliputi:

  1. Biaya studi 
  2. Biaya tempat tinggal
  3. Uang saku
  4. Asuransi kesehatan
  5. Biaya buku

Di sisi lain, fasilitas beasiswa parsial berupa satu atau beberapa dari fasilitas beasiswa penuh.

Beasiswa Tanpa TOEFL

6. Global Korea Scholarship (GKS)

beasiswa tanpa toefl

Selanjutnya ada beasiswa dari Kementerian Pendidikan Korea Selatan yaitu Global Korea Scholarship (GKS). Beasiswa ini patut kamu coba karena merupakan beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional. Dengan beasiswa ini kamu bisa berkuliah gratis di Korea pada jenjang jenjang D-2, S-1, S-2, dan S-3.

Beasiswa tanpa TOEFL ini memberikan fasilitas sebagai berikut:

  1. Biaya studi
  2. Tiket pesawat PP Indonesia-Korea Selatan
  3. Tunjangan ketika pertama kali tiba di Korea Selatan
  4. Dana penelitian 
  5. Dana pencetakan tesis dan disertasi 
  6. Biaya belajar Bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan
  7. Asuransi kesehatan
  8. Hibah kemampuan Bahasa Korea untuk awardee yang memiliki TOPIK level 5 dan 6
  9. Hibah penyelesaian beasiswa untuk awardee yang kembali ke negara asal setelah menyelesaikan masa studi

Baca Juga: Info Terbaru Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship) – Schoters

7. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

beasiswa tanpa toefl

Tertarik kuliah di Jepang? Kamu bisa mendaftarkan diri pada beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Oleh karena itu, beasiswa ini lebih dikenal sebagai Beasiswa Monbukagakusho/ MEXT. Jika kamu merupakan lulusan SMA/sederajat dan ingin berkuliah S-1 di Jepang, maka beasiswa tanpa TOEFL dari Jepang ini patut kamu coba.

Beasiswa ini menawarkan fasilitas dengan cakupan sebagai berikut:

  1. Tiket pesawat PP Indonesia-Jepang
  2. Biaya pengurusan visa pelajar
  3. Biaya pendidikan penuh
  4. Tunjangan hidup 

Baca Juga: Beasiswa MEXT (Monbukagakusho) di Jepang – Schoters

Raih Beasiswa Bersama Schoters!

Bingung beasiswa mana yang sesuai profil kamu dan harus mempersiapkan dari mana supaya kamu bisa lolos beasiswa?     ->     Kamu tidak perlu khawatir karena ada  konsultan expert Schoters yang siap membantu kegalauan kamu.

Merasa persiapan beasiswa kamu belum matang?     ->     Dapatkan program bimbingan paling tepat dan matangkan persiapanmu bersama tutor-tutor terbaik Schoters!

Beasiswa Tanpa TOEFL