Mengenal Materi dan Website untuk Latihan TOEIC

Saat ini, TOEIC digunakan oleh lebih dari 14.000 perusahaan, instansi dan berbagai program studi bahasa asing di seluruh dunia. Dengan demikian, mendapatkan skor TOEIC tentunya bisa menjadi salah satu nilai tambah penting untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif dari hari ke hari. Lalu materi apa saja yang diujikan dalam TOEIC dan website apa saja yang bisa digunakan untuk latihan TOEIC? 

Namun, sebelum membahas materi dan website yang bisa digunakan untuk latihan TOEIC, ada baiknya Hunters mengenal lebih dulu apa itu TOEIC. TOEIC atau Test of English for International Communication adalah salah satu tes terstandarisasi yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris, khususnya dalam konteks dunia pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, TOEIC adalah salah satu jenis tes terstandarisasi yang lebih ditujukan untuk para calon pekerja atau pekerja profesional yang bekerja di perusahaan. Hal ini tentu saja berbeda dengan tes bahasa Inggris terstandarisasi lainnya seperti TOEFL, yang lebih mengukur kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis.

Materi TOEIC

Serupa dengan tes terstandarisasi bahasa Inggris lainnya, TOEIC juga mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris pada empat komponen bahasa berbeda, yaitu reading, listening, speaking dan writing. Meskipun demikian, empat komponen ini dikelompokkan lagi ke dalam dua kelompok tes berbeda, yaitu tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris reseptif yang terdiri dari reading dan listening dan tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris produktif yang terdiri dari speaking dan writing. Peserta TOEIC dapat memilih mengambil salah satu jenis kelompok tes atau keduanya sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca juga: Kenali TOEIC beserta Manfaat dan Biayanya

 

Listening and Reading Test

Kelompok tes ini akan mengukur kemampuan mendengar dan membaca dalam bahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Materi yang akan diujikan dalam listening test terdiri dari 100 butir pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 45 menit, sementara materi yang diujikan dalam reading test terdiri dari 100 butir pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 75 menit.

Speaking and Writing Test

Kelompok tes ini mengukur kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris yang diperlukan saat bekerja. Materi yang diujikan dalam speaking test terdiri dari 11 butir soal yang harus dijawab dalam waktu 20 menit, sementara materi dalam writing test terdiri dari 8 pertanyaan yang harus diberi tanggapan tertulis dalam waktu 1 (satu) jam.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

cara cepat belajar bahasa inggris

 

Latihan TOEIC

Perlu diketahui, latihan TOEIC amat berguna jika Hunters ingin mendapatkan skor yang tinggi. Sebab, latihan TOEIC ini berguna untuk membiasakan diri dengan materi yang diberikan dalam TOEIC. Adapun beberapa website yang bisa diakses untuk membantu latihan TOEIC antara lain adalah sebagai berikut:

  1. ETS: Melalui website resmi ETS yang menciptakan TOEIC, calon peserta tes bisa mengakses panduan resmi TOEIC serta berbagai sample test untuk seluruh kelompok test TOEIC, baik Listening and Reading maupun Speaking and Writing.
  2. Exam English: Website menawarkan berbagai contoh soal untuk banyak tes terstandarisasi baik IELTS, TOEFL maupun TOEIC
  3. Practice The TOEIC Test: Website ini menawarkan berbagai contoh soal latihan TOEIC yang bersifat interaktif khusus untuk Listening and Reading Test. Dengan menggunakan soal yang tersedia dalam website ini, calon peserta tes TOEIC dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan yang dimiliki saat ini serta memprediksi hasil TOEIC yang mungkin diterima.

 

Baca juga: Yuk, Simak Perbedaan antara TOEFL, IELTS, dan TOEIC

 

Bimbingan persiapan latihan TOEIC bersama Schoters

Ingin daftar beasiswa, kuliah ke luar negeri, atau kerja di luar negeri, tapi belum memiliki sertifikat tes bahasa Inggris? Yuk, ikuti bimbingan persiapan tes TOEIC bersama Schoters! 

latihan toeic