Macquarie University: Jurusan, Pendaftaran dan Beasiswanya

Dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang terbaik di dunia dan lingkungan yang ramah dengan mahasiswa internasional, Australia menjadi rumah bagi banyak universitas terbaik di dunia, salah satunya adalah Macquarie University!

Ingin tahu lebih lanjut tentang Macquarie University? Untuk itu, yuk, simak ulasan di bawah ini!

Tentang Macquarie University

Macquarie University didirikan pada 1964. Universitas ini menjunjung tinggi kolaborasi, peningkatan akademik, industri dan sosial, serta mendukung mahasiswanya untuk meniti karier di bidangnya masing-masing. Selama 58 tahun berdiri, universitas ini juga telah menjadi pusat komunitas masyarakat sekitar maupun dunia. 

Macquarie University sendiri terkenal dengan kualitas dan fasilitas penelitiannya di bidang Kesehatan Masyarakat, Sosial Resiliensi, Ekonomi, Planet yang Aman dan, Teknologi Inovatif. Oleh karena 5 fokus penelitiannya ini, universitas ini sudah dikenal secara global terlebih untuk program Pascasarjana. 

 

Baca Juga: Inilah 10 Daftar Universitas Top di Australia yang Bisa Jadi Referensi Kamu!

 

Lokasi Macquarie University 

Macquarie University memiliki dua kampus, yakni Wallumattagal Campus Macquarie Park dan Macquarie City Campus. Berikut rincian alamatnya:

1. Wallumattagal Campus Macquarie Park

4–6 Eastern Road, Macquarie University NSW 2109 Australia

Nomor Telepon : +61 (2) 9850 7111

Operasional : Senin – Jumat, 8.30 pagi sampai 5 sore

2. Macquarie City Campus

Level 24, 123 Pitt Street (Angel Place) Sydney NSW 2000 Australia

Nomor Telepon: +61 (2) 9234 1700

Email : citycampus@mq.edu.au

Operasional : Senin – Jumat, 8.30 pagi sampai 5 sore

 

Hunters juga bisa menikmati fasilitas kampus lainnya seperti perpustakaan, museum, pameran seni, klub fitness dan gym,  klinik dan rumah sakit, kafe, bar, dan restoran yang ada di lingkungan sekitar kampus. 

Rangking dan jurusan

Menurut QS World University Rankings 2023, Macquarie University berada di peringkat 195 dari seluruh dunia. Dengan 496 program Sarjana dan 215 program Pascasarjana. Adapun bidang studi yang bisa kamu temui di universitas ini, antara lain, sebagai berikut:

  1. Bisnis;
  2. Hukum;
  3. Seni dan Ilmu Sosial;
  4. Media, Komunikasi, dan Performing Arts;
  5. Pendidikan;
  6. Ilmu Sains;
  7. Teknologi Informasi;
  8. Psikologi dan Ilmu Kognitif;
  9. Teknik;
  10. Kedokteran dan Kesehatan;
  11. Bahasa dan Linguistik;
  12. Keamanan, Kecerdasan, dan Kriminologi.

 

Macquarie University juga menawarkan empat jenjang yang bisa kamu pilih, yaitu Diploma, S1, S2, dan Doktor Penelitian. Selain itu kamu juga bisa memilih untuk menempuh pendidikan Single degree, Double degree, atau perpaduan antara jenjang S1 dan S2. Menarik, ‘kan?

 

Tata cara mendaftar bagi mahasiswa internasional

Macquarie University melihat mahasiswa internasional adalah mereka yang tidak memiliki kewarganegaraan Australia atau Selandia Baru, bukan masyarakat Australia yang tinggal permanen di sana dan tidak punya visa permanen di Australia. Jika Hunters bukan dari kriteria di atas, berikut beberapa tata cara pendaftarannya.

1. Pilih jurusan atau bidang studimu

Langkah awal yang harus Hunters lakukan pastinya mencari bidang studi yang ingin dituju. Untuk mengetahui rincian fakultas dan bidang studi yang diberikan kamu bisa cek pada link berikut ini.

2. Cek persyaratan

Untuk persyaratan masuk Macquarie University sendiri disesuaikan dengan jurusan apa yang Hunters pilih. Jadi harus tahu detail dokumen apa saja yang diinginkan oleh bidang studi yang Hunters pilih ya. Mulai dari sertifikasi bahasa Inggris, penyetaraan skor akhir ATAR (Australian Tertiary Admission Rank), dan RPL (Recognition of Prior Learning).

3. Mengirim form pendaftaran

Setelah Hunters yakin kalau masuk dalam kategori yang sesuai dengan persyaratan di atas, kamu bisa mulai mendaftar melalui 3 cara. Hunters bisa menyerahkan langsung berkas pendaftaran ke Universities Admissions Centre, melalui pendaftaran online, atau agen pendidikan yang terpercaya.

4. Menerima offer

Setelah mengirim pendaftaran, Hunters hanya perlu menunggu pengumuman dan daftar ulang ketika sudah diterima. 

 

Bagaimana dengan biaya sekolah di Macquarie University?

Menurut QS World University Rankings 2023, Macquarie University mematok biaya sekitar $39,600 untuk biaya SPP. Namun, perlu diketahui bahwa di universitas ini, ada dua jenis biaya pendidikan, yakni SPP biasa dan biaya permulaan (commencement fee).

Commencement fee adalah bagian dari biaya kuliah yang harus Hunters bayarkan saat Anda menerima tawaran belajar di Macquarie University. Biasanya ditetapkan antara AU$16.000 dan AU$23.500, tergantung kursus yang diambil. Biaya ini tidak mewakili biaya penuh pendaftaran, tetapi diambil dari biaya kuliah sesi pertama (yaitu bukan tambahan dari biaya kuliah kamu).

Jadi, setelah pendaftaran, Hunters harus membayar saldo untuk sesi pertama jika berlaku. Sesi selanjutnya dibayar pada awal setiap setengah tahun (pada bulan Januari dan Juli).

Namun, jika Hunters seorang penerima beasiswa kuliah dapat dibebaskan dari pembayaran commencement fee. Rincian ini akan ditentukan dalam surat penawaran yang kamu dapatkan ketika mendapat offer dari Macquarie University.

Adapun biaya tambahan lainnya yang harus Hunters persiapkan untuk kuliah dan hidup di Australia atau Macquarie University, antara lain, adalah uang buku, biaya bulanan, akomodasi, Compulsory Overseas Student Health Cover (OHSC), Student Services and Amenities Fee (SSAF), dan biaya lain yang sekiranya akan kamu butuhkan di sana.

 

Baca Juga: 3 Cara untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Australia Bebas Biaya

 

Beasiswa dari Macquarie University untuk pelajar Indonesia

1. ASEAN $10,000 Early Acceptance Scholarship – S1 dan S2

Beasiswa ini diberikan kepada siswa internasional berbakat dari wilayah ASEAN yang berniat untuk mengejar gelar Sarjana di Macquarie University dengan membayarkan hampir sepertiga dari biaya kuliah tahunan mereka. 

Manfaat dari beasiswa ini sebesar AUD $10.000 per tahun selama gelar kursus S1 atau S2 (AUD $5.000 akan dikreditkan setiap sesi). Beasiswa ini juga bisa digunakan selama masa pembelajaran berlangsung. Persyaratannya juga cukup mudah, yaitu bukti bahwa Hunters adalah warga negara salah satu negara di ASEAN, LoA dari Macquarie University dan bukti pembayaran commencement fee dan telah mendaftar ulang.

2. Macquarie University $5,000 Regional Scholarship – S1 dan S2

Beasiswa ini diberikan kepada siswa internasional dari beberapa negara partner (salah satunya ASEAN dan Indonesia)  yang berniat untuk mengejar gelar S1 dan S2 di Macquarie University mengimbangi hampir sepertiga dari biaya kuliah tahunan mereka.

Beasiswa ini bernilai AUD $5.000 per tahun selama program gelar Sarjana atau Master kamu (AUD $2.500 akan dikreditkan setiap sesi). Kriteria kandidat beasiswa ini adalah telah sukses mengirimkan aplikasi pendaftaran ke bidang studi yang kamu tuju dan sesuai dengan kriteria dari bidang studi tujuan

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa Macquarie University

Ingin lolos beasiswa universitas Macquarie University? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswa dan daftar universitasmu lebih terarah dengan program bimbingan beasiswa dari Schoters.

Macquarie University