MBA – Pengertian, Manfaat dan Tips Memilih Jurusannya

Bagi para pencari Hunters yang mencari beasiswa dan kesempatan kuliah di luar negeri, gelar MBA mungkin sudah tidak asing bagi kamu. Tapi apakah kamu benar-benar tahu apa itu MBA, cara meraihnya, dan manfaat gelar MBA dari yang lainnya? Untuk membantu kamu dalam memilih jurusan di universitas impianmu, yuk pahami gelar MBA dan lainnya dalam artikel di bawah ini!

Pengertian MBA

MBA secara singkat merupakan singkatan dari Master of Business Administration. Secara garis besar mata kuliah dan sistem belajarnya akan mengedepankan persiapan untuk menuju posisi kepemimpinan dalam bisnis atau administrasi. Program MBA biasanya teoritis, praktis dan menyeluruh. 

Program MBA juga beragam fokus dan industrinya, namun beberapa yang familiar adalah bidang studi Psikologi Industri dan Perilaku, Keuangan, Marketing, Kewirausahaan, Manajemen, dan lain sebagainya.

Satu fakta lain mengenai gelar MBA adalah bahwa Universitas Harvard menjadi yang pertama kali memunculkan gelar ini pada tahun 1908. Hingga saat itu, mulai banyak mahasiswa dan orang yang bekerja di dunia bisnis mengejar gelar ini karena keuntungan yang diberikan. 

 

Manfaat Gelar MBA untuk Karir

Tentu, terlebih bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang bisnis. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang ini, mengejar studi dengan gelar MBA akan banyak memberikan teori dan praktek karirmu. Terlebih dengan membuat keputusan dan mengembangkan ide-ide yang inovatif. Gelar MBA juga sangat direkomendasikan kalau kamu sedang mengejar karir di level yang lebih tinggi. 

Hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang akan diberikan oleh bidang studi di gelar MBA antara lain adalah prinsip-prinsip bisnis, etika bisnis, juga international and cross-cultural skills. 

 

Baca Juga : Intip Beasiswa Double Degree di Luar Negeri

 

Tapi, apakah gelar MBA sulit untuk didapatkan?

Pada dasarnya, setiap tahap dan gelar yang kamu inginkan memerlukan kesabaran, dedikasi dan komitmen. Pada bidang studi dengan gelar MBA sendiri akan terdiri dari banyak waktu belajar teori di kelas, praktik dan projek. Biasanya, kurikulum MBA memang sudah dipersiapkan untuk melatih mahasiswa memahami dan menghadapi masalah nyata dan problem solving dari masalah itu sendiri. 

Memang mendapatkan gelar MBA akan lebih sulit daripada saat kamu belajar di gelar S1 bisnis, namun dengan ilmu, pengalaman, dan jejaring yang kamu dapatkan selama di belajar S2 akan banyak membantu kamu ke depannya. Terlebih bagi kamu yang memang berniat untuk bekerja di luar negeri setelah S2. 

Tapi dengan lebih dari 1.000 bidang studi gelar MBA yang ada di Amerika Serikat saja, kamu harus bisa mempertimbangan beberapa hal sebelum mendaftar di program belajar yang kamu pilih ya. 

 

Baca Juga : Begini, 3 Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

 

Tips Memilih Jurusan dengan Gelar MBA

Nah langkah awal untuk melihat apakah kamu bidang studi MBA sesuai dengan kamu, ada pertanyaan yang harus kamu jawab terlebih dahulu yaitu “Kenapa kamu mau masuk ke sekolah bisnis?” dan “Kenapa aku mau masuk ke universitas ini?”. Pertimbangkan terlebih dahulu bakat, kemampuan, dan kepercayaan dirimu dalam mengikuti bidang studi ini. Karena pertanyaan di atas akan banyak mempengaruhi motivasi, nilai, referensi karir dan kelebihanmu nantinya.

Nah untuk membantu pertimbangamu dalam memilih gelar MBA, berikut Schoters rangkumkan beberapa tipsnya:

1. Lama program studi 

MBA sendiri memang akan memberikan banyak tantangan kepadamu. Tapi jika kamu memang berniat untuk sekolah sambil bekerja, kamu bisa mempertimbangkan jadwal dan skema belajar dari universitas tujuanmu ya (full-time atau part-time). 

2. Spesialisasi bidang studi

Bisnis tentunya banyak macam, begitu juga dengan bidang studi MBA. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan spesifikasi dari bidang studi MBA yang ingin kamu kejar. Karena meski nama jurusan berbeda, mungkin saja pelajar yang ditawarkan akan berbeda. Jadi pastikan kamu sudah research dengan lengkap ya.

3. Networking

Pertimbangan terakhir ini tidak kalah pentingnya. Karena kamu akan berkecimpung di bisnis, mendapatkan jejaring yang berkualitas sangat berguna untukmu. Kamu bisa melihat apakah universitas atau jurusanmu melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga luar sekolah atau melihat dari reputasi universitas dan jurusannya.

Nah cukup menarik bukan gelar MBA. Bagi kamu yang ingin mempersiapkan proses masuk ke gelar MBA, kamu bisa ikuti kelas persiapan beasiswa Schoters!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri 

Ingin lolos universitas luar negeri dan meraih gelar MBA? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px (1)