Mengejar Dua Gelar dengan Beasiswa Double Degree

Info Beasiswa, 03 Nov 2022

Umumnya, program beasiswa hanya diperuntukkan untuk satu program studi saja. Meskipun demikian, terdapat beberapa beasiswa yang bisa digunakan untuk mendapatkan 2 (dua) gelar sekaligus pada waktu yang bersamaan, baik dari perguruan tinggi yang sama, maupun dari beberapa perguruan tinggi yang berbeda. Berikut adalah beberapa beasiswa double degree atau gelar ganda yang dapat ditargetkan oleh pelajar dari Indonesia.

ASEAN Undergraduate Scholarship di National University of Singapore (NUS)

ASEAN Undergraduate Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan kepada pelajar internasional dari negara-negara ASEAN yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi di Singapura, termasuk National University of Singapore (NUS). Selain digunakan untuk program studi regular, program beasiswa ini juga dapat digunakan untuk program Double Degree dan Joint Degree di NUS. Calon mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini dapat langsung mendaftar beasiswa bersamaan dengan proses pendaftaran masuk NUS.   

Cakupan Beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya hidup sebesar 5.800 Dolar Singapura
  3. Biaya komputer sebesar 1.750 Dolar Singapura yang diberikan satu kali saat program studi dimulai
  4. Biaya akomodasi sebesar 3.000 Dolar Singapura

Persyaratan Umum Beasiswa

Persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar program beasiswa ini adalah:

  1. Merupakan warga negara ASEAN, kecuali Singapura, yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di National Unversity of Singapore
  2. Sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas dan memiliki nilai akademik yang baik (untuk pendaftar dari Indonesia, dapat dibuktikan dengan menggunakan nilai ujian Bahasa Indonesia)
  3. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan pengalaman ekstrakurikuler 
  4. Memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing

Pendaftaran untuk program beasiswa ini dibuka bersamaan dengan pendaftaran tingkat S-1 di NUS, yaitu sekitar bulan November setiap tahunnya dan ditutup pada bulan Januari pada tahun berikutnya.

         Baca Juga: Beasiswa NUS S-2: Graduate Student Scholarship for ASEAN di Singapura

Split Site Master Program, Australia Awards Scholarship

Split Site Master Program (SSMP) adalah salah satu program beasiswa di bawah Australia Awards Scholarship. Program ini merupakan bentuk kerjasama Australia Awards dengan berbagai instansi di Indonesia, yang memberikan kesempatan penerima beasiswa untuk mendapatkan 2 (dua) gelar Master dalam waktu yang bersamaan dari universitas di Indonesia dan Australia dalam kurun waktu kurang lebih 2.5 tahun. Setiap penerima beasiswa akan mengikuti studi di universitas di Indonesia selama 12 bulan (2 semester), diikuti dengan studi di universitas di Australia selama 12 bulan (2 semester).

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya persiapan keberangkatan ke Australia (pre-departure training)
  3. Biaya hidup

Persyaratan Umum Beasiswa

Pendaftar yang tertarik mengikuti program beasiswa ini harus memenuhi beberapa persyaratan berikut antara lain:

  1. Memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran dari universitas di Indonesia dan Australia
  2. Sudah memiliki S-1 dari jurusan yang relevan atau sesuai yang dipersyaratkan dari universitas yang dituju
  3. Memiliki IPK minimal 2.9 pada jenjang pendidikan Sarjana
  4. Memiliki skor kemampuan Bahasa Inggris minimal 5.5 untuk IELTS, 525 untuk paper based TOEFL, 69 untuk internet based TOEFL atau 46 untuk PTE Academic
  5. Mendapatkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa berdasarkan hasil seleksi Joint Selection Team (JST) dan AAS English Test

Topik studi, batas waktu pendaftaran dan persyaratan khusus untuk SSMP berbeda-beda tergantung dari organisasi mitra SSMP yang dituju. Informasi lengkap mengenai masing-masing program SSMP dapat dilihat melalui laman News di website AAI pada tautan: https://australiaawardsindonesia.org/news

Pershing Square Scholarship, Oxford University

Pershing Square Scholarship adalah program beasiswa fully funded yang ditujukan bagi pelajar yang berminat melanjutkan studi di program studi 1+1 MBA di Oxford University. Program 1+1 MBA ini menggabungkan program MBA di Oxford University dengan program Master lainnya yang menjadi mitra di Oxford University, termasuk di antaranya Master of Public Policy, MSc in Computer Science, MSc in International Health and Tropical Medicine dan MSc in Environmental Change and Management.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya untuk program MBA dan Master yang dipilih
  2. Biaya hidup sebesar 17.668 Poundsterling per tahun selama 2 (dua) tahun masa studi

Persyaratan Umum Beasiswa

Persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa ini adalah sebagai berikut :

  1. Sudah diterima menjadi mahasiswa program 1+1 MBA sebelum mengikuti proses seleksi beasiswa
  2. Menyusun esai beasiswa sepanjang kurang lebih 550 kata dengan tema “How do you intend to change the world and what does this tell us about you as a person?”

Program MBA dan program Master lainnya di bawah program 1+1 MBA memiliki persyaratan dan batas waktu pendaftaran yang berbeda, tergantung dari program studi yang dituju. Informasi lengkap terkait persyaratan masing-masing program dapat dilihat pada website program tujuan studi. 

Batas waktu pendaftaran untuk program beasiswa Pershing Square Scholarship biasanya ditutup pada bulan Januari setiap tahunnya.

Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) adalah program beasiswa fully funded yang diberikan kepada pelajar internasional di tingkat S-2 untuk mengikuti program studi di berbagai perguruan tinggi di Eropa. Melalui program ini, mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar di berbagai perguruan tinggi di Eropa. Beasiswa ini dibuka untuk berbagai program Master di bidang agricultural and forestry sciences, business studies and management sciences, communication and information, education and teaching, engineering, humanities, law dan lain-lain. 

Melalui program beasiswa ini, mahasiswa bisa mendapatkan joint degree (satu gelar yang dikeluarkan bersama atas nama dua atau lebih perguruan tinggi berbeda) atau multiple degrees (dua gelar atau lebih yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang berbeda). Program beasiswa ini umumnya berlangsung selama 12-24 bulan.

Cakupan Beasiswa

Nilai total untuk program beasiswa ini tergantung dari program studi yang dipilih, durasi studi dan kewarganegaraan peserta beasiswa. Meskipun demikian, secara umum, program beasiswa ini mencakup beberapa hal antara lain :

  1. Biaya kuliah dan biaya lain yang diperlukan selama mengikuti studi seperti biaya perpustakaan dan laboratorium serta biaya asuransi kesehatan
  2. Biaya penerbangan dan perjalanan selama masa studi
  3. Biaya hidup selama masa studi

Persyaratan Umum Beasiswa

Untuk mendaftar program beasiswa ini, calon mahasiswa dapat memilih program studi yang ditawarkan dalam katalog EMJMD (pendaftar dapat memilih hingga maksimal 3 (tiga) program studi). Masing-masing program Master di bawah program beasiswa EMJMD memiliki batas waktu pendaftaran dan persyaratan yang berbeda-beda. Informasi lengkap mengenai masing-masing program studi tersebut dapat dilihat pada katalog program studi EMJMD di tautan ini. 

Sebagian besar program membuka pendaftaran sekitar bulan Oktober–Januari setiap tahunnya.

         Baca juga: Daftar Kuliah di Berbagai Kampus Eropa dengan Beasiswa Erasmus

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa double degree