Monash University: Ranking, Jurusan hingga Beasiswanya

Info Beasiswa, 28 Nov 2022

Monash University merupakan salah satu kampus terbaik di Australia dan menjadi tujuan mahasiswa dari seluruh dunia. Dikenal sebagai kampus dengan segudang penelitian, ramah terhadap mahasiswa internasional dan koneksi alumni dan perkembangan karir yang baik, Monash University memberikan pengalaman belajar yang sayang untuk dilewatkan. 

Bagi Hunters yang tertarik untuk kuliah di Australia dan menjadikan Monash University sebagai salah satu pilihanmu, yuk kenali kampus impianmu ini melalui sesi Schoters Bedah Kampus versi Monash University berikut ini!

Sejarah Monash University

Nama Monash University diberikan berdasarkan seorang insinyur, pemimpin militer dan tokoh publik Sir John Monash. Sedangkan kampusnya sendiri didirikan oleh Act of Parliament pada 1958. Kemudian mulai menerima mahasiswa pada 1961 dan menjadi universitas pertama di Victoria selama 100 tahun.

Awalnya, Monash University dibangun untuk berfokus pada sains dan teknologi. Kemudian jurusan di Monash University mulai berkembang menjadi fakultas seni, ekonomi, pendidikan, kesehatan, hukum, dan politik. 

Hingga saat ini Monash University memiliki lebih dari 60 ribu mahasiswa dari 170 negara dan bekerja sama dengan kampus lainnya, pusat pendidikan dan lembaga lainnya di seluruh dunia. 

Lokasi dan Ranking Monash University

Lokasi kampus utama Monash University terletak Melbourne, Victoria, Australia. Selain Australia, Monash University  juga membuka cabangnya di beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia, India, Italia, dan Suzhou, Cina. Sedangkan di Australia sendiri, Monash University memiliki 6 kampus yaitu:

  1. Kampus Clayton. Kampus terbesar dan menjadi rumah bagi beberapa jurusan di Monash University seperti Seni, Ekonomi dan Bisnis, Pendidikan, Teknik, IT, Hukum, Kedokteran, Keperawatan dan Ilmu Kesehatan. 
  2. Kampus Caulfield. Merupakan kampus terbesar kedua dan bangunannya didedikasikan untuk meningkatkan proses belajar. Sehingga kamu bisa menemukan fasilitas, akomodasi dan pusat belanja yang membantu proses belajarmu.
  3. Kampus Alfred. Atau sering dinamakan “Houses of Central Clinical School”. Seperti namanya, banyak jurusan kesehatan bertempatkan di bangunan ini.
  4. Kampus Parkville. Kampus ini merupakan pusat untuk fakultas Farmasi dan Ilmu Farmatical. Letaknya sekitar 2 kilometer dari Melbourne CBD di Royal Parade.
  5. Kampus Peninsula. Kampus ini terletak di ujung Melbourne dan berfokus pada fakultas kesehatan dan well being. 
  6. Monash Law City Campus. Kampus ini merupakan rumah bagi jenjang S2 pada bidang studi hukum. 

Melalui jaringan kampus dan sejarahnya yang panjang, Monash University telah membuktikan kualitasnya dengan stabil selama 10 tahun terakhir. Monash University sendiri menduduki peringkat 57 QS World University Rankings 2023. 

          Baca juga: Yuk Kenalan dengan Universitas Terbaik di Australia!

Jurusan di Monash University

Monash University membuka beberapa jenjang pendidikan untuk mahasiswa internasional, mulai dari program Sarjana, Magister, Doktor, Research, Program Profesi, hingga Double Degree. Sedangkan secara garis besar jurusan di Monash University terdiri dari:

  1. Seni, Design dan Arsitektur
  2. Seni
  3. Bisnis
  4. Pendidikan
  5. Teknik
  6. Teknologi Informasi
  7. Hukum
  8. Ilmu kedokteran, Keperawatan dan Kesehatan
  9. Farmasi dan Ilmu Farmatical
  10. Sains

Bagi mahasiswa internasional, kamu bisa memilih 140 jurusan pada jenjang Sarjana, 192 program studi di pendidikan Pascasarjana, 141 studi profesi, dan 71 program untuk double degree. 

Selain beberapa pilihan di atas, sistem jurusan di Monash University memperbolehkan kamu untuk mengambil mata kuliah khusus yang menarik bagimu sejak hari pertama perkuliahan. Sehingga diharapkan kamu bisa mengejar passion dan belajar dengan sungguh-sungguh dalam bidang yang kamu geluti. Cukup menarik bukan?

Alumni Penting di Monash University

Dikenal sebagai kampus dunia, tak heran jika Monash University menjadi almamater beberapa tokoh dunia di bawah ini. Apakah ada nama-nama yang Hunters kenal?

 

The Hon Daniel Andrews

48th Premier of Victoria

Bachelor of Arts 1994

Annette Carey

CEO of Linfox Armaguard

Laws 1995

Wen Gu

CEO Australia-China Business Council

Master of Communication and Media Studies 2009

Yalda Hakim

BBC Presenter

Bachelor of Arts 2009

Professor Leslie Howard

Pianist, Musicologist, and Composer

Bachelor of Arts 1973

Christopher Varney

Founder and Chief Enabling Officer I CAN Network

Lars 2013

Professor the Hon Kevin Bell AM QC

Director of Castan Centre for Human Rights Lar

Law 1980

Deborah Glass OBE

Victorian Ombudsman

Law 1982

Apakah Hunters juga tertarik menjadi salah satu alumni dari Monash University? Yuk kenali alur pendaftaran dan fasilitas apa saja yang bisa kamu dapatkan sebagai mahasiswa internasional di kampus ini. 

Alur Pendaftaran di Monash University

Saat ini, semua proses pendaftaran sudah melalui portal resmi MY.APP yang bisa kamu akses melalui link berikut ini.  Sedangkan beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebagai mahasiswa internasional adalah:

  1. Usia tidak lebih dari 17 tahun saat mendaftar.
  2. Memiliki sertifikat bahasa Inggris yang diakui:
    Academic IELTS: 6.5 (Minimum skor 6.0 di setiap sesinya)
    TOEFL Paper-based: 550
    TOEFL iBT: 79
    Pearson Test of English (Akademik): 58
    Cambridge English: 176
  3. Telah menyelesaikan pendidikan SMA atau S1 yang dapat dibuktikan dengan dokumen asli (semua dokumen harus dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan dengan penerjemah tersumpah).
  4. Menyelesaikan dan lulus Tes Gaokao.

Apa itu Tes Gaokao di Monash University?

Bagi Hunters yang ingin memasuki Monash University, kamu wajib menyelesaikan dan lulus dari tes masuk Gaokao ini. Persyaratan lulus tes ini juga beragam, menyesuaikan jurusan di Monash University yang akan kamu ambil. Untuk detail dari Tes Gaokao sendiri bisa kamu akses melalui link ini

Akomodasi Pelajar Internasional di Monash University

Dikenal sebagai kampus yang ramah pada pelajar internasional, Monash University sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang proses belajarmu. Salah satunya adalah akomodasi selama tinggal di Australia. 

Sebagai mahasiswa, Monash Residential Services bisa membantumu untuk perencanaan akomodasi, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Beberapa pilihan akomodasi dalam kampus antara lain:

  1. Clayton dan Peninsula Residential Village;
  2. Clayton Urban Community; dan
  3. Peninsula Studio Apartments.

Beberapa kontak Monash Residential Services bisa Hunters akses melalui:

Clayton Campus

Phone: +61 3 9905 6266

Email: mrs.applications@monash.edu

Peninsula Campus

Phone: +61 3 9905 6266

Email: mrs.applications@monash.edu

Sedangkan untuk akomodasi luar kampus bisa berupa rental, homestay, dan apartemen khusus mahasiswa. Yang mana kamu akan tetap dibantu untuk mendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

          Baca juga: Negara Terbaik untuk Berkuliah di Luar Negeri

Beasiswa Pelajar Indonesia di Monash University

Ada sekitar 229 beasiswa yang ada di Monash University. Berikut beberapa beasiswa yang tersedia untuk pelajar Indonesia.

1. Monash University Indonesia Scholarship

Diberikan kepada pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Monash University di setiap jenjang. Beasiswa yang diberikan juga beragam, menyesuaikan prestasi akademik yang didapat.

  1. Full Scholarship: GPA 3.5 - 4.0
  2. 50% Scholarship: GPA 3.3 - 4.0
  3. 30% Scholarship: GPA 3.1 - 4.0 

Cara mendaftarkan sendiri kamu harus mengisi formulir terpisah dan membuktikan bahwa kamu benar warga Indonesia yang belajar di salah satu jenjang dan jurusan di Monash University.

2. Indonesian Women in STEM

Beasiswa ini khusus diberikan kepada mahasiswa Indonesia berprestasi secara akademis dan hasil penelitiannya dan belajar di program STEM. Beasiswa ini cukup kompetitif dan hanya menerima 2 awardee setiap tahunnya. Pendaftarannya sendiri dibuka setiap tanggal 31 Maret dan 31 Agustus. Melalui manfaat beasiswa sebesar $ 33.000. 

Untuk mendaftar beasiswa ini kamu harus mendapatkan Expression of Interest (EOI) dari fakultas tempat kamu belajar. 

3. K.C Kuok Scholarship

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa internasional dari Cina, Indonesia, Hongkong dan negara di Asia Tenggara lainnya. Kamu harus sedang belajar full-time pada salah satu jurusan di Monash University Australia, berasal dari keluarga yang kurang mampu, dan tidak mendapatkan beasiswa atau sudah pernah belajar di Monash University sebelumnya. 

Beasiswa ini memberikan manfaat sebesar $ 360.000 UAD selama 4 tahun. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendownload formulir pendaftaran dan mengirim semua berkasnya ke asiascholarship@monash.edu -K.C. Kuok Scholarship - [Nama Kamu].

4. Faculty of Law International Asia Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dari Cina, Hong Kong, Malaysia, India, Singapura, dan Indonesia dan sedang belajar di fakultas hukum Monash University. Beasiswa ini juga mencari mahasiswa dengan prestasi akademik yang baik.

Manfaat beasiswa ini berupa pemotongan biaya pendidikan sebesar 25% hingga 100%. Kamu bisa mendaftar beasiswa ini langsung dari fakultas ya.

Berikut Schoters bedah kampus versi Monash University. Apakah Hunters ingin menjadi yang selanjutnya? Yuk persiapkan dirimu bersama mentor expert Schoters! 

monash university