Contoh Motivation Letter Magang, Kejar Perusahaan Impianmu!

Sebagian besar, motivation letter sering digunakan untuk keperluan bidang akademik. Banyak pula individu yang menggunakan motivation letter untuk mendaftar magang disuatu perusahaan karena belum memiliki pengalaman kerja. Adanya motivation letter magang memberikan kesempatan untuk menunjukkan kesungguhan dalam mengikuti suatu program magang atau beasiswa.

Ketika kamu membuat motivation letter, banyak yang perlu kamu perhatikan dari segi penulisan hingga isi. Pertama, menulis dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. Jika dari perusahaan memiliki motivation letter magang, maka kamu harus mengikuti peraturan format penulisan motivation letter yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Kedua, berfokus pada kelebihan yang dimiliki agar pembaca mengetahui bahwa kamu memiliki kemampuan yang baik. Ketiga, menjelaskan poin yang ingin disampaikan secara singkat, padat, dan jelas. 

 

Panduan membuat motivation letter magang

1. Membuat outline

Outline berfungsi untuk mendata apa saja poin yang kamu sampaikan. Biasanya, poin yang disampaikan ialah mengapa kamu ingin mengikuti program magang ini, kemampuan yang dimiliki, dan tujuan yang ingin dicapai setelah magang. Jika kamu ingin menambahkan poin lainnya diperbolehkan sesuai dengan apa yang ingin kamu sampaikan.

2. Pembukaan yang menarik

Pembukaan yang unik dan menarik akan menambahkan minat pembacanya. Kamu dapat memperkenalkan diri secara personal dan menceritakan tentang dirimu serta pencapaian yang ingin kamu capai.

3. Mengembangkan isi sesuai outline

Di bagian ini, kamu harus mengembangkan isi sesuai dengan outline yang telah dibuat. Setiap poin yang berbeda, usahakan membuat paragraf yang berbeda agar poin yang ingin kamu jelaskan dapat tersampaikan dengan baik.

4. Kesimpulan

Setelah membuat outline, pembukaan, mengembangkan isi, selanjutnya tutup dengan kesimpulan. Kesimpulan berisi tujuan, harapan, serta memberikan impresi yang baik di akhir.

5. Proofread tulisan

Langkah akhir yang perlu kamu lakukan adalah mencari kesalahan dalam penulisan yang mungkin saja ada. Selain itu, perbaiki jika terdapat kalimat yang kurang enak untuk dibaca serta menggunakan bahasa yang baku. 

 

Baca Juga: Simak Pekerjaan yang Cocok untuk Kuliah Sambil Kerja

 

Contoh motivation letter magang

Yth. Tim Perekrutan PT. X

Surat motivasi ini saya tulis dengan tujuan mengekspresikan minat yang saya miliki untuk melamar sebagai staf magang di PT. X. Setelah melihat visi dan misi PT. X, saya yakin untuk bergabung dengan tim PT. X sebagai langkah awal memulai karir.

Ketertarikan ini didasari dari latar belakang pendidikan saya yaitu Psikologi selama 3 tahun belakangan. Saat ini, saya berkuliah disalah satu universitas di Jakarta Selatan.

Berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, saya merasa bahwa PT. X merupakan tempat yang tepat untuk saya dalam memberikan kontribusi, mengembangkan diri, serta mencapai tujuan bersama PT. X.

Saya adalah seseorang yang ingin terus belajar dan berkembang. Saya dapat beradaptasi dengan baik, pekerja keras, dan memiliki keinginan untuk belajar. Harapannya, saya bisa belajar lebih banyak lagi jika saya diberikan kesempatan untuk bergabung sebagai staf magang di PT. X.

Demikian surat motivasi saya, semoga berkenan dan terima kasih ada perhatiannya.

 

Baca Juga: Magang di Korea Selatan dengan Beasiswa UST! 

 

7 Tips membuat motivation letter magang

1. Penelitian tentang perusahaan

Sebelum menulis, lakukan penelitian mendalam tentang perusahaan. Pahami misi, nilai, dan proyek terbaru mereka. Ini akan membantu Hunters menyesuaikan motivation letter agar relevan dengan apa yang mereka cari.

2. Pembuka yang menarik

Mulai dengan pembuka yang menarik untuk menarik perhatian pembaca. Sebutkan posisi magang yang Hunters lamar dan mengapa Hunters tertarik dengan perusahaan tersebut.

3. Kemampuan dan pengalaman relevan

Soroti pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan magang yang Hunters lamar. Gunakan contoh spesifik untuk menunjukkan bagaimana keterampilan Hunters cocok dengan kebutuhan perusahaan.

4. Keunikan

Jelaskan apa yang membedakan Hunters dari kandidat lain. Mungkin Hunters memiliki kombinasi keterampilan unik, pengalaman internasional, atau pemahaman mendalam tentang industri tertentu.

5. Antusiasme dan energi

Tunjukkan antusiasme Hunters untuk belajar dan berkontribusi pada perusahaan. Perusahaan top mencari kandidat yang memiliki energi dan motivasi tinggi.

6. Penutup

Akhiri dengan pernyataan yang kuat tentang mengapa Hunters adalah kandidat terbaik dan bagaimana Hunters berharap untuk maju dengan perusahaan.

7. Tata bahasa dan ejaan

Pastikan Hunters memeriksa tata bahasa dan ejaan. Motivation letter yang ditulis dengan baik menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail.

 

Rekomendasi bimbingan membuat motivation letter magang

Ingin lolos ke perusahaan impian? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

motivation letter magang