Monday-Sunday: Pelajari Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Hunters pasti pernah mendapatkan pendidikan bahasa Inggris ketika masih duduk di bangku sekolah, baik itu sekolah dasar maupun sekolah menengah. Apabila mempelajari mata pelajaran tersebut secara serius, maka kemampuan berbahasa Inggris akan meningkat secara perlahan. Terlebih di bangku sekolah dasar (SD), Hunters diajarkan penggunaan bahasa Inggris sederhana, yaitu nama hari dalam bahasa Inggris. Yuk simak selengkapnya!

Nama Hari dalam bahasa Inggris

Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Di antara sejumlah topik yang diajarkan di bangku SD, salah satunya adalah mempelajari kosakata berupa nama hari dalam bahasa Inggris. Di bawah ini, adalah nama – nama hari dalam bahasa Indonesia, serta terjemahannya dalam bahasa Inggris:

  1. Senin = Monday
  2. Selasa = Tuesday
  3. Rabu = Wednesday
  4. Kamis = Thursday
  5. Jumat = Friday
  6. Sabtu = Saturday
  7. Minggu = Sunday

Proses mempelajari, menghafal, dan mengingat seluruh nama hari dalam bahasa Inggris bisa memakan waktu yang beragam bagi tiap anak. Ini bisa disebabkan karena sejumlah faktor, mulai dari daya serap anak, metode pengajaran, hingga lingkungan anak mempelajari bahasa Inggris. Terlepas lama atau tidaknya mempelajari nama hari dalam bahasa Inggris, yang terpenting saat ini adalah bahwa Hunters seharusnya memang sudah bisa memahami topik tersebut dengan baik, dan tidak lagi mengalami kesulitan.

 

Asal usul nama hari dalam bahasa Inggris

Sunday

Kata ‘sunday’ berasal dari bahasa Inggris kuno Sunnandæg yang artinya hari matahari. Dulu, matahari dijadikan sebagai figur dewa sehingga mereka menempatkan hari matahari sebagai awal dari hari-hari lainnya. Namun, seiring berjalannya zaman, hari minggu menjadi hari libur internasional dan dianggap sebagai akhir sebuah minggu.

Monday

Kata monday berasal dari kata Mōnandæg yang artinya moon’s day. Hari senin merupakan hari yang paling tidak disukai pekerja kantoran karena menandai hari pertama kembali bekerja. 

Tuesday

Tuesday berasal dari kata Tīwesdæg yang artinya Tiw’s Day. Tiw adalah seorang dewa perang bertangan satu dalam mitologi Nordik yang membunuh serigala raksasa Garmr di perang terakhir Ragnarok.

Wednesday

Wednesday berasal dari kata Wōdnesdæg yang artinya Woden’s day. Woden adalah dewa yang terkenal di Jerman saat abad ketujuh setelah Masehi. Woden juga disebut sebagai Odin yang merupakan ayah dari dewa-dewa Nordik lainnya, seperti Thor dan Baldr.

Thursday

Nama Thursday diciptakan sebagai bentuk penghormatan oleh orang-orang Germanic kepada dewa petir, yaitu Thor. Dalam bahasa Nordik, petir ditulis sebagai Þunor dan ditulis sebagai Thor dalam Bahasa Inggris modern.

Friday

Friday diambil dari kata Frīgedæg yang artinya Frige’s day. Frige sendiri merupakan seorang dewi dalam kebudayaan Anglo-Saxon dan digunakan juga oleh orang Norse untuk menyebut planet Venus sebagai Friggjarstjarna atau Frigg’s star.

Saturday

Saturday berasal dari bahasa Inggris kuno Sæturnesdæg yang diambil dari dewa dalam mitologi Romawi, yaitu dewa Saturn.

 

Singkatan Nama Hari dalam Bahasa Inggris

  1. Monday (Senin), hari Senin disebut dengan Monday. Pelafalan kata ini adalah /man-de/. Penulisan Monday biasanya disingkat menjadi Mon. Kata ini berasal dari istilah Latin dies lunae yang berarti Moon’s Day.
  2. Tuesday (Selasa), hari Selasa dalam bahasa Inggris disebut dengan Tuesday. Kata ini dilafalkan seolah ada huruf ‘y’ di antara huruf ‘t’ dan ‘u’ yang diucapkan samar – samar. Sehingga, pelafalannya menjadi /t(y)uz-de/. Sama halnya dengan Monday, kata ini juga diambil dari istilah Latin Twi’s Day. Ini merupakan nama dewa dalam mitologi Nordik, yaitu Tyr. Tuesday biasa disingkat Tue.
  3. Wednesday (Rabu), hari Rabu disebut dengan Wednesday. Wednesday biasa disingkat Wed. Pelafalan kata yang satu ini berbeda dengan bentuk tulisannya, bukan diucapkan /wed-nes-de/, melainkan /wenz-de/. Asal – usul kata ini masih berasal dari mitologi dewa, lebih tepatnya dalam kepercayaan Jerman. Dewa tersebut adalah Wado, yang masih berhubungan dengan dewa Odin.
  4. Thursday (Kamis), hari Kamis disebut dengan Thursday. Pengucapan kata ini adalah /therz-de/. Thursday biasa disingkat Thu. Penamaan ini agak mirip dengan hari Selasa, sehingga pelafalannya harus benar – benar diperhatikan. Kemiripan ini rupanya karena kedua nama tersebut sama – sama berasal dari dewa dalam mitologi Nordik. Lebih tepatnya, Thursday diambil dari nama dewa Thor’s Day.
  5. Friday (Jumat) hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut Friday, yang dilafalkan dengan /frae-de/. Friday biasa disingkat Fri. Kata ini juga berasal dari dewa mitologi Nordik, yaitu day of Frigg.
  6. Saturday (Sabtu) yang biasanya dilafalkan dengan /sader-de/. Saturday biasa disingkat Sat.
  7. Sunday (Minggu) biasanya diucapkan dengan /san-de/. Sunday biasa disingkat Sun.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

nama hari dalam bahasa inggris

 

Nama – Nama Hari Internasional

Banyak dari kita mengenal hari internasional sebagai hari peringatan dari suatu hal yang mempengaruhi dunia atau peristiwa itu dirayakan oleh seluruh dunia. Beberapa dari hari internasional dijadikan hari libur. Seperti misalnya hari – hari besar keagamaan. Berikut nama – nama hari internasional dalam bahasa Inggris:

  1. Hari Anak: Children’s day
  2. Hari Ayah: Father’s day
  3. Hari Kemerdekaan: Independence day
  4. Hari Ibu: Mother’s day
  5. Hari Puisi Dunia: World’s Poetry day
  6. Hari Bumi: Earth’s day
  7. Hari Braille: Braille’s day
  8. Hari Pendidikan Internasional: International Education day
  9. Hari Valentine: Valentine’s day
  10. Hari Nelson Mandela Internasional: International Nelson Mandela’s day
  11. Hari Tanpa Tembakau sedunia: World Without Tobacco’s day
  12. Hari Wanita Internasional: International Women’s day
  13. Hari Pemuda Internasional: International Youth Day
  14. Hari Kesehatan Mental Sedunia: World’s Mental Health Day
  15. Hari Buruh internasional: International Labor day
  16. Hari Idul Fitri: Eid Al-fitr
  17. Hari Idul Adha: Eid Al-adha
  18. Hari Natal: Christmas day
  19. Hari Paskah: Easter day
  20. Hari Waisak: Vesak day
  21. Hari Nyepi: Seclusion Day
  22. Hari kesehatan dunia: World’s Health Day

Selain tujuh hari dalam seminggu dan hari internasional, terdapat juga hari yang relatif terhadap hari lain. Beberapa contoh dalam bahasa Indonesia yang diketahui adalah “besok“, “kemarin” dan seterusnya. Simak kosakata nama – nama hari yang relatif terhadap hari lain dalam bahasa Inggris berikut ini:

 

Nama – Nama Hari yang Relatif Terhadap Hari Lain

  1. Hari sebelum kemarin: The day before yesterday. Contoh penggunaan dalam kalimat: “The day before yesterday was my first Monday after I arrived in London.” (Hari sebelum kemarin adalah Senin pertama setelah saya sampai di London.)
  2. Kemarin: Yesterday. Contoh penggunaannya dalam kalimat. “Yesterday’s match was tense! Our team almost win. But the score became 1-1 seconds before the match ended.” (Pertandingan kemarin sangat menegangkan! Tim kita hampir menang. Tapi kedudukan jadi 1-1 beberapa detik sebelum pertandingannya berakhir.)
  3. Hari ini: Today atau This day. Contoh dalam kalimat: “Your professor gave you homework due 24 hours from last morning. This means today is the due! Hurry up and finish it!” (Dosenmu memberi PR untuk dikumpulkan dalam kurun waktu 24 jam dari pagi kemarin. Yang berarti hari ini waktu pengumpulannya! Cepat dan selesaikan PR-mu!)
  4. Besok: Tomorrow. Contoh kalimatnya: “We use tomorrow’s situation to decide what we should do to our dog.” (Kita gunakan situasi besok untuk menentukan apa yang harus kita lakukan kepada anjing kita.)
  5. Lusa: The day after tomorrow. Contohnya dalam kalimat: “On Sunday or the day after tomorrow, Andrew and his family will go to church.” (Pada hari minggu atau lusa, Andrew dan keluarganya akan pergi ke gereja.)
  6. Tulat: Three days after today. Contoh dalam kalimat: “You’ll have to book the flight on Friday or three days after today. You’ll get 50% discount.” (Kamu harus memesan tiket pesawat pada hari Jumat atau tulat. Kamu akan mendapatkan diskon 50%.)
  7. Tubin: Four days after today. Contoh penggunaan dalam kalimat: “You can go to National History Museum now. You can also go to the Museum four days after today, which is Monday.” (Anda bisa pergi ke Museum Sejarah Nasional sekarang. Anda juga bisa pergi ke Museum tubin, yang berarti Senin.)
  8. Setiap hari: Everyday. Contoh penggunaan dalam kalimat: “From Monday to Friday, you’ll go to school. Meanwhile, I’m gonna book you a ticket to the Museum for every Saturday and Sunday. So, have a good study everyday!” (Dari hari Senin sampai Jumat kamu akan pergi ke sekolah. Sementara itu, aku akan memesan tiket ke Museum untuk setiap hari sabtu dan Minggu. Jadi, selamat belajar setiap hari!)
  9. Beberapa hari: A couple of days. Contoh penggunaan dalam kalimat: “A couple of days after the holiday, we must go to school.” (Beberapa hari setelah libur, kita harus pergi ke sekolah.)

 

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

 

Nama – Nama Hari Lainnya

Selain nama hari dalam seminggu, nama hari internasional dan nama hari yang relatif terhadap hari lain, terdapat juga nama – nama hari dalam bahasa Inggris lainnya yang harus diketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Hari kelahiran/hari ulang tahun: Birthday. Contoh kalimat: “Next Sunday is John’s birthday.” (Minggu depan adalah hari ulang tahun John.)
  2. Hari Kerja: Workday atau Weekday. Contoh kalimat: “Nina only sells food to the office workers. That’s why she only opens her shop on weekdays.” (Nina hanya menjual makanannya ke karyawan kantor. Oleh karena itu, ia hanya membuka kedainya setiap hari kerja.)
  3. Akhir Pekan: Weekend. Contoh penggunaan dalam kalimat: “Do you know that Saturday and Sunday are weekends?” (Apakah kamu tahu kalau Hari sabtu dan hari minggu adalah akhir pekan?)
  4. Hari Pertama: First day. Contoh penggunaan dalam kalimat: “It’s easy to do the task on the first day of every month. Many people will be absent.” (Mudah untuk mengerjakan tugas hari pertama setiap bulannya. Banyak orang akan absen.)
  5. Hari Akhir: Last day. Contoh kalimat: “After working for almost 20 years with us, next Saturday will be Jennifer’s last day. Therefore we must give her a gift.” (Setelah bekerja hampir 20 tahun bersama kita, hari sabtu depan adalah hari terakhir Jennifer. Untuk itu kita harus memberinya hadiah.)
  6.  Hari ke-: 2nd day, 3rd day, 4th day. (Gunakan urutan sebelum kata ‘day’) Contoh penggunaan dalam kalimat: “You can come on the 3rd day of the Seminar. They will present about linguistics, movies, and novels. Themes that are more suited to your interests.” (Anda dapat dapat di hari ketiga Seminar. Mereka akan mempresentasikan tentang linguistik, fiilm dan novel. Tema-tema yang lebih sesuai dengan minat Anda.)
  7.  Hari libur: Holiday. Contoh kalimat: “Seb’s jazz club is the most known by people. It opens this Summer holiday!” (Klub Jazz Seb’s paling dikenal oleh orang-orang. Klub itu buka di hari libu musim panas ini!)
  8. Hari libur kerja/cuti: Day off.  “Eid day is an islamic holiday. Therefore, every Muslim in the office should take the day off.” (Lebaran adalah hari libur agama Islam. Oleh karenanya setiap pekerja muslim seharusnya mengambil cuti)
  9.  Hari libur nasional: International Holiday. Contoh kalimat: “International holidays are days people should know.” (Hari libur internasional adalah hari yang harus diketahui oleh orang-orang.)

 

Baca Juga: Gunakan Slang Bahasa Inggris Agar Terlihat Lebih Keren

 

Bimbingan bahasa Inggris terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar bahasa Inggris, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu sama Schoters!

Schoters adalah  platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu General English Class.

 

Kenapa harus ikut General English Class di Schoters?

a. Kelas terdiri dari teori dan praktik

b. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran

c. Terdapat pretest dan final test oleh tutor

d. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu

e. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepatakan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis General English Class di Schoters agar tahu mana program yang cocok dengan kalian.

nama hari dalam bahasa inggris

Sumber:

“Asal Muasal Nama Hari Dalam Bahasa Inggrs”. Wall Street English. https://www.wallstreetenglish.co.id/asal-muasal-nama-hari-dalam-bahasa-inggris/