National Cheng Kung University: Jurusan dan Beasiswanya

Info Beasiswa, 11 Jan 2023

National Cheng Kung University memang tidak sepopuler universitas dunia lainnya, tapi ternyata kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang disegani karena kualitas penelitian dan lingkungan belajarnya yang sangat terbuka bagi mahasiswa internasional. 

Bagi Hunters yang sedang mencari universitas yang bisa mendukung penelitian, National Cheng Kung University bisa menjadi tujuanmu selanjutnya. Cek Schoters Bedah Kampus edisi National Cheng Kung University berikut ini!

Selayang Pandang National Cheng Kung University

National Cheng Kung University dibangun pertama kali pada 1931 dengan nama Tainan Technical College. Kemudian namanya mulai berubah menjadi National Cheng Kung University pada tahun 1971. Selama perkembangannya, National Cheng Kung University sudah mendapat berbagai penghargaan sebagai universitas terbaik di Taiwan pada 2011, pada Asia Pasifik pada 2021 dan bersiap untuk menjadi Global University of Future pada 2031.

National Cheng Kung University memiliki motto “Seek for Truth; Toil for Good” atau “Carilah kebenaran; Bekerja keras untuk kebaikan”. Melalui nilai-nilai tersebut, National Cheng Kung University bertujuan untuk menciptakan pemuda yang berpengetahuan tinggi dan tetap bisa berguna bagi sekitarnya.

Hal ini juga direalisasikan langsung oleh National Cheng Kung University yang menjunjung United Nations Sustainable Development Goals (SDGs) di setiap pendidikannya. Apakah kamu juga punya misi yang sama dengan National Cheng Kung University?

Rangking dan Lokasi National Cheng Kung University

National Cheng Kung University berada di posisi 224 dalam QS World University Rankings 2023. National Cheng Kung University berada di Tainan, Taiwan. National Cheng Kung University mempunyai 10 bangunan kampus, yang mana 8 diantaranya ada di kampus utama. Beberapa kampus tersebut adalah:

  1. Cheng Kung 
  2. Sheng Li
  3. Kuang Fu
  4. Chien Kuo
  5. Tzu Chiang
  6. Ching Yeh
  7. Li Hsing
  8. Kuei Jen
  9. An Nan
  10. Dou Liu

Yang mana 3 kampus terakhir berada di lokasi yang terpisah. Lebih lengkapnya tentang lokasi National Cheng Kung University bisa kamu lihat melalui situs web resminya di sini. 

Alumni Berpengaruh dari National Cheng Kung University

Dikenal dengan kualitas pendidikannya yang bertaraf internasional, National Cheng Kung University telah mencetak banyak alumni berpengaruh di Taiwan dan internasional. Berikut nama-namanya:

Chang Chia juch

Menteri Perekonomian (2013 - 2014)

Chen Hsiung Wen

Menteri Pekerja (2014 - 2016)

Lung Ying Tai

Menteri Budaya (2012 - 2014)

Mao Chi Kuo

Perdana Menteri RRC (2014 - 2016)

Chen Liang Gee

Menteri Sains dan Teknologi Taiwan (2016 - sekarang)

Wei Kan Chu

Professor Fisika dai University of Houston

Tze Chiang Vhen

IBM Fellow

Hsu Hsin Ying

Founder dan CEO dari Minkoutang

C.Y. Lee

Direktor desain Taipei 101

Dan lain sebagainya. 

Apakah ada nama yang Hunters kenal di atas? Atau Hunters ingin menjadi salah satu dari mereka? Sebelum itu kenali lebih lanjut alur belajar di National Cheng Kung University berikut!

Jenjang dan Jurusan di National Cheng Kung University untuk Mahasiswa Internasional

National Cheng Kung University membuka pintunya untuk mahasiswa internasional di jenjang S1, S2 dan S3. Beberapa perkuliahan mereka bahkan diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Berikut list jurusan di National Cheng Kung University yang bisa kamu coba sebagai mahasiswa internasional:

  1. Fakultas Seni 
  2. Fakultas Sains 
  3. Fakultas Teknik 
  4. Fakultas Teknik Elektrikal dan Ilmu Komputer 
  5. Fakultas Perencanaan dan Desain 
  6. Fakultas Ilmu Sosial 
  7. Fakultas Manejemen
  8. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan
  9. Fakultas Biosainsa dan Bioteknologi
  10. Miin Wu School of Computing
  11. Program Interdisciplinary Sustainability Studies
  12. Academy of Innovative Semiconductor and Sustainable Manufacturing

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jurusan dan kuota mahasiswa yang diterima, kamu bisa melihatnya melalui link berikut ini

Cara Pendaftaran National Cheng Kung University

Alur pendaftaran pada National Cheng Kung University bagi mahasiswa internasional cukup berbeda. Beberapa persyaratan awal yang wajib kamu siapkan antara lain:

  1. Memiliki kualifikasi status mahasiswa internasional yang disetujui oleh Kementerian Pendidikan Taiwan
  2. Memiliki Ijazah pendidikan sebelumnya
  3. Transkrip nilai yang diakui oleh universitas

Sedangkan untuk beberapa dokumen tambahan menyesuaikan dengan bidang studi yang akan diambil. Lebih lengkapnya kamu bisa membacanya melalui buku panduan yang sudah disiapkan oleh pihak National Cheng Kung University berikut ini. 

Semester baru di National Cheng Kung University dimulai selama 2 kali, yaitu musim gugur 2022 dan musim semi 2023. Prosedur pendaftarannya dilakukan melalui website mereka. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mendaftar di halaman https://reurl.cc/3jLVMR 
  2. Mendaftar biaya pendaftaran sebesar NT $1.600 atau $60 untuk setiap muridnya
  3. Setiap kandidat bisa memiliki 2 fakultas dan harus memilih salah satunya jika diterima oleh 2 bidang studi sekaligus
  4. Unggah semua dokumen yang diperlukan seperti:
    A. Formulir pendaftaran 
    B. Formulir deklarasi
    C. Ijazah terakhir
    D. Transkrip nilai
    E. Financial Statement
    F. 2 Surat Rekomendasi
    G. Rencana Studi
    H. Esai Autobiografi dengan bahasa Inggris atau Cina
    I. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
    J. Tambahan berkas sesuai dengan fakultas tujuan
  5. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https:/
  6. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https://oia.ncku.edu.tw/index.ph

Deadline untuk semester Spring 2023 jatuh pada tanggal 15 November 2022 dan hasil pengumuman akan disampaikan pada 30 November 2022. Apakah Hunters bisa menjadi salah satunya?

          Baca juga: Monash University, Kampus Terbaik di Australia

national cheng kung university

Beasiswa Pelajar Indonesia di National Cheng Kung University

Sebagai salah satu kampus yang ramah dengan mahasiswa internasional, National Cheng Kung University menyediakan beberapa beasiswa untuk kamu yang mau belajar di sana. Berikut beberapa informasi beasiswa National Cheng Kung University yang bisa dicoba oleh pelajar Indonesia.

1. Veritas et Conscientia Scholarship (VCS)

Beasiswa Veritas et Scientia diberikan kepada semua mahasiswa penuh jenjang PhD pada tahun kesatu hingga keempat. Beasiswa ini diberikan melalui rekomendasi dari jurusan yang kamu pilih, sehingga kamu tidak perlu mengisi formulir kembali. Manfaat yang ditawarkan oleh beasiswa National Cheng Kung University antara lain tunjangan per bulan sebesar NT$ 30.000, pembebasan uang kuliah, akomodasi asrama, dan course credit fees. 

2. NCKU Distinguished International Student Scholarship

Beasiswa National Cheng Kung University ini dibagi menjadi 2 jenjang, yaitu untuk undergraduate dan graduate. Beasiswa ini dapat dicoba oleh semua mahasiswa internasional dan tidak perlu mendaftar beasiswa kembali karena panitia penerimaan mahasiswa baru akan langsung menyeleksi di tahap awal pendaftaran. 

Manfaat beasiswa National Cheng Kung University sendiri dibagi menjadi 2 tingkatan pada jenjang Undergraduate. 20% terbaik akan mendapat manfaat sebesar NT$15.000 per bulan dan 20.02% hingga 40% akan mendapatkan tunjangan NT$ 10.000 per bulan. 

Beasiswa dari Jurusan di National Cheng Kung University

Selain beberapa beasiswa di atas, Hunters juga bisa mencoba beberapa beasiswa dari jurusan yang kamu tuju. Jurusan di National Cheng Kung University yang memberikan beasiswa adalah jurusan:

  1. Chemical Engineering
  2. Mechanical Engineering
  3. Mathematics
  4. Taiwanese Literature
  5. Biomedical Engineering
  6. Master of the International Institute of Medical Device (MDI)
  7. Biochemistry and Molecular Biology
  8. Biotechnology and Bioindustry Sciences
  9. nstitute of Tropical Plant Sciences and Microbiology

Apakah ada bidang studi tujuanmu?

         Baca juga: Beasiswa bagi Warna Non-Taiwan di Taiwan 

3. NCKU CLC General Scholarship

Beasiswa National Cheng Kung University diberikan kepada mahasiswa full-time yang belajar di CLC dan memiliki nilai akademik minimal 85. Hunters bisa mendaftar melalui Chinese Language Center, NCKU, Manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain NT%6.000 per bulan dengan total 6 bulan masa beasiswa.

4. Taiwan Scholarship

Beasiswa lain yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Taiwan. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Taiwan, oleh karena itu pendaftarannya sendiri dilakukan melalui ROC Consulate yang ada di negaramu. Manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti tunjangan kelas bahasa sebesar NT$ 25.000 dan biaya sehari-hari sebesar NT$ 30.000. Untuk info lebih lanjutnya, kamu bisa cek infonya di sini.

Berikut informasi bedah kampus Schoters versi National Cheng Kung University. Selain informasi di atas, kamu bisa konsultasi juga bersama Schoters lewat program ini! -> Konsultasi dengan mentor expert Schoters.