Oxford vs Harvard: Mana Pilihan Terbaik?

Oxford dan Harvard menerima ratusan ribu pelamar setiap tahunnya baik dari mahasiswa lokal maupun internasional yang mencari pendidikan berkualitas tinggi. Oxford, lebih fokus pada penelitian dan yang lain. Sedangkan Harvard, memiliki fokus yang lebih kuat pada pengajaran. Lalu, mana yang lebih baik antara Oxford vs Harvard?

Tentu menjadi tantangan bagi Hunters untuk memilih di mana ingin melanjutkan pendidikan. Jika Hunters adalah seseorang yang ingin menerima beberapa pendidikan dengan kualitas terbaik di dunia, maka hunters harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan penting yaitu Oxford vs Harvard, universitas mana yang harus dipilih?

 

Oxford vs Harvard: Universitas mana yang harus dipilih?

Ada banyak faktor penentu dalam proses memilih universitas yang ideal untuk kamu. Ada daftar pro dan kontra, rincian keuangan, daftar program studi yang diinginkan, dan daftar universitas untuk dipersempit. Setelah kamu mempersempit pilihan menjadi hanya dua, saat itulah bagian tersulit dimulai. Ayo simak ulasan berikut ini!

1. Pendidikan

Faktor penting untuk dipertimbangkan ketika memilih universitas mana untuk belajar adalah kualitas dan variasi pendidikan yang ditawarkan di lembaga pembelajaran ini. Meskipun kedua universitas terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi, materinya berbeda dan variasi kursus yang tersedia juga berbeda. Oxford memiliki lebih dari 20 kolese dan institut berbeda yang menyediakan beragam kursus dan gelar bagi mahasiswa. Universitas memiliki divisi humaniora, divisi ilmu sosial, divisi ilmu kedokteran, divisi matematika, fisika, dan ilmu hayati, dan divisi pendidikan berkelanjutan. Oxford memiliki sekitar 50 program sarjana yang berbeda untuk ditawarkan, memberi siswa kesempatan untuk memilih antara berbagai program di berbagai disiplin ilmu.

Sementara di Harvard, ada 15 perguruan tinggi dan sekolah berbeda yang menyediakan siswa dengan kualitas pendidikan tertinggi di Amerika Serikat. Menawarkan berbagai gelar, termasuk gelar sarjana dan pascasarjana, universitas menawarkan lebih dari 3.000 program dalam berbagai disiplin ilmu. Universitas juga memiliki program pembelajaran online yang mendunia.

2. Rangking

Pemeringkatan adalah faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan saat menjawab pertanyaan, karena kedua universitas termasuk yang paling bergengsi dan sangat dihormati baik di negara asalnya maupun di seluruh dunia, mereka cenderung berbagi beberapa peringkat. Namun, peringkat ini dapat membantu beberapa orang membuat keputusan yang lebih tepat dan memilih universitas lebih cepat. Sebagai universitas terbaik di Eropa dan salah satu kampus universitas terbaik di Inggris, Oxford menduduki peringkat pertama berdasarkan Times Higher Education 2023, lalu peringkat keempat menurut QS World University 2023, serta peringkat kelima dari US News 2023. Harvard, di sisi lain adalah universitas terbaik di Amerika Serikat dengan peringkat pertama berdasarkan US News 2023, peringkat kedua oleh Times Higher Education 2023, dan peringkat kelima menurut QS World University 2023.

3. Biaya kuliah

Uang selalu menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih universitas, terutama yang berstatus tinggi seperti Oxford atau Harvard. Biaya universitas tidak murah, dan sebagian besar siswa menemukan diri mereka berhutang banyak pinjaman siswa setelah lulus, inilah mengapa penting untuk memeriksa apakah kamu benar-benar mampu membayar universitas pilihan, dan jika tidak bisa, periksa apakah ada beasiswa.

Program sarjana di Oxford, salah satu kampus universitas terbaik di Inggris, menelan biaya sekitar 9.250 EUR untuk mahasiswa lokal, antara 26.770 EUR dan 37.310 EUR untuk mahasiswa internasional. Beasiswa Crankstart, misalnya, adalah salah satu dari banyak program bantuan keuangan untuk mahasiswa di Oxford. Biaya kursus ditambah biaya hidup dapat berkisar antara 1175 hingga 15390 EUR, sehingga penting untuk bersiap dan mengajukan dukungan jika diperlukan.

Universitas Harvard memiliki reputasi sebagai salah satu universitas termahal di dunia dengan biaya kuliah rata-rata per tahun sekitar 78.200 USD. Universitas menawarkan kalkulator di situs web mereka yang terutama bertujuan untuk membantu siswa menghitung berapa banyak yang akan mereka bayar dan lebih sering daripada tidak, biaya mereka turun secara signifikan. Selain itu, program bantuan keuangan, beasiswa, dan hibah tersedia bagi mereka yang memenuhi syarat. Menurut situs web Universitas Harvard, satu dari lima siswa tidak membayar apa pun untuk hadir.

 

Baca Juga: Ingin kuliah di Oxford university? Ini 5 Beasiswa yang dapat kamu pilih

 

4. Tingkat kemampuan kerja

Hunters harus mempertimbangkan tidak hanya tahun pendidikannya saja, tetapi juga kehidupan setelah lulus. Seberapa cepat kamu akan mendapatkan pekerjaan, seberapa mudah, dan berapa banyak yang kamu harapkan sebagai lulusan Harvard atau Oxford. Di Oxford, jumlah rata-rata lowongan pekerjaan per tahun adalah sekitar 12.000, dengan perusahaan besar seperti NHS, ASOS, BAE Systems, dan Cisco Systems masuk daftar. Lulusan Oxford mendapat gaji rata-rata $100.000, dengan gaji tertinggi adalah Magister Manajemen, yang membayar sekitar $170.000.

Adapun Harvard, tingkat kelayakan kerja universitas adalah salah satu yang tertinggi dan terbaik di dunia. Universitas menempati peringkat pertama dalam daftar program MBA terbaik QS dan memiliki tingkat kelayakan kerja sebesar 89%. 210.000 USD adalah gaji rata-rata lulusan Harvard Business School, yang merupakan sekolah bisnis terbaik kedua di Amerika Serikat setelah Stanford.

5. Oxford vs Harvard: Sewa investasi alias Is It Worth it?

Membuat komitmen pada salah satu universitas tersebut dapat menjadi hal yang menakutkan dan membebani mahasiswa secara finansial, jadi penting untuk mengetahui apakah investasi kamu akan terbayar dan bermanfaat dalam jangka panjang. Mari simak gaji masa depan kedua lulusan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan biaya kuliah. Biaya rata-rata gelar dari Universitas Oxford adalah sekitar 173.000 USD dan lulusan diharapkan menghasilkan sekitar 41.000 USD per tahun setelah lulus, yang berarti siswa harus bekerja selama sekitar 4,2 tahun. Sedangkan di Harvard, gaji rata-rata adalah sekitar 221.000 USD, yang lebih dari 2,4 kali gaji seseorang yang menghasilkan 91.000 USD setiap tahun. Artinya, dibutuhkan waktu 2,4 tahun, atau sekitar empat semester setelah lulus, untuk menebus biaya kuliah.

 

Oxford vs Harvard : Mana yang terbaik?

Populasi siswa di Harvard adalah 23.000, dibandingkan dengan 26.000 Oxford, pada pendaftaran tahun 2021. Populasi mahasiswa internasional universitas Oxford adalah 45% yang jauh lebih tinggi daripada Universitas Harvard yaitu 16%, dengan tingkat penerimaan hanya 5%, Universitas Harvard lebih sulit untuk masuk daripada Universitas Oxford dengan tingkat penerimaan 17,5%.

Persyaratan skor IELTS adalah 6,5 untuk universitas Oxford dan universitas Harvard. Skor TOEFL-iBT setara 100 diterima. Kedua universitas menerima mahasiswa dengan skor ujian GMAT/GRE yang kompetitif. Lalu akomodasi di AS juga lebih mahal daripada di Inggris, dengan demikian, universitas Oxford relatif lebih murah untuk dihadiri daripada universitas Harvard.

Kedua universitas terkenal di dunia dan diterima di salah satu dari mereka adalah masalah kebanggaan bagi siswa mana pun. Oleh karena itu, sulit untuk memilih salah satu dari mereka. Namun, berdasarkan tingkat penerimaan dan biaya studi, dapat dikatakan bahwa universitas Oxford adalah pilihan yang lebih baik daripada universitas Harvard.

 

Baca Juga: Mana yang terbaik antara Oxford vs Cambridge?

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Universitas mana yang lebih bergengsi Oxford atau Harvard?

Kedua universitas memiliki reputasi bergengsi dan dianggap sebagai universitas terbaik di dunia. Harvard peringkat kedua di Universitas Nasional, pertama di Universitas Global oleh US News, dan pertama oleh Round University Ranking, sementara Oxford peringkat pertama di Universitas Global Terbaik di Eropa, kelima di Universitas Global Terbaik oleh US News, dan kedua oleh QS Peringkat Universitas Dunia.

  • Universitas mana yang lebih sulit untuk masuk ke Harvard atau Oxford?

Universitas Oxford memiliki tingkat penerimaan sekitar 17% yang dianggap relatif baik dibandingkan dengan tingkat penerimaan universitas Harvard yang rendah yaitu 5%, yang membuat Oxford lebih mudah untuk dimasuki.

  • Apa universitas top 1 di dunia?

Universitas Oxford dianggap sebagai universitas top di dunia karena menduduki peringkat teratas tujuh tahun berturut-turut.

  • Oxford dan Harvard mana yang lebih mahal?

Biaya rata-rata untuk gelar di universitas Harvard adalah sekitar 221.000 USD, sedangkan biaya rata-rata gelar di universitas Oxford adalah sekitar 173.000 USD, yang membuat Harvard lebih mahal.

  • Apa universitas terkaya di dunia?

Universitas Harvard dianggap sebagai universitas terkaya di dunia karena memiliki 40,9 miliar USD menurut peringkat dana abadi.

 

Rekomendasi bimbingan kuliah di luar negeri

Ingin bisa lolos beasiswa S2 di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Oxford vs Harvard