Oxford vs Stanford: Mana yang Lebih Unggul?

Posisi global kedua universitas Oxford vs Stanford relatif setara satu sama lain. Stanford University menduduki peringkat ketiga berdasarkan US News 2023, Times Higher Education 2023, dan QS World University 2023. Sementara, University of Oxford menduduki peringkat pertama menurut Times Higher Education 2023, lalu keempat berdasarkan QS World University 2023, dan kelima oleh US News 2023. Tentu menarik bukan Hunters?

Oleh karenanya, bagi pelajar internasional, aspek lain yang dapat dipertimbangkan saat merencanakan untuk mendaftar di salah satu dari kedua universitas tersebut ada berbagai macam. Berikut ini Schoters telah merangkum beberapa perbandingan antara Oxford vs Stanford untuk menentukan mana yang lebih unggul diantara keduanya.

 

Mengapa Belajar di Universitas Stanford?

Amerika Serikat adalah salah satu tujuan studi paling populer di kalangan pelajar internasional. Universitas ini memiliki lebih dari 70 jumlah peneliti. Koleksi e-book yang lebih besar. Lalu peringkat kelayakan kerja lulusan yang lebih baik. Persyaratan skor ujian yang kurang ketat untuk kemahiran bahasa Inggris. Peringkat MBA yang lebih baik dan gaji rata-rata tertimbang sesuai Financial Times, peringkat MBA global (2020).

Universitas Stanford berada di jantung Silicon Valley California Utara, yang merupakan rumah bagi Yahoo, Google, Hewlett-Packard, dan banyak perusahaan teknologi mutakhir kelas dunia. Universitas Stanford juga dijuluki “pabrik miliarder”, karena ada banyak orang mengatakan jika lulusan Stanford membentuk negara mereka sendiri, negara itu akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar dunia. Rata-rata gaji alumni lulusan Stanford mencapai US$73,900 atau setara dengan Rp 1 miliar.

Universitas Stanford didirikan pada tahun 1885 oleh senator California Leland Stanford dan istrinya, Jane. Stanford merupakan salah satu kampus terbesar di AS, dengan 18 lembaga penelitian interdisipliner dan tujuh fakultas, yaitu Sekolah Pascasarjana Bisnis; Sekolah Ilmu Bumi, Energi & Lingkungan; Sekolah Pascasarjana Pendidikan; Sekolah Teknik; Sekolah Humaniora dan Ilmu Pengetahuan; Sekolah hukum; dan Fakultas Kedokteran.

 

Baca juga: ingin kuliah di Stanford university? ini tips yang harus kamu tahu

 

Mengapa Belajar di Universitas Oxford?

Tingkat penerimaan yang lebih tinggi dan persentase pelajar internasional lebih banyak. Lebih dari 30.000 USD biaya studi lebih rendah. Lebih banyak anggaran dihabiskan untuk penelitian. Lebih banyak pilihan program doktor. Lebih urban karena terintegrasi dengan kota yang ramai.

Universitas Oxford merupakan universitas tertua di dunia. Sistem pengajaran di kampus tersebut diperkirakan sudah ada sejak abad ke 11. Universitas Oxford terletak di kota Oxford, Inggris. Kampus ini juga bagian dari anggota inti Europaeum dan salah satu dari “segitiga emas” universitas di Inggris. Alumni terkenal Universitas Oxford antara lain Bill Clinton, yang merupakan presiden ke-42 Amerika Serikat; dan ilmuwan ternama Stephen Hawking.

 

Baca juga: Ingin kuliah di Oxford university? Ini daftar jurusan yang harus kamu tahu

 

Oxford vs Stanford : Mana yang terbaik?

Saat membuat aplikasi untuk salah satu universitas, kamu harus ingat bahwa mendapatkan visa pelajar ke AS lebih sulit daripada mendapatkan visa pelajar ke Inggris. Selain itu, kamu dapat membuat keputusan berdasarkan program yang ingin Hunters kejar. Di mana Stanford berperingkat lebih baik untuk Administrasi Bisnis, Psikologi, Studi Lingkungan, dan lainnya. Sedangkan program di Oxford seperti Farmasi, Arkeologi, Ilmu Klinis.

Bersamaan dengan ini, jika anggaran menjadi salah satu perhatian Hunters, belajar di Inggris lebih murah daripada Amerika Serikat. Ada lebih banyak beasiswa pelajar internasional yang tersedia di Inggris sementara beasiswa yang ditawarkan di AS untuk pelajar internasional jumlahnya relatif lebih sedikit. Penting bagi pelajar internasional untuk memiliki pendekatan holistik ketika ingin belajar di dua tujuan studi yang berbeda. Setiap aspek perbandingan harus dianalisis sesuai kondisi keuangan kamu dan pilihan program.

 

Rekomendasi bimbingan kuliah di luar negeri

Ingin bisa kuliah di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Oxford vs Stanford