5 Perbedaan American English dan British English Wajib Tahu!

Meski sama-sama bahasa Inggris, ternyata terdapat beberapa perbedaan American English dan British English yang memiliki arti berlawanan satu dengan lainnya. Perbedaan ini muncul karena adanya faktor sejarah yang panjang.

Sebagaimana kita tahu, penduduk Amerika Serikat pada awalnya adalah para penduduk Inggris dan negara Eropa lainnya yang bermigrasi ke Amerika Serikat pada abad ke 16. Semakin lama, Amerika Serikat semakin maju dan menjadi banyak tujuan para imigran yang memiliki bahasa ibu yang berbeda-beda.

Bahasa ibu yang berbeda-beda inilah yang membuat bahasa Inggris di Amerika Serikat perlahan berubah, terutama bahasa Spanyol dan Prancis. Selain itu, faktor sosial seperti pendidikan dan budaya juga mempengaruhi perubahan bahasa ini.

Pada artikel ini, kita akan membahas 5 perbedaan yang ada di bahasa Inggris Amerika dan Inggris. Tak hanya pada kosakata atau arti yang berbeda saja, tapi juga pada ejaan, pelafalan, tanda baca, tata bahasa, hingga sertifikasi kecakapan berbahasa Inggris.

Mengetahui berbagai perbedaan ini tak hanya membantu kalian mengerti arti yang sesungguhnya, tapi juga menghindari kesalahpahaman, membantu konsistensi, serta agar kalian bisa membedakan dan menentukan bahasa Inggris versi mana yang akan menjadi fokus kalian.

  1. Ejaan

Perbedaan paling mencolok antara American English dan British English terletak pada ejaan. Misalnya, American English menggunakan “color” sedangkan British English menggunakan “colour”. American English juga menggunakan “center” sedangkan British English menggunakan “centre”. Perbedaan ejaan ini mungkin membingungkan bagi orang yang belajar bahasa Inggris karena keduanya benar-benar berbeda.

  1. Pelafalan

Selain ejaan, ada juga perbedaan dalam pelafalan antara American English dan British English. Misalnya, American English sering mengucapkan “tomato” dengan aksen pada suku kata pertama, sementara di British English suku kata kedua lebih diacu. Begitu pula dengan kata “advertisement”, di American English diucapkan “ad-ver-ties-muhnt” sementara di British English diucapkan “ad-ver-tize-muhnt”.

  1. Kosakata

Terdapat beberapa kosakata yang berbeda antara American English dan British English. Misalnya, kata “truck” digunakan di American English sedangkan di British English digunakan kata “lorry”. Demikian pula, kata “apartment” digunakan di American English sementara di British English digunakan “flat”. Ada juga kata-kata yang sama namun berbeda arti, seperti “biscuit” yang berarti “cookie” di American English, namun berarti “cracker” di British English.

Baca Juga: Aplikasi Yang Cocok Untuk Belajar Bahasa Inggris

  1. Tanda baca

Perbedaan lain antara American English dan British English adalah dalam penggunaan tanda baca. Misalnya, di American English, tanda kutip sering digunakan dengan gaya “double quotes”, sedangkan di British English, tanda kutip lebih sering menggunakan gaya ‘single quotes’. Begitu pula dengan tanda koma, di American English sering digunakan tanda koma setelah kata “and” dalam daftar, sedangkan di British English tidak.

  1. Tata bahasa

Terdapat beberapa perbedaan British English dan American English dalam hal tata bahasa atau grammar. Misalnya, di American English, kata kerja majemuk biasanya dianggap sebagai tunggal dan diikuti oleh kata kerja tunggal, sedangkan di British English, kata kerja majemuk dianggap sebagai jamak dan diikuti oleh kata kerja jamak. Sebagai contoh, di American English, “Microsoft is releasing a new product” dianggap benar, sedangkan di British English dianggap salah dan harus menjadi “Microsoft are releasing a new product”.

Baca Juga: Tips Belajar Grammar

  1. Sertifikasi bahasa

Ada beberapa tes sertifikasi bahasa Inggris yang diakui secara internasional, seperti TOEFL, IELTS, dan Cambridge English Exams. Meskipun sertifikasi bahasa Inggris ini dapat diterima oleh institusi di seluruh dunia, ada perbedaan dalam persyaratan dan format ujian antara American dan British English. Sebagai contoh, TOEFL lebih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan di Amerika Serikat, sedangkan IELTS lebih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan di Inggris dan Australia.

Rekomendasi Bimbingan Belajar Perbedaan American English dan British English

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya tentang kuliah di Prancis bersama Schoters!

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)