Kenali Perbedaan Do, Does, Did, dan Done dalam Bahasa Inggris

Hunters tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata – kata do, does, did, ataupun done. Penggunaan keempat kata tersebut sering kali masih membingungkan orang yang awam dalam belajar bahasa Inggris. Bisa digunakan sebagai kata kerja (verbs) ataupun kata kerja bantu (auxiliary verb). Bagaimana penggunaannya dalam kalimat ya? Simak uraian di bawah ini!

Do

Do memiliki dua pengertian, pertama sebagai kata kerja dan kedua dalam tatanan grammar, do berperan sebagai auxiliary verb untuk menunjang kata kerja lainnya. Itulah mengapa do bisa berdiri sendiri sebagai verb biasa dan di waktu lain menjadi pelengkap bagi kata kerja lainnya. Do biasanya berperan sebagai auxiliary verb jika didahului oleh subjek I, you, we, dan they.

Contoh:

  1. You do all the group assignments solely. (do bertindak sebagai verb biasa)
  2. They don’t understand what you say. (do bertindak sebagai auxiliary verb)

 

Does

Does memiliki kedudukan yang sama dengan do, hanya saja does tidak memerankan peran ganda seperti do. Satu – satunya peran does adalah sebagai auxiliary verb untuk subjek nama orang, he, she, dan it.

Contoh:

  1. He does his homework everyday.
  2. She doesn’t know how to break up with her boyfriend who likes to hit her.

 

Did

Did tidak seperti do dan does yang memiliki fungsi berbeda tergantung subjek yang mendahuluinya. Kata kerja ini bisa bertindak sebagai verb 2 dari kata kerja biasa do”, juga bisa menjadi auxiliary verb bagi subjek pada bentuk kalimat past tense.

Contoh:

  1. You did the job better than me. (did sebagai verb biasa)
  2. I didn’t do the job better than half of class. (did sebagai auxiliary verb)

 

Doing

Merupakan bentuk verb-ing dari kata kerja “do”. Akan tetapi kata doing juga bisa menjadi gerund yang mengawali penjelasan tentang kondisi.

Contoh:

  1. She’s doing her job in a deep focus. (doing sebagai verb biasa)
  2. How are you doing? Are you doing well? (doing sebagai gerund)

 

Done

Kata yang menunjukan peristiwa atau kejadian yang telah berlalu baik secara present maupun past tense. Fungsinya bisa sebagai kata sifat yang berarti sesuatu sudah selesai tuntas (I am done), bisa juga berfungsi sebagai kata kerja ketiga atau verb 3 atau past participle dalam kalimat present perfect (I have done my job), Berfungsi sebagai kata kerja ketiga atau verb 3 atau past participle dalam kalimat past perfect (I had done it yesterday).

 

Baca Juga: 20 Tips Ampuh Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula!

 

Penggunaan Do, Did, dan Does

Seperti penjelasaan pembuka, kata do dapat berperan sebagai kata kerja bentuk pertama yang memiliki arti mengerjakan atau melakukan. Kata ini digunakan pada kalimat dengan bentuk present tense dan future tense. Kata do dapat diterapkan sebagai kalimat positif, negatif bahkan kalimat interogatif.

Sementara did merupakan kata kerja bentuk kedua dari do dan does yang dapat digunakan sebagai kalimat dengan bentuk past tense. Kata did dapat diterapkan sebagai kata kerja utama, kata kerja bantu, dan semua kata ganti.

Sedangkan penggunaan does sebagai kata kerja bentuk pertama memiliki arti yang sama dengan do. Does penggunaannya dapat diterapkan dalam bentuk kalimat positif, negatif dan introgatif. Akan tetapi, penggunaan kata kerja does hanya dapat digunakan pada kalimat bentuk present tense saja.

 

Fungsi Lain Do, Did, dan Does

Ada satu fungsi khusus yang dimiliki do, did, dan does, yaitu untuk menyatakan kesungguhan. Contohnya seperti:

  1.  I do writing a long chat and send it to her.
  2.  She does finish her assignment just 30 minutes before the teacher come.
  3.  I did listening to you! I was just too busy to respond!

 

Baca Juga: Kenali Duolingo English Test yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Rekomendasi Bimbingan Bahasa Inggris di Schoters

Butuh bimbingan Bahasa Inggris terpercaya? Join Kelas Bahasa Inggris by Schoters. Konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)