Grammar 101: Perbedaan Grammar dan Vocab untuk Pemula

Dalam tata bahasa Inggris, terdapat beberapa struktur yang harus kamu ketahui. Beberapa hal yang krusial antara lain grammar dan vocab. Tapi apakah perbedaan dari grammar dan vocab sendiri? Yuk kita bahas satu persatu bersama Schoters melalui Grammar 101: Perbedaan Grammar dan Vocab.

Pengertian Grammar

Sebelum kita lebih lanjut ke pembahasan yang lebih rinci, kamu harus tahu definisi grammar terlebih dahulu. Jadi, grammar adalah sebuah sistem menyusun kata dalam bahasa Inggris. Sama halnya seperti SPOK dalam bahasa Indonesia.

Namun sama halnya dengan seluruh bahasa di dunia, grammar sendiri tidak hanya terdiri dari “SPOK” saja, melainkan sudah banyak bentuk, jenis dan kegunaan. Terlebih ketika digunakan dalam situasi yang berbeda-beda. Selain kamu harus memperhatikan grammar, satu hal lain yang membuat kemampuan bahasa Inggrismu berkembang adalah vocab.

          Baca Juga: Kenali Perbandingan Biaya Kursus Bahasa Inggris

 

Pengertian Vocab

Vocab adalah kosa kata. Jadi semakin banyak kosa kata bahasa Inggris yang kamu ketahui, semakin kaya pula grammar dan ungkapan yang kamu kuasai. Vocab sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya:

1. Active Vocab

Merupakan kosa kata yang langsung dapat dimengerti artinya dan digunakan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

2. Passive Vocab

Jenis kosa kata yang kita kenali artinya namun jarang atau tidak digunakna secara umum dalam berkomunikasi sehari-hari.

3. Expressive Vocab

Kosa kata yang bisa digunakan dalam speaking dan writing. Kosa kata ini membantu kita untuk mengungkapkan pemikiran atau apa yang kita rasakan.

4. Receptive Vocab

Merupakan kosa kata yang biasa kita pahami di reading dan listening, atau semua kota kata yang kita dapat ketika menerima informasi.

Melalui dua penjelasan di atas, apakah kamu sudah menangkap perbedaan grammar dan vocab? Lalu kenapa sih kamu harus belajar perbedaan grammar dan vocab ini?

Mana yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu, Grammar ataukah Vocab?

Grammar dan vocab merupakan kedua hal yang paling mendasar dalam belajar bahasa Inggris (ataupun dengan bahasa lainnya). Sama halnya ketika kita belajar Indonesia, jika kamu tidak tahu aturan bahasanya, ucapanmu akan sulit dimengerti. Sedangkan jika kamu tidak tahu banyak kosakata maka kamu akan kesulitan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu grammar dan vocab itu penting.

Karena sama pentingnya, kamu dianjurkan untuk mempelajari keduanya secara bersamaan ya. Jika kesulitan, kamu bisa menjadwalkan belajar harianmu untuk dua materi tersebut ya.

          Baca Juga: Penting! 7 Manfaat Kursus Bahasa Inggris

3 Cara Meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocab

Berlatih dan belajar bahasa baru tentunya gampang-gampang susah. Kamu harus konsisten dan punya jadwal tertentu untuk membantumu melihat progres dari hasil belajarmu. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan grammar dan vocab!

1. Pakai subtitle bahasa Inggris 

Apakah kamu suka nonton film atau series Netflix? Yups, kamu bisa banget menambah banyaknya kosa katamu dengan cara yang fun dan simple loh. Sembari kita menonton film, kamu juga bisa mengingat lebih banyak kosa kata dan konteks artinya dalam percakapan. Terlebih, beberapa kosa kata di film lebih banyak kamu temui di percakapan sehari-hari.

2. Berkomunikasi dengan komunitas di media sosial

Di era serba social media ini, kamu bisa memanfaatkan komunitas belajar bahasa Inggris gratis yang banyak bertebaran dimana-dimana. Selain kamu bisa menambah kosa kata, kamu juga dapat memperhatikan struktur kalimat apa saja yang sering terjadi dalam percakapan ya.

3. Ikut kursus privat

Bagi kamu yang memang belajar mulai dari nol dan tetap kesulitan untuk melakukan tips di atas, kamu dianjurkan untuk ikut kursus privat yang memiliki kurikulum dan jadwal yang jelas. Terlebih bagi kamu yang kesulitan untuk membagi waktu sekolah atau kerja.

Rekomendasi Bimbingan Belajar Bahasa Inggris: Grammar dan Vocab bareng Schoters

Bagi kamu yang tertarik untuk ikut kursus privat untuk lebih tahu tentang perbedaan grammar dan vocab, yuk ikuti les bahasa Inggris bersama Schoters berikut!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)