PTE Academic: Struktur Tes, Biaya, dan Perbedaannya dengan Tes Lain

PTE Academic atau Pearson Test of English Academic adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris yang digunakan oleh banyak institusi dan organisasi di seluruh dunia untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Tes ini sangat populer di kalangan siswa internasional yang ingin belajar di luar negeri, pekerja migran, dan calon imigran yang ingin pindah atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Informasi Umum PTE Academic

PTE Academic dibuka untuk umum pada tahun 2009 ketika Pearson, perusahaan pendidikan multinasional yang berbasis di Inggris, meluncurkan tes ini sebagai alternatif bagi tes kemampuan bahasa Inggris yang sudah ada saat itu. Tujuan utama pembuatan tes ini adalah untuk memberikan tes yang lebih adil dan akurat dalam menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang. Selain itu, tes ini juga menyediakan hasil tes yang lebih cepat dan mudah diakses melalui internet.

Baca Juga: Penasaran Dengan Perbedaan TOEFL, IELTS,TOEIC dan PTE? Buruan Cek Sekarang

Perbedaan PTE Academic dengan Tes Lain

Perbedaan utama antara PTE Academic dengan tes kecakapan bahasa Inggris lainnya adalah pada metodenya. PTE Academic menggunakan komputer dalam mengukur kecakapan bahasa Inggris seseorang. Selain itu, tes ini juga mengukur kemampuan berbicara secara akurat dan objektif dengan menggunakan teknologi pengenalan suara. Oleh karena itu, hasil tes yang dihasilkan oleh PTE Academic cenderung lebih adil dan akurat daripada tes kemampuan bahasa Inggris lainnya yang menggunakan penilaian penguji untuk menentukan nilainya.

Struktur Tes

Struktur tes PTE Academic terdiri dari tiga bagian utama: Speaking and Writing, Reading, dan Listening. Setiap bagian terdiri dari beberapa jenis tes yang berbeda, yang dijelaskan di bawah ini:

1. Speaking and Writing

Pada tes ini, peserta tes harus melakukan beberapa kegiatan untuk mengukur kecakapannya berbahasa Inggris di bawah ini:

  1. Read Aloud: peserta membaca teks yang sudah disediakan secara lisan dengan intonasi yang tepat dan jelas dengan keras dihadapan komputer
  2. Repeat Sentence: peserta mengulangi kalimat yang sudah didengarnya sesuai pemahamannya atau ingatannya
  3. Describe Image: peserta menjelaskan gambar, grafik, atau diagram dalam waktu 40 detik
  4. Retell Lecture: peserta diminta untuk mengulangi kembali informasi dari sebuah kuliah atau presentasi
  5. Answer Short Question: peserta menjawab pertanyaan singkat dalam waktu 10 detik
  6. Write Essay: peserta menulis sebuah esai dengan topik yang sudah diberikan

2. Reading

Untuk mengukur kecakapan membaca para peserta tes, kalian harus melakukan beberapa kegiatan yang terkait dengan kecakapan membaca dan logika peserta tes di bawah ini:

  1. Fill in the Blanks: peserta diminta mengisi kekosongan dalam sebuah teks dengan kata yang tepat
  2. Multiple Choice, Choose Single Answer: peserta memilih satu jawaban yang tepat dari beberapa pilihan yang disediakan
  3. Multiple Choice, Choose Multiple Answers: peserta memilih lebih dari satu jawaban yang tepat dari beberapa pilihan yang disediakan
  4. Reorder Paragraphs: peserta diminta menyusun ulang sebuah urutan paragraf yang telah diacak
  5. Reading and Writing, Fill in the Blanks: peserta diminta mengisi kekosongan dalam sebuah teks dengan kata yang tepat

3. Listening

  1. Summarize Spoken Text: peserta diminta untuk menulis sebuah ringkasan dari sebuah teks yang didengar
  2. Multiple Choice, Choose Single Answer: peserta memilih satu jawaban yang tepat dari beberapa pilihan yang disediakan
  3. Fill in the Blanks: peserta diminta mengisi kekosongan dalam sebuah teks dengan kata yang tepat
  4. Highlight Correct Summary: peserta diminta untuk memilih ringkasan yang paling sesuai dari beberapa pilihan yang disediakan
  5. Multiple Choice, Choose Multiple Answers: peserta memilih lebih dari satu jawaban yang tepat dari beberapa pilihan
  6. Select Missing Word: peserta diminta untuk memilih kata yang hilang dari sebuah teks yang didengar

Total waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tes adalah 3 jam atau 180 menit. Setiap bagian memiliki waktu yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Speaking and Writing: 77-93 menit
  2. Reading: 32-41 menit
  3. Listening: 45-57 menit

Penilaian pada tes PTE Academic menggunakan teknologi komputer, yang disebut dengan Automated Scoring. Artinya, mesin akan melakukan evaluasi atau penilaian secara otomatis terhadap jawaban peserta berdasarkan beberapa faktor seperti grammar, spelling, vocabularies, pronunciation, dll. Setiap jawaban akan diberi skor yang dapat diakumulasikan menjadi skor total.

Untuk setiap bagian tes, skor yang diperoleh akan ditunjukkan dengan level kemahiran berbahasa, yaitu:

  1. Expert (90-100)
  2. Very good (79-90)
  3. Good (65-79)
  4. Fair (50-65)
  5. Limited (30-50)
  6. Weak (10-30)
  7. Very Weak (0-10)

Baca Juga: Ini Dia 11 Panduan Agar Meningkatkan Skor IELTS Speaking Untuk Kamu

Mengikuti Tes PTE Academic

Biaya untuk mengikuti tes PTE Academic dapat bervariasi tergantung dari negara tempat kalian mengambil tes. Di Indonesia, biaya untuk mengikuti tes PTE Academic adalah sekitar USD 170.

Namun, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terbaru langsung dari situs resmi PTE Academic melalui penyelenggara resminya yakni Pearson VUE. Kalian juga mengikuti tes PTE Academic di tempat lain seperti IALF.

Kalian bisa mengikuti tes PTE Academic di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Yogyakarta. Tes PTE Academic tersedia sepanjang tahun, sehingga kalian dapat mendaftar untuk tes pada waktu yang paling sesuai dengan jadwal kalian. Namun, disarankan untuk mendaftar secepatnya karena tempat untuk tes mungkin terbatas pada waktu-waktu tertentu dan terisi cepat karena kursi tes yang terbatas.

 

Rekomendasi Bimbingan Bahasa Inggris di Schoters

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join bimbingan bahasa inggris di Schoters. konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)