Layanan Schoters TOEFL iBT dan ITP, Apa Bedanya?

Tips & Trik, 05 Okt 2022

Bagi yang sudah cukup lama belajar bahasa Inggris, kemungkinan besar kamu sudah tidak asing lagi dengan TOEFL. Melalui artikel ini, Schoters akan menjelaskan tentang TOEFL, jenis-jenis tes TOEFL, beserta tips nya!

Apa itu TOEFL?

Kalau diterjemahkan, TOEFL adalah tes untuk menilai skill bahasa Inggris seseorang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language.

Nah, tes TOEFL terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu iBT dan ITP. Memangnya, apa perbedaan keduanya? Ulasannya bisa kamu cari tahu di bawah ini, ya. Namun, yang jelas, baik untuk tes iBT maupun ITP, kamu bisa mengikuti keduanya melalui layanan Schoters TOEFL!

Perbedaan TOEFL iBT dan ITP

Sebelum membahas layanan Schoters TOEFL iBT dan ITP, mari simak dulu perbedaan antara TOEFL iBT dan ITP. Keduanya memiliki perbedaan dari jenis tes yang diberikan, skor penilaian, bahkan kegunaan. 

  1. Tujuan

TOEFL iBT (Internet Based Test) adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris secara online. Sedangkan, TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah tes yang biasanya digunakan sebagai syarat akademis atau untuk melamar sebuah pekerjaan. TOEFL iBT sendiri bisa berlaku internasional, sedangkan TOEFL ITP hanya bisa dipakai untuk instansi di Indonesia saja.

          Baca Juga: Tes TOEFL untuk Persyaratan Beasiswa

  1. Jenis tes

Karena beda kegunaan seperti yang dijelaskan di atas, tentu ada perbedaan dari segi tes yang diberikan TOEFL iBT maupun ITP. Pada TOEFL iBT, jenis tes yang diberikan berupa reading, listening, writing, bahkan juga speaking. Sedangkan untuk TOEFL ITP, tes yang diberikan lebih sederhana, yakni tentang structure and written expression, learning comprehension, dan vocabulary and reading comprehension.

Lamanya waktu tes juga berbeda antara TOEFL iBT dan ITP. TOEFL iBT cenderung lebih lama, yakni sampai 4,5 jam. Sedangkan TOEFL ITP hanya berdurasi 115 menit untuk level 1 dan 70 menit untuk level 2.

  1. Skor penilaian

Untuk skor penilaian, range skor TOEFL iBT ialah 0-120 yang dibagi ke dalam empat aspek penilaian, yakni writing, reading, speaking, dan listening. Masing-masing memiliki bobot penilaian 0-30. Untuk TOEFL ITP sendiri, range skor tes ialah 330-667.

          Baca Juga: Mengenal TOEFL iBT dan Tips Meraih Skor Tinggi

  1. Biaya tes 

Biaya tes sendiri berbeda antara TOEFL iBT dan ITP, di mana untuk tes TOEFL iBT berkisar sekitar Rp2,5 juta atau lebih. Sedangkan untuk tes TOEFL ITP berkisar sekitar Rp475 ribu hingga Rp600 ribu.

Bimbingan Schoters TOEFL iBT dan ITP

Nah, sebelum melakukan tes TOEFL, baik iBT maupun ITP, ada baiknya kamu melakukan bimbingan agar bisa menghasilkan skor yang memuaskan. Pasalnya, melakukan tes TOEFL tidaklah murah. Karena itu, akan sayang jika kamu menjalani tes tanpa persiapan sehingga mendapatkan hasil yang minim.

Kelebihan Bimbingan Schoters TOEFL

Kamu bisa mendapatkan bimbingan bahasa Inggris TOEFL iBT dan ITP ini di Schoters. Bimbingan Schoters TOEFL iBT dan ITP menawarkan berbagai pelatihan dengan layanan yang maksimal, mulai dari layanan berbasis kurikulum, bimbingan oleh tutor, hingga simulasi tes untuk tahu perkembanganmu. Schoters TOEFL iBT Preparation dan TOEFL ITP Preparation ini akan membantumu dengan metode belajar 1-on-1 tutoring dan kelas online inetraktif sehingga kamu bisa belajar di mana pun dan kapan pun.

Kurikulum Persiapan TOEFL

Di Schoters TOEFL iBT Preparation dan TOEFL ITP Preparation sendiri, layanan yang diberikan kurang lebih sama. Namun, terdapat sedikit perbedaan, yakni di bagian kurikulum yang diberikan. Pasalnya, materi tes yang diberikan pada dua jenis TOEFL ini berbeda, sehingga bimbingan akan mengikuti kurikulum sesuai dengan jenis TOEFL masing-masing.

Ikuti Bimbingan TOEFL bersama Schoters!

Jadi, tunggu apa lagi, tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu sekarang juga dengan mengikuti layanan Schoters TOEFL iBT Preparation dan TOEFL ITP Preparation! Dua layanan ini  bisa membantumu meraih cita-cita di universitas yang kamu idamkan ataupun pekerjaan impian. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa klik di sini

bimbingan kuliah luar negeri