Sejong University: General Info, Jurusan, hingga Beasiswanya

Berkesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri merupakan harapan bagi pelajar internasional. Tidak heran, jika setiap tahunnya banyak dari mereka mencari universitas bereputasi global di berbagai negara destinasi, salah satunya Korea. Di kota Seoul, terdapat sejumlah universitas yang memiliki rekam jejak akademis tingkat global untuk bidang teknologi informasi (TI), sains dan teknologi, serta seni.

Seoul pun juga digolongkan ke dalam 10 kota pelajar teratas di dunia. Selain itu, banyak ahli percaya bahwa Asia akan memimpin sektor penting global pada abad ke-21 dan Korea akan memainkan peran kunci dalam bidang bisnis, politik, budaya, dan pendidikan. Salah satu universitas terbaik Korea yang berlokasi di Seoul adalah Sejong University.

Universitas yang berdiri sejak 1940 ini memiliki 10 kampus dengan kapasitas 11.000 mahasiswa program sarjana dan 2.500 mahasiswa program pascasarjana. Saat ini, Sejong University menempati peringkat ke-9 universitas teratas di Korea, seperti dimuat dalam Times Higher Education dan termasuk deretan universitas 560 teratas versi QS World University Rankings 2023. Universitas ini pun telah menjalin afiliasi selama bertahun-tahun dengan lebih dari 250 universitas di seluruh dunia.

Pilihan program gelar

Sebagai universitas papan atas Asia, Sejong University menawarkan beragam pilihan program studi dalam jenjang sarjana dan pascasarjana (master dan doktoral), berikut detail pilihan program gelarnya:

1. Program sarjana

  1. Seni Liberal (Literasi dan Bahasa Korea, Studi Internasional, Sejarah, Pendidikan, Fakultas Hukum)
  2. Ilmu Sosial (Perdagangan dan Ekonomi, Administrasi Publik, Media dan Komunikasi)
  3.  Administrasi Bisnis (Fakultas Administrasi Bisnis)
  4. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata (Fakultas Manajemen Perhotelan, Pariwisata, dan Layanan Pangan)
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas Matematika dan Statistika, Fisika dan Astronomi, Kimia)
  6. Ilmu Hayati (Fakultas Sistem Biologi)
  7. Teknologi Informasi dan Elektronika (Teknik Listrik)
  8. Teknologi Konvergen dan Perangkat Lunak (Teknik dan Ilmu Komputer, Komputer dan Keamanan Informasi, Perangkat Lunak, Ilmu Data, Fakultas Mekatronik Intelijen, Teknik, Studi Kreatif)
  9. Teknik (Fakultas Teknik Arsitektur, Teknik Sipil dan Lingkungan, Geoinformatika, Energi, dan Lingkungan, Teknik Sumber Daya Mineral dan Energi, Fakultas Mekanik dan Teknik Luar Angkasa, Teknologi Nano dan Teknik Material Lanjutan, Teknik Energi Nuklir)
  10. Seni dan Pendidikan Jasmani (Seni Lukis, Desain Fashion, Musik, Pendidikan Jasmani, Tari, Seni Film)

2. Program pascasarjana

  1. Seni Liberal (Literasi dan Bahasa Korea, Literasi dan Bahasa Inggris, Literasi dan Bahasa Jepang, Pendidikan, Sejarah)
  2. Ilmu Sosial (Perdagangan dan Ekonomi, Administrasi Publik, Seni Komunikasi)
  3. Administrasi Bisnis (Bisnis dan Akuntansi)
  4. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata (Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Manajemen Layanan Pangan dan Kuliner)
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (Matematika dan Statistika, Fisika, Astronomi dan Ilmu Ruang Angkasa, Kimia)
  6. Ilmu Hayati (Biologi Molekuler, Ilmu Pangan dan Bioteknologi, Biosains dan Bioteknologi, BIoteknologi Tanaman)
  7.  Teknologi Informasi dan Elektronika (Teknik Listrik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Optik, Teknik dan Ilmu Komputer, Komputer dan Keamanan Informasi, Konvergensi Perangkat Lunak)
  8. Teknik (Arsitektur, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil dan Lingkungan, Energi dan Lingkungan, Teknik Geoinformasi, Teknik Sumber Daya Mineral dan Energi, Teknik Mekanik, Teknik Luar Angkasa, Teknologi Nano dan Teknik Material Lanjutan, Teknik Energi Nuklir)
  9. Seni dan Pendidikan Jasmani (Seni Lukis, Desain, Musik, Pendidikan Jasmani, Tari, Desain Fashion, Animasi, Seni Film)
  10.  Program Multidisiplin (Pertunjukan, Film & Animasi, Perubahan Iklim, Studi Perkotaan & Real Estate, Teknologi Sistem Pertahanan, Teknologi Bioindustri)

 

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Hangul Korea Untuk Pemula

 

3. Program khusus pascasarjana

  1. Sekolah Bisnis Pascasarjana (Program MBA Bisnis Internasional)
  2. Sekolah Kebijakan Publik Pascasarjana (Program Studi Asia)
  3. Sekolah Industri Pascasarjana (Manajemen Perhotelan, Manajemen Properti Real Estate, Manajemen Resort & Golf, Industri Distribusi)

Bagi Hunters yang telah lulus program studi, kelak dapat bekerja di beragam perusahaan Korea, terutama bagi lulusan jurusan Teknologi dan Sains. Hunters juga dapat bekerja paruh waktu setelah menetap selama 6 bulan di Korea. Sejong University juga menyediakan program kuliah dalam bahasa Inggris, namun sangat dianjurkan untuk mengambil program bahasa Korea sebelum memulai kuliah agar dapat beradaptasi dengan baik selama menetap di Korea.

 

Syarat pendaftaran di Sejong University Korea

Persyaratan masuk di Sejong University Korea, meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum yaitu kemahiran berbahasa Inggris dan Korea bagi calon mahasiswa internasional, baik untuk program gelar sarjana maupun pascasarjana, seperti dirinci berikut ini:

1. Kemahiran bahasa inggris

  1. IELTS Akademik – nilai minimum 5.5 dalam aspek membaca, menulis, mendengar, dan berbicara
  2. TEPS – nilai minimum 600
  3. PTE Akademik – nilai total 53
  4. TOEFL IBT – total nilai minimum 80
  5. TOEFL PBT – nilai minimum 550
  6. TOEFL CBT– nilai minimum 210

2. Kemahiran bahasa korea

  1. Level 2 – untuk jurusan Tari dan Musik
  2. Level 3 – untuk jurusan Inovasi Desain Komik dan Teknologi Animasi, jurusan seni lainnya
  3. Level 4 – semua jurusan lain

Persyaratan khusus dirinci sebagai berikut:

  1. Program Sarjana – telah lulus masa pendidikan formal setidaknya 12 tahun (di tingkat SD, SMP, SMA/setara) sebelum masa pendaftaran masuk di Sejong University, atau telah menyelesaikan seluruh program pendidikan tingkat menengah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Korea
  2. Program Pascasarjana (master/doktoral) – telah bekerja/berpenghasilan sebelum pendaftaran masuk dan merupakan lulusan program sarjana/master dari masa perkuliahan 4 (empat) tahun di universitas asalnya

 

Baca Juga : Intip Beasiswa Yonsei University Underwood International Collage

 

Biaya kuliah di Sejong University Korea

Bila dibandingkan dengan biaya kuliah yang berlaku di universitas – universitas global berbahasa Inggris, biaya kuliah di Universitas Korea jauh lebih terjangkau. Tidak hanya itu, biaya kuliah yang diberlakukan bagi mahasiswa internasional di universitas ini tidak dibedakan dengan mahasiswa lokal. Hal ini juga merupakan faktor finansial yang membedakan universitas – universitas di Korea dengan universitas – universitas di Eropa.

Beasiswa kuliah di Sejong University

Jika Hunters ingin menempuh studi dengan beasiswa, kamu bisa loh coba apply Sejong University Graduate Scholarship, berikut ulasannya:

1. Jenis Pendanaan

Parsial (100% pembebasan uang kuliah)

2. Kelayakan

  1. Seseorang yang telah menerima gelar sarjana dari universitas penuh waktu yang berbasis di atau di luar Korea (S2/S2-S3)
  2. Seseorang yang telah menerima gelar master dari universitas penuh waktu yang berbasis di atau di luar Korea (S3)

3. Keuntungan

Berhak mendapatkan beasiswa sebesar 85% dari biaya kuliah. Namun, beasiswa penuh (100% dari biaya masuk + biaya kuliah) dapat diberikan untuk semester pertama

4. Disiplin Ilmu dan Jurusan

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Astronomi
  2. Teknik: Teknik Elektro, Mekanik, Teknik Robot, Teknik Komputer, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Dirgantara, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Lingkungan, Bioteknologi, Nanoteknologi, Rekayasa Nuklir dan Kuantum
  3. TIK: Kecerdasan Buatan
  4. Arsitektur: Arsitektur, Perencanaan Kota
  5. Perhotelan: Pariwisata, Kuliner, Manajemen Hotel

5. Catatan Dokumen

  1. Formulir aplikasi
  2. Dokumen kelayakan
  3. Sertifikat Ijazah S1 dan copy asli transkrip nilai seluruh periode yang diikuti
  4. Rencana belajar
  5. Daftar prestasi penelitian
  6. Daftar riwayat hidup
  7. Salinan paspor pemohon
  8. Setiap salinan paspor orang tua pemohon
  9. Dokumen resmi yang menunjukkan hubungan orangtua – anak
  10. Verifikasi Deposit (VOD) Pemohon minimal usd20.000 minimal 1 bulan
  11. Dokumen aplikasi beasiswa

6. Cara Daftar

Terapkan melalui aplikasi online, kirim dokumen melalui pos

Matangkan persiapan beasiswa kuliah di Sejong University 2023 bersama Schoters!

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px (1)