Simak Cara Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Popularitas Turki sebagai alternatif destinasi studi di luar negeri terus meningkat dari tahun ke tahun. Kualitas pendidikan yang mumpuni dengan pilihan program studi beragam, lingkungan yang multikultural dan ramah bagi pelajar internasional hingga kesempatan untuk mempelajari bahasa Turki secara langsung adalah sedikit dari kelebihan yang ditawarkan oleh Turki kepada pelajar internasional. Selain itu, biaya kuliah dan hidup di Turki pun sangat terjangkau bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di Turki secara mandiri, tanpa beasiswa sekalipun. Bagaimana cara kuliah di Turki tanpa beasiswa? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Serba-Serbi Kuliah di Turki

Turki memiliki 208 universitas yang menawarkan lebih dari 45 ribu program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari jenjang sarjana, master dan doktoral, kepada mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Turki. Beberapa program studi di Turki yang cukup populer di kalangan pelajar internasional adalah architecture, finance, law, engineering dan economics.

Untuk jenjang sarjana, mahasiswa biasanya harus menghabiskan waktu sekitar 4 (tahun) untuk menyelesaikan kuliah di universitas Turki, namun beberapa program studi seperti kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan biasanya memakan waktu lebih lama lagi. Bahasa pengantar utama yang digunakan di jenjang ini adalah bahasa Turki, meskipun beberapa universitas juga menggunakan bahasa pengantar lainnya seperti Inggris, Jerman, dan Perancis. Untuk jenjang pascasarjana baik Master maupun Doktoral, durasi studi, bahasa pengantar serta ketentuan lainnya dapat berbeda-beda tergantung universitas dan program studi yang dituju.   

Selain universitas, Turki juga memiliki Higher Vocational Schools yang menawarkan 2 (dua) tahun program jenjang Diploma setelah sekolah menengah atas, yang kurang lebih mirip dengan program community colleges di Amerika Serikat. Lulusan dari Higher Vocational Schools di Turki dapat melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya dengan mengikuti ujian nasional (Dikey Gecis Sinavi) yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

 

Kisaran Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki

Biaya kuliah yang diperlukan untuk studi di universitas di Turki bisa berbeda-beda, tergantung program studi, bahasa pengantar serta universitas tujuan. Secara umum, biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut :

1. Program Sarjana dalam bahasa Inggris biasanya membutuhkan biaya sekitar 450 – 1500 USD per tahun akademik

2. Program Sarjana dalam bahasa Turki biasanya membutuhkan biaya sekitar 240 – 750 USD per tahun akademik

3. Program Master dalam bahasa Inggris biasanya membutuhkan biaya sekitar 600 – 900 USD per tahun akademik

4. Program Master dalam bahasa Turki biasanya membutuhkan biaya sekitar 300 – 600 USD per tahun akademik

Selain biaya kuliah, pelajar internasional juga harus memperhitungkan biaya hidup untuk studi di Turki termasuk di antaranya :

1. Biaya keperluan hidup seperti akomodasi, makanan dan transportasi sebesar 350 – 500 USD per bulan

2. Biaya keperluan kuliah seperti buku dan biaya administrasi lainnya sebesar 100 – 150 USD per semester

3. Biaya asuransi kesehatan sebesar 40-70 USD per tahun

 

Baca Juga: Yuk Ketahui 10 Universitas Terbaik di Turki

 

4 Cara Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Ingin melanjutkan kuliah di Turki secara mandiri, tanpa menggunakan program beasiswa? Simak beberapa langkah atau cara kuliah di Turki tanpa beasiswa berikut ini.

1. Menentukan Program Studi dan Universitas Tujuan

Tentu saja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan program studi, jenjang pendidikan dan universitas tujuan di Turki. Dengan menentukan program studi, kamu sudah bisa memulai proses pendaftaran ke universitas di Turki mulai dari menyiapkan berkas yang dibutuhkan hingga menghitung biaya pendidikan dan kuliah yang harus disiapkan untuk terbang ke Turki.

2. Menyiapkan Berkas Pendaftaran

Setelah menentukan program studi tujuan, kamu bisa langsung menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sesuai dengan ketentuan universitas. Beberapa dokumen yang umumnya diminta antara lain :

1. Ijazah pendidikan jenjang sebelumnya

2. Transkrip nilai pendidikan jenjang sebelumnya

3. Surat rekomendasi dari dosen atau atasan sebelumnya

4. Hasil tes kemampuan bahasa

5. Motivation letter

6. Bukti kemampuan finansial untuk menyelesaikan pendidikan di Turki

3. Mengikuti Proses Seleksi Masuk Universitas

Setelah mengirimkan berkas pendaftaran yang dibutuhkan ke universitas, kamu biasanya akan diminta untuk mengikuti proses seleksi masuk universitas sesuai ketentuan. Untuk jenjang Sarjana, calon mahasiswa biasanya harus mengikuti Nationwide University Entrance Exam atau Ujian Masuk Universitas Nasional di Turki. Calon mahasiswa bisa mengikuti ujian ini tanpa kemampuan bahasa Turki sekalipun dan ketika lulus, universitas di Turki akan menyediakan 1 (satu) tahun language foundation untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berbahasa Turki.

Untuk jenjang pascasarjana, proses seleksi berbeda-beda tergantung program studi tujuan sehingga calon mahasiswa disarankan untuk langsung melihat ke website program studi masing-masing.

4. Mendaftar Visa Pelajar

Setelah diterima di universitas di Turki, kamu harus mendapatkan visa pelajar terlebih dahulu sebelum bisa terbang dan melanjutkan kuliah di Turki. Karena proses pengurusan visa pelajar bisa memakan waktu yang lama, kamu harus segera mengurus visa setelah menerima surat penerimaan dari universitas.

 

Baca Juga: Simak Kelebih dan Kekurangan Kuliah di Turki yang Harus Kamu Tahu!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas di Turki Tanpa Beasiswa

Ingin tahu lebih banyak tentang cara kuliah di Turki tanpa beasiswa? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus universitas di Turki? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

cara kuliah di Turki tanpa beasiswa