Ketahui Proses Pembuatan SKCK untuk Kerja di Luar Negeri

SKCK untuk kerja di luar negeri merupakan salah satu dokumen yang biasanya disyaratkan bagi orang yang ingin kerja di luar negeri. Lantas, sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan SKCK?

Untuk mengetahui hal tersebut, pada artikel ini, Schoters akan membahas informasi lengkap mengenai SKCK untuk kerja di luar negeri. Namun, untuk memulai, alangkah baiknya Hunters mengetahui apa definisi dari SKCK terlebih dahulu pada ulasan di bawah ini. Yuk, simak!

Pengertian SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK merupakan sebuah dokumen yang diterbitkan oleh kantor kepolisian. Dokumen ini berisi catatan kejahatan atau tindak kriminal yang pernah dilakukan seseorang. 

Awalnya, SKCK dikenal dengan sebutan Surat Keterangan Kelakuan Baik atau SKKB. Dokumen ini awalnya hanya dikeluarkan untuk orang yang tidak punya catatan kriminal. Namun, kini, SKCK diterbitkan karena adanya keperluan tertentu yang mensyaratkan dokumen tersebut.

 

Baca Juga: Apa Itu Surat Keterangan Kerja di Luar Negeri?

 

Syarat Pembuatan SKCK untuk Kerja di Luar Negeri

Jika Hunters ingin membuat SKCK untuk kerja di luar negeri, tentunya, ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan. Adapun dokumen yang harus dipersiapkan, antara lain, sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Kartu Keluarga (KK);
  3. Pas foto berukuran 4×6;
  4. Surat pengantar dari instansi yang bersangkutan.

 

Proses Pembuatan SKCK untuk Kerja di Luar Negeri

Setelah mengetahui definisi SKCK untuk kerja di luar negeri, pada bagian ini, Schoters akan menjelaskan proses pembuatannya, baik secara luring maupun daring. Adapun rinciannya, antara lain, sebagai berikut:

1. Luring

  1. Mengunjungi kantor polisi terdekat;
  2. Mengisi berkas pendaftaran pembuatan SKCK dan membawa fotokopi KTP dan KK;
  3. Membawa surat pengantar dari lembaga atau instansi yang membutuhkan;
  4. Melakukan pembayaran;
  5. Melakukan sidik jari dan foto diri.

 

2. Daring

  1. Membuka situs resmi pendaftaran SKCK dari di skck.polri.go.id.
  2. Kemudian, pilih menu “formulir pendaftaran” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Setelah membuka menu “formulir pendaftaran”, Hunters akan menemui kolom “jenis keperluan”. Pada kolom tersebut, pilih jenis keperluan yang sesuai.
  4. Selanjutnya, pilih wilayah untuk pemrosesan dan penerbitan SKCK. Pilih wilayah yang sesuai dengan KTP.
  5. Mengisi alamat lengkap pada kolom alamat.
  6. Pilih mekanisme pembayaran yang akan dilakukan. Untuk pembuatan SKCK secara daring, mekanisme pembayaran yang harus dipilih adalah melalui virtual account Bank BRI (BRIVA).
  7. Mengisi informasi diri pada form “Data Pribadi”, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, kewarganegaraan, agama, pekerjaan, nomor telepon, alamat, nomor identitas atau nomor paspor jika ada. 
  8. Mengunggah file foto berukuran 4×6 sesuai persyaratan yang ditentukan. 
  9. Mengisi form hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan mengunggah lampiran dokumen.

 

Baca Juga: Mengenal Visa Kerja untuk Kerja ke Luar Negeri

 

Kegunaan Pembuatan SKCK untuk Kerja di Luar Negeri

Nah, itu dia, Hunters, informasi lengkap mengenai SKCK untuk kerja di luar negeri. 

Pembuatan SKCK untuk kerja di luar negeri berguna untuk memastikan bahwa kandidat pelamar sama sekali tidak memiliki catatan kriminal, baik yang berat maupun yang ringan yang bisa merugikan perusahaan. 

Oleh karena itu, umumnya, perusahaan luar negeri akan mensyaratkan kandidatnya untuk membuat SKCK agar semua karyawan yang bekerja di perusahaan mereka bebas dari tindak kriminal.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.