Mengenal Surat Keterangan Kerja di Luar Negeri

Surat keterangan kerja di luar negeri merupakan sebuah dokumen resmi yang berisi bukti bahwa seseorang sedang melakukan pekerjaan di luar negeri. 

Surat ini berisi sejumlah data, di antaranya, seperti tanggal pertama kali bekerja, posisi pekerjaan, jumlah gaji, hingga jangka waktu bekerja di luar negeri. 

Surat keterangan bekerja di luar negeri memiliki beberapa kegunaan. Beberapa kegunaan tersebut, antara lain, sebagai berikut:

Kegunaan Surat Keterangan Kerja di Luar Negeri

1. Bukti pekerjaan

Kegunaan pertama dari surat keterangan kerja di luar negeri adalah sebagai bukti pekerjaan. Maksudnya, surat ini berguna untuk menunjukkan pekerjaan apa yang sedang Hunters lakukan di luar negeri. 

Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan bekerja di luar negeri berisi posisi pekerjaan yang sedang Hunters lakukan. Bukti ini diperlukan untuk menegaskan bahwa kamu benar-benar sedang bekerja di luar negeri dengan pekerjaan yang jelas.

2. Bukti kemampuan keuangan

Selain sebagai bukti pekerjaan, surat keterangan kerja di luar negeri juga berguna sebagai bukti keuangan dari seorang yang sedang bekerja di luar negeri. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat ini juga berisi jumlah gaji dari seseorang yang bekerja di luar negeri.

Bukti keuangan berfungsi untuk menunjukkan sejauh mana kemampuan keuangan dari seseorang yang bekerja di luar negeri. Bukti ini diperlukan untuk memastikan bahwa mereka berada di dalam kondisi yang mapan saat mereka bekerja di luar negeri.

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Visa Kerja

 

Proses Pembuatan Surat Keterangan Kerja di Luar Negeri

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan dari surat keterangan kerja di luar negeri, pada bagian ini, Schoters akan menjelaskan prosedur yang harus Hunters lakukan jika kamu ingin membuat surat keterangan kerja di luar negeri.

Adapun prosedur yang harus dilakukan untuk membuat surat keterangan kerja di luar negeri, antara lain, sebagai berikut:

1. Mengunjungi kantor desa atau kecamatan terdekat

Surat keterangan kerja di luar negeri bisa dibuat di kantor kecamatan dan/atau kantor desa terdekat. Oleh karena itu, Hunters perlu mengunjungi salah satu kantor tersebut jika kamu ingin membuat surat keterangan bekerja di luar negeri.

2. Membawa fotokopi KTP dan KK

Beberapa persyaratan dokumen yang harus Hunters penuhi untuk membuat surat keterangan bekerja di luar negeri adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Oleh karena itu, pastikan Hunters tidak lupa membawa kedua dokumen tersebut saat kamu ingin membuat surat keterangan bekerja di luar negeri, ya! 

3. Menemui petugas administrasi yang sedang bertugas

Kemudian, temui petugas administrasi kecamatan atau desa yang sedang bertugas. Kemudian, serahkan dokumen persyaratan yang sudah Hunters bawa untuk dilakukan verifikasi.

4. Menunggu hingga pengerjaan selesai

Setelah itu, Hunters hanya perlu menunggu hingga surat keterangan kerjamu selesai dibuat. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk membuat surat keterangan kerja ini berkisar 5 sampai 10 menit.

Nah, itu dia, Hunters, informasi lengkap mengenai surat keterangan kerja di luar negeri, mulai dari pengertian hingga prosedur pembuatannya. Informasi ini penting diketahui karena surat ini kerap dibutuhkan, terutama ketika Hunters ingin membuat visa kerja.

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Paspor Kerja

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.