Mengenal Studi Independen Kampus Merdeka

Studi independen adalah suatu bentuk pembelajaran di luar kelas yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali pengetahuan dan keterampilan secara mandiri atau dalam kelompok kecil. Dalam program ini, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih topik atau proyek yang ingin mereka pelajari, dan mereka bertanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri.

Karakteristik Studi Independen

Program studi independen yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUD melalui kurikulum Kampus Merdeka dapat memberikan mahasiswa ebebasan untuk memilih topik, metode pembelajaran, dan jadwal belajar. Sementara itu, mahasiswa dapat mengatur waktu dan tempat belajar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Tak jarang juga mahasiswa dapat bekerja sama dengan mahasiswa lain atau dengan mentor untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka. Sama seperti program kampus merdeka lainnya, mahasiswa yang mengikuti studi independen wajib bertanggung jawab untuk mencapai hasil belajar yang telah ditetapkan.

Tujuan Studi Independen

Program studi independen memiliki beberapa tujuan, yakni:

  1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan melatih mahasiswa untuk menganalisis informasi, mengevaluasi sumber, dan menarik kesimpulan.
  2. Meningkatkan keterampilan penelitian dengan membantu mahasiswa belajar mencari, mengevaluasi, dan menggunakan sumber informasi yang relevan.
  3. Mendorong kreativitas dengan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide orisinal dan menyelesaikan masalah dengan cara yang inovatif.
  4. Memperdalam pemahaman terhadap suatu topik yang menarik minat mereka.

 

Manfaat Program Studi Independen

Selain memberikan tujuan yang baik untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, program tersebut memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatan motivasi belajar
  2. Mengembangkan keteramplan belajar mandiri secara efektif dan efisien
  3. Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi tantangan baru
  4. Mempersiapkan diri untuk dunia kerja dengan keterampilan dan pengetahuan yang telah dikembangkan, seperti bekerja secara mandiri, memecahkan masalah, dan beradaptasi dengan perubahan.

 

Persyaratan Mengikuti Program Studi Independen

Berikut merupakan persyaratan dan berkas yang harus kalian lengkapi apabila mendaftar program studi independen yakni sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.
  2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat mendaftar program MSIB: untuk mahasiswa D2/D3/D4 minimal semester 2, sementara untuk mahasiswa S1 minimal semester 4
  4. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.
  5. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.
  6. Melengkapi berkas sebagai berikut:
    1. (Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)
    2. Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi).
    3. Pernyataan tidak sedang mengikuti program MBKM lain
    4. Surat izin mengikuti MBKM, 
    5. curriculum vitae
    6. portofolio
    7. Pas foto dan scan KTP
    8. Transkrip nilai.

 

Baca Juga: Tips Menulis CV Supaya Lolos Program Kampus Merdeka

 

Dalam konteks program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program tersebut menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kelas. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar hal-hal yang relevan dengan minat dan karier mereka, serta mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Studi independen adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri secara optimal. Dengan melakukan studi independen, mahasiswa dapat menjadi pembelajar yang aktif, kreatif, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan belajar TOEFL untuk pemula

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL by Schoters untuk persyaratan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Mengenal Studi Independen Kampus Merdeka