7 Tips Reading IELTS agar Skor Bisa Lebih Dari 7.0, Berikut Caranya!

Menguasai kemampuan reading atau membaca dalam tes IELTS sangat penting karena membuka berkontribusi pada overall nilai IELTS kalian. Untuk itulah, kalian harus memahami tips reading IELTS yang akan dibahas di artikel ini untuk mendapatkan skor lebih dari 7.0. Semakin tinggi skor IELTS kalian, semakin besar kemungkinan kalian untuk diterima di universitas luar negeri. 

Selain itu, kemampuan membaca dengan baik akan membantu kalian untuk memahami teks-teks yang kompleks dan memperoleh informasi secara efektif di dunia nyata. Penguasaan kemampuan reading akan mempermudah proses menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks, termasuk menganalisis dan menafsirkan data yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan reading yang kuat akan memberikan keuntungan signifikan bagi peserta tes IELTS dalam mencapai skor yang diinginkan.

 

Bagian-bagian tes reading IELTS

Bagian tes Reading dalam IELTS terdiri dari tiga bagian: Multiple Choice, True/False/Not Given, dan Completion. Setiap bagian menguji kemampuan membaca peserta tes dalam konteks akademik. Secara keseluruhan, kalian memiliki waktu selama 60 menit untuk menyelesaikan 40 soal. Berikut adalah penjelasan lengkapnya: 

1. Multiple Choice

Peserta harus memilih jawaban yang paling sesuai dari beberapa opsi yang diberikan. Bagian ini menguji kemampuan peserta untuk memahami dan menganalisis informasi secara akurat berdasarkan teks yang diberikan. Bagian pertama ini memiliki 2 hingga 3 teks dengan jumlah soal 13 hingga 14 soal. Kalian seharusnya mengalokasikan waktu tak lebih dari 20 hingga 25 menit.

2. True/False/Not Given 

Bagian ini mengharuskan peserta menentukan apakah pernyataan yang diberikan sesuai dengan informasi yang ada dalam teks. Peserta harus memiliki kemampuan pemahaman yang baik dan mampu membedakan informasi yang benar, salah, atau tidak disebutkan dalam teks. Bagian kedua ini memiliki 2 teks dengan jumlah soal 10 hingga 12 soal. Kalian seharusnya mengalokasikan waktu tak lebih dari 10 hingga 15 menit.

3. Completion 

Bagian ini menguji kemampuan peserta untuk mengisi celah kosong dalam teks dengan kata-kata yang sesuai. Ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang konteks teks dan kemampuan menggunakan kosakata dengan benar. Bagian terakhir ini memiliki satu teks panjang dengan jumlah soal 13 hingga 14 soal. Kalian seharusnya mengalokasikan waktu tak lebih dari 20 hingga 25 menit.

 

Baca juga: Panduan Belajar IELTS & TOEFL Conversation yang Paling Efektif

 

7 tips reading IELTS yang ampuh

Agar kalian mendapatkan skor yang tinggi dan dapat diterima di universitas luar negeri impian kalian, coba ikuti dan latihlah diri kalian dengan 7 tips reading IELTS di bawah ini! 

1. Membaca secara aktif

Latih kemampuan membaca kalian dengan fokus dan pemahaman yang baik. Tidak hanya sekedar membaca untuk memahami arti dari tiap kata, namun gunakan juga strategi seperti memahami judul, membaca pertanyaan terlebih dahulu, dan mencari informasi kunci dalam teks.

2. Peningkatan kosakata

Tingkatkan perbendaharaan kata kalian dengan membaca beragam materi dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh bacaan yang dapat membantu kalian mempelajari kosakata baru adalah artikel, novel, dan lagu, film, dan karya ilmiah. Agar mudah diingat, catat kata-kata baru yang kalian temui dan pelajari maknanya.

 

Mau raih skor IELTS maksimal? Schoters jamin kamu bisa capai skor IELTS hingga 7.0. Ikuti kelas persiapan IELTS di Schoters dengan tutor expert lulusan kampus top dunia.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan IELTS” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇 

Konsultasi Kelas Persiapan IELTS

 

 

3. Latihan dengan tes IELTS sebelumnya

Gunakan tes IELTS sebelumnya untuk berlatih dengan format dan jenis pertanyaan yang akan muncul dalam tes. Perhatikan waktu yang diberikan dan coba selesaikan soal dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Skimming dan scanning

Kuasai teknik skimming (melihat secara cepat isi teks untuk memahami inti informasi) dan scanning (mencari informasi spesifik dalam teks). Kedua kemampuan ini akan membantu kalian dalam menemukan jawaban dengan lebih efisien dan hemat waktu.

5. Fokus pada detail

Perhatikan detail dalam teks, seperti kata kunci, angka, dan hubungan antara informasi yang diberikan. Strategi ini akan membantu kalian dalam mengidentifikasi jawaban yang benar secara lebih cepat.

6. Manajemen waktu 

Saat kalian berlatih mengerjakan soal latihan IELTS, latihlah kemampuan mengatur waktu dengan baik saat mengerjakan tes. Berikan waktu yang cukup untuk setiap bagian dan pastikan kalian tidak terjebak terlalu lama pada satu soal yang sulit. Jika terlalu sulit, lewati dan kembali ke soal tersebut jika waktu tersisa. 

7. Mengikuti kelas persiapan IELTS

Mengikuti kelas persiapan kursus IELTS yang disediakan oleh Schoters dapat meningkatkan nilai kalian. Program IELTS Academy Schoters ini akan memberikan panduan dan strategi yang spesifik untuk setiap bagian tes, termasuk Reading. Kalian akan mendapatkan materi latihan, umpan balik atau feedback dari instruktur yang berpengalaman, dan kesempatan untuk berlatih secara intensif. 

 

Untuk itu, coba kunjungi website Schoters dan pahami berbagai kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan oleh IELTS Academy di Schoters. Temukan informasi lebih lanjut tentang program ini, jadwal kelas, serta informasi lain yang kalian butuhkan. Dengan mempersiapkan diri dalam IELTS Academy Schoters, kalian dapat meningkatkan kemungkinan meraih skor tinggi yang diinginkan dan mencapai tujuan untuk kuliah di luar negeri!

 

Baca juga: Kesalahan Umum Saat Wawancara Beasiswa yang Perlu Kamu Hindari

 

Rekomendasi Bimbingan Belajar untuk Persiapan IELTS Test

Ingin dapat skor tinggi saat tes IELTS? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh bimbingan untuk persiapan kuliah di luar negeri? Cek program-program terbaik di Schoters sekarang, yuk!

tips reading ielts