Serba-Serbi TOEFL ITP Official Test

Pernah mendengar tentang TOEFL ITP Official Test?

TOEFL ITP Official Test adalah salah satu jenis tes di bawah tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language), sebuah tes terstandarisasi yang secara umum digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang menggunakan bahasa Inggris. Hasil tes TOEFL biasanya digunakan untuk memenuhi persyaratan bekerja, pindah atau melanjutkan pendidikan di sekolah atau universitas di luar negeri, khususnya Amerika Serikat. Saat ini, hasil tes TOEFL diakui oleh lebih dari 11.500 universitas dan instansi pendidikan di lebih dari 160 negara di dunia.

Yang menarik adalah, tes TOEFL ternyata tidak hanya terdiri dari 1 (satu) jenis tes saja. Tes TOEFL memiliki beberapa jenis tes yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna termasuk di antaranya TOEFL iBT (Internet Based Test), TOEFL Junior, TOEFL Primary dan juga TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan tes TOEFL ITP dan apa saja perbedaannya dengan tes TOEFL lain, khususnya tes TOEFL iBT? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Tes TOEFL ITP

Secara garis besar, TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes TOEFL yang digunakan oleh universitas atau institusi pendidikan lainnya untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris pelajar dalam 3 (tiga) aspek berbeda sebagai berikut :

  1. Reading Comprehension, yang mengukur kemampuan membaca dan memahami berbagai bacaan akademik dalam bahasa Inggris.  
  2. Listening Comprehension, yang mengukur kemampuan memahami komunikasi atau percakapan berbahasa Inggris, baik di lingkungan professional maupun lingkungan akademik, seperti universitas atau institusi pendidikan lainnya.
  3. Structure and Written Expression, yang mengukur kemampuan untuk mengenali serta memahami struktur kalimat dan aturan tata bahasa yang digunakan untuk membuat tulisan dalam bahasa Inggris.

Dengan mengukur berbagai aspek bahasa di atas, sebuah institusi pendidikan dapat mengetahui progress atau area prioritas yang perlu dikembangkan dari kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

           Baca Juga: Tips TOEFL ITP Tembus Skor Tinggi, Begini Caranya!

Kegunaan Tes TOEFL ITP

Lalu apa saja kegunaan tes TOEFL ITP?

Berbeda dengan hasil tes TOEFL iBT yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris secara komprehensif untuk memenuhi persyaratan masuk universitas di seluruh dunia, hasil tes TOEFL ITP biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan internal sebuah universitas atau institusi pendidikan. Dengan demikian, hasil tes TOEFL ITP tidak dapat menggantikan hasil dari tes TOEFL iBT.

Secara umum, hasil tes TOEFL ITP bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan institusi pendidikan sebagai berikut :

  1. Sebagai dasar menentukan penempatan pelajar atau mahasiswa di program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama
  2. Untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa Inggris pelajar atau mahasiswa yang mengikuti program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama
  3. Untuk menentukan kelulusan pelajar atau mahasiswa dari program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama
  4. Untuk membangun skill dan mempersiapkan pelajar atau mahasiswa sebelum mengikuti tes TOEFL iBT
  5. Untuk memenuhi persyaratan mengikuti program jangka pendek (short term program), program tanpa gelar (non-degree programs) dan program kerjasama internasional lainnya yang diselenggarakan oleh universitas atau instansi pendidikan.
  6. Untuk memenuhi persyaratan mengikuti program studi salah satu universitas atau instansi pendidikan secara khusus
  7. Untuk memenuhi persyaratan mengikuti program studi melalui jalur (pathways) yang ditentukan oleh universitas atau instansi pendidikan secara khusus
  8. Untuk memenuhi persyaratan mengikuti program beasiswa

Tes TOEFL ITP sendiri sudah dilaksanakan oleh lebih dari 2.500 institusi pendidikan di lebih dari 50 negara di dunia.

Memilih TOEFL iBT vs TOEFL ITP

Menilik berbagai kegunaan TOEFL ITP di atas, kamu bisa memutuskan untuk menggunakan TOEFL iBT atau TOEFL ITP sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apabila kamu membutuhkan hasil skor kemampuan berbahasa Inggris yang akan digunakan untuk masuk ke universitas atau instansi pendidikan di luar negeri, kamu bisa memilih mengikuti TOEFL iBT yang hasilnya lebih komprehensif dan diakui secara global. Sedangkan apabila kamu membutuhkan hasil skor kemampuan berbahasa Inggris yang akan digunakan untuk mengikuti program studi di salah satu institusi pendidikan tertentu yang menerima hasil TOEFL ITP, kamu bisa memilih mengikuti TOEFL ITP.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hasil TOEFL ITP untuk mengetahui progress atau tingkat kemampuan berbahasa Inggris kamu saat ini.

Format TOEFL ITP Official Test

TOEFL ITP Official Test memiliki 2 (dua) level tes yang bisa dipilih sesuai kebutuhan institusi yaitu TOEFL ITP Level 1 dan Level 2. Kedua jenis tes TOEFL ITP ini tersedia secata tertulis di atas kertas (paper based) atau digital.

TOEFL ITP Official Test Level 1

TOEFL ITP Level 1 diperuntukkan untuk peserta ujian yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan level intermediate hingga advanced. Tes ini terbagi dalam beberapa bagian antara lain :

  1. Bagian listening comprehension, dengan 50 pertanyaan dalam waktu 35 menit.
  2. Bagian structure and written expression, dengan 40 pertanyaan dalam waktu 25 menit.
  3. Bagian reading comprehension, dengan 50 pertanyaan dalam waktu 55 menit.

Total keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk menguji 3 (tiga) bagian tersebut di atas dalam TOEFL ITP Official Test Level 1 adalah 115 menit. Sementara itu, hasil maksimal yang dapat diperoleh dari TOEFL ITP Official Test Level 1 ini adalah 677.

TOEFL ITP Official Test Level 2

Berbeda dengan level 1, TOEFL ITP Official Test Level 2 diperuntukkan untuk peserta ujian yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan level lebih rendah yaitu high beginner hingga intermediate. Tes ini juga terbagi dalam 3 (tiga) bagian yang berbeda yaitu :

  1. Bagian listening comprehension, dengan 30 pertanyaan dalam waktu 22 menit.
  2. Bagian structure and written comprehension, dengan 25 pertanyaan dalam waktu 17 menit.  
  3. Bagian reading and vocabulary, dengan 40 pertanyaan dalam waktu 70 menit.

Total keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk menguji 3 (tiga) bagian tersebut di atas dalam TOEFL ITP Official Test Level 2 adalag 70 menit, dengan hasil maksimal yang dapat diperoleh dari tes ini adalah 500.

TOEFL ITP Speaking Test

Selain 2 (dua) level tes di atas, TOEFL ITP sebenarnya juga menyediakan tes speaking yang hanya tersedia dalam bentuk digital baik pada Level 1 maupun Level 2.

TOEFL ITP Speaking Test digunakan untuk mengukur kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam lingkungan akademis. TOEFL ITP Speaking Test terdiri dari 4 (empat) tugas yang berbeda yaitu 1 (satu) tugas membaca keras (read aloud task), 2 (dua) tugas berbicara mandiri (independent speaking test) dan 1 (satu) tugas berbicara dalam bentuk terintegrasi (integrated speaking test).

Seluruh tugas dalam speaking test ini dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 15 menit.

          Baca Juga: Kenali Lebih Lanjut Mengenai TOEFL ITP, Skor Penilaian, dan Harganya

Skor TOEFL ITP Official Test

Berapa sebenarnya skor TOEFL ITP yang dianggap baik?

Skor yang diperoleh melalui hasil TOEFL ITP dihitung berdasarkan jumlah jawaban yang benar, yang kemudian dikonversikan ke dalam skala nilai yang berkisar antara 310 – 677. Dengan menggunakan Common European Framework of Reference (CEFR) sebagai pembanding, maka skor yang diperoleh dari TOEFL ITP dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. Peserta dengan skor TOEFL ITP 627-677 dikategorikan ke dalam level C1 (Proficient User), dimana peserta memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris secara kompleks untuk bekerja dan juga belajar.
  2. Peserta dengan skor TOEFL ITP 543 – 626 dikategorikan ke dalam level B2 (Independent User), dimana peserta dapat berkomunikasi dengan mudah dan spontan secara jelas dan mendetail menggunakan bahasa Inggris.
  3. Peserta dengan skor TOEFL ITP 460 – 541 dikategorikan ke dalam level B1 (Independent User), dimana peserta bisa memahami dan menulis berbagai topik, memberikan penjelasan dan pendapat dalam bahasa Inggris.
  4. Peserta dengan skor TOEFL ITP 310 – 459 dikategorikan ke dalam level A2 (Basic User), dimana peserta bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari dengan menggunakan ungkapan dan kosakata yang sederhana.

Berdasarkan kategorisasi di atas, maka skor TOEFL ITP yang dapat dianggap baik berkisar antara 550 – 600 untuk berbagai kebutuhan.

Lembaga Resmi Penyelenggara TOEFL ITP Official Test

Meskipun dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah institusi pendidikan yang berlokasi di Amerika Serikat, penyelenggaraan TOEFL ITP di Indonesia dilaksanakan oleh Indonesian International Education Foundation (IIEF) selaku pemegang lisensi resmi TOEFL ITP Official Test, bekerjasama dengan lebih dari 250 institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi, yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa perguruan tinggi yang menjadi mitra IIEF dalam melaksanakan TOEFL ITP di Indonesia antara lain : Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Medan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Syiah Kuala, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi dan masih banyak lagi.

Daftar lengkap penyelenggara TOEFL ITP beserta jadwal tes TOEFL ITP di Indonesia baik paper-based maupun digital-based dapat dilihat langsung melalui tautan. www.iief.or.id.

Biaya TOEFL ITP Official Test

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti TOEFL ITP Official Test bisa berbeda-beda tergantung dari instittusi pendidikan yang menyelenggarakan tes. Meskipun demikian, rata-rata institusi pendidikan memasang tarif sebesar Rp. 580.000, yang tidak dapat dibatalkan atau dialihkan setelah pembayaran selesai dilakukan. Tarif ini jauh lebih murah dibandingkan tarif TOEFL iBT dengan kisaran harga USD 205 atau sekitar Rp. 3.000.000.

Hasil TOEFL ITP biasanya dirilis dalam waktu 14 hari setelah pelaksanaan tes, dengan masa berlaku hingga 2 (dua) tahun.

Cara Mengikuti TOEFL ITP Official Test

Karena diselenggarakan oleh insitusi pendidikan yang berbeda-beda, cara mengikuti TOEFL ITP Official Test juga berbeda-beda tergantung penyelenggara. Meskipun demikian secara umum, berikut adalah beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk mengikuti TOEFL ITP Official Test :

  1. Memastikan ketersediaan kuota untuk TOEFL ITP di institusi pendidikan yang dipilih
  2. Memilih jadwal tes yang diinginkan
  3. Melakukan pendaftaran sesuai prosedur yang berlaku di institusi pendidikan yang dipilih
  4. Melakukan pembayaran sesuai prosedur yang berlaku di institusi pendidikan yang dipilih
  5. Setelah resmi terdaftar sebagai peserta TOEFL ITP Official Test, mulai mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti tes TOEFL ITP

Persiapan TOEFL ITP Official Test

Untuk mendapatkan hasil TOEFL ITP yang optimal, kamu bisa melakukan beberapa langkah persiapan sebagai berikut :

  1. Meluangkan waktu untuk belajar dan berlatih mengerjakan tes TOEFL ITP dengan menggunakan berbagai contoh soal yang bisa ditemukan di internet maupun buku-buku kumpulan soal tes TOEFL.
  2. Memperbanyak perbendaharaan vocabulary atau kosakata serta kelas kata dasar (part of speech) dalam bahasa Inggris seperti kata kerja (verb), kata benda (noun), kata sifat (adjective) dan lain sebagainya.   
  3. Banyak membaca berbagai teks akademik bahasa Inggris dari berbagai topik, mengingat banyak soal yang diujikan dalam tes TOEFL bersifat akademik.
  4. Membiasakan diri mendengarkan banyak media dalam bahasa Inggris, seperi film, podcast atau musik untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris.
  5. Membiasakan diri menulis menggunakan kosa kata, struktur kalimat dan aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Tentu saja, semua persiapan di atas harus dilakukan dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang baik sesuai target. Tapi kalau kamu ingin lebih disiplin dalam mempersiapkan diri menghadapi TOEFL ITP, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas persiapan TOEFL ITP, termasuk kelas persiapan TOEFL ITP di Schoters.

Dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL ITP di Schoters, kamu bisa belajar langsung bersama mentor berpengalaman dalam kelas online interaktif dan juga mendapatkan berbagai materi untuk mempersiapkan diri menghadapi tes, termasuk ribuan bank soal TOEFL yang lengkap. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengikuti simulasi tes TOEFL ITP untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa Inggris kamu sebelum mencoba tes TOEFL ITP yang sebenarnya.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEFL ITP di Schoters

Butuh bimbingan TOEFL ITP terpercaya? Join TOEFL Academy by Schoters atau konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

TOEFL ITP official test