10 Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia

Jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Jika kalian tertarik untuk melanjutkan studi di universitas dengan jurusan arsitektur terbaik dunia, maka artikel ini dibuat untuk kalian!

Arsitektur telah menjadi jurusan primadona tak hanya karena memiliki prospek kerja yang baik, tetapi juga karena kalian dapat secara bebas menuangkan ide kreatif ke benda yang sangat bermanfaat. Menjadi mahasiswa jurusan arsitektur juga bisa dibilang menyenangkan karena kalian memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan dalam desain dan teknologi serta terlibat dalam proyek-proyek yang berdampak positif pada masyarakat.

Selain itu, arsitektur merupakan bidang yang selalu dibutuhkan dalam pembangunan fisik dan urbanisasi, serta memberikan peluang besar di sektor industri kreatif dan teknologi yang tak lekang oleh waktu. Bagi Hunters yang ingin melanjutkan studi ke Jurusan Arsitektur, berikut ini 8 universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking!

 

8 Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia

1. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Universitas pertama dengan jurusan arsitektur terbaik dunia versi QS Qorld Rankings adalah Massachusuttes Institute of Technology (MIT) School of Architecture and Planning. MIT School of Architecture and Planning adalah sebuah jurusan di MIT yang telah berdiri sejak tahun 1865. Sekolah ini memiliki beberapa program grup yang tersedia untuk dipilih bagi mahasiswanya, yakni:

  1. Architecture+Urbanism;
  2. Art Culture+Technology;
  3. Building Technology;
  4. Computation;
  5. History Theory+Criticism;
  6. Aga Khan Program for Islamic Architecture;
  7. Undergraduate Architecture+Design. 

 

Jurusan ini terkenal karena pendekatannya yang holistik, terintegrasi dengan teknologi, serta fokus pada lingkungan binaan dan kesehatan manusia. Jurusan Arsitektur di MIT juga memiliki kerjasama dengan berbagai institusi dan industri, sehingga memberikan kesempatan mahasiswa untuk terlibat dalam proyek-proyek besar yang berdampak secara langsung pada masyarakat.

Beberapa alumni yang terkenal dari Jurusan Arsitektur MIT diantaranya adalah Philip Johnson, Richard Rogers, dan I.M. Pei. Philip Johnson adalah seorang arsitek terkenal yang mendirikan Philip Johnson/Alan Ritchie Architects, sedangkan Richard Rogers adalah seorang arsitek Inggris yang dikenal karena merancang gedung-gedung pencakar langit di seluruh dunia. Sementara itu, I.M. Pei merupakan seorang arsitek asal Cina yang dikenal karena merancang bangunan ikonik seperti Louvre Pyramid di Paris dan Bank of China Tower di Hong Kong.

2. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Delft University of Technology (TU Delft), Belanda

Universitas dengan jurusan arsitektur terbaik dunia kedua adalah Delft University. Delft University memiliki jurusan arsitektur bernama Architecture, Urbanism, and Building Sciences. Berdiri sejak tahun 1904, jurusan ini terkenal karena pendekatannya yang inovatif dan berfokus pada teknologi dan desain berkelanjutan.

TU Delft Arsitektur juga terkenal karena kerjasama internasionalnya yang luas dan lingkungannya yang kreatif dan multikultural. Untuk mendukung inovasi agar terus berkembang diantara mahasiswanya, TU Delft memiliki beberapa fasilitas pendukung, seperti:

  1. BK City
    Sebuah gedung pertemuan untuk menunjang pertukaran informasi, diskusi, serta berkumpul para mahasiswa arsitektur TU Delft
  2. BK Expo
    Sebuah aula untuk memamerkan hasil karya inovasi para mahasiswa arsitektur TU Delft
  3. Perpustakaan
    Tak hanya buku, perpustakaan ini juga berisi meja-meja untuk mengerjakan tugas dan penelitian
  4. Maquette Hal
    Sebuah tempat yang berisi berbagai peralatan untuk membuat model arsitektur. Tempat ini seperti workshop yang menyediakan meja kerja, CAMlab 3D Printer, laser cutters, milling machines, dan sebagainya. 
  5. Waltman’s Construction Shop
    Sebuah toko material yang dapat digunakan mahasiswa arsitektur TU Delft untuk membeli semua kebutuhan kuliah mereka
  6. Printshop
    Tempat ini dapat digunakan mahasiswa untuk mencetak poster, melaminasi poster, dan membuat buku apapun yang mereka inginkan atau butuhkan.
  7. @Hok 
    Sebuah tempat konsultasi bagi mahasiswa arsitektur TU Delft untuk menanyakan material, alat, cara pembuatan model, dan lainnya pada orang yang tepat dan berpengalaman.

 

Beberapa alumni yang terkenal dari Jurusan Arsitektur TU Delft di antaranya adalah Rem Koolhaas, seorang arsitek dan penulis asal Belanda yang merancang banyak bangunan ikonik seperti CCTV Building di Beijing dan Casa da Música di Porto. Selain itu, ada juga Jan des Bouvrie, seorang desainer interior Belanda yang terkenal.

3. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: University College London (UCL), Inggris

Unversitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia selanjutnya adalah The Bartlett School of Architecture yang ada di University College London (UCL). UCL ini memiliki sekolah arsitektur yang telah berdiri sejak tahun 1841 bernama The Bartlett School of Architecture.

Salah satu alasan mengapa The Bartlett School of Architecture UCL terkenal adalah karena program studinya yang luas dan mencakup berbagai aspek arsitektur. Dimulai dari desain bangunan hingga perencanaan kota.  Selain itu, UCL Arsitektur juga memiliki lingkungan yang kreatif dan inovatif dengan fasilitas laboratorium dan studio terkini serta kerjasama yang erat dengan dunia industri. Jurusan ini juga memiliki beberapa jenis program pendidikan yakni:

  1. Undergraduate atau jenjang S1;
  2. Postgraduate atau jenjang S2 ;
  3. Doctoral atau jenjang S3;
  4. Professional Studies;
  5. Short courses.

 

Untuk mewadahi keunikan para mahasiswanya, The Bartlett School of Architecture di UCL memiliki beberapa cabang penelitian yang berfokus pada ilmu yang dimiliki saat ini dan desain dunia masa depan. Cabang penelitian tersebut adalah:

  1. Interdisciplinary Design Practice;
  2. Sustainable Urbanism and Landscape;
  3. Building for Wellbeing;
  4. Computation and Craft Technologies;
  5. Histories and Theories of Architecture.

 

Untuk memfasilitasi cabang-cabang penelitian di atas, terdapat berbagai laboratorium kampus maupun luar kampus yang bisa digunakan oleh mahasiswa arsitektur UCL untuk berinovasi, fasilitas tersebut adalah:

  1. Innovation & Enterprises;
  2. Space Syntax Laboratory;
  3. Survey of London;
  4. Centre for London Urban Design (CLOUD).

Dengan berbagai fasilitas di atas, tak ayal jika UCL menjadi universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia.

4. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: ETH Zurich, Swiss

Department of Architecture di ETH Zurich adalah salah satu jurusan arsitektur tertua di dunia. Berdiri sejak tahun 1855, jurusan ini telah melahirkan banyak alumni yang berkontribusi bagi kemajuan arsitektur dunia. Di antaranya adalah Jacques Herzog dan Pierre de Meuron, pemenang Penghargaan Pritzker Arsitektur tahun 2001, yang dikenal karena karya-karya seperti Stadion Olimpiade Beijing 2008 dan Tate Modern di London.

Di Department of Architecture ETH Zurich, terdapat beberapa institute:

  1. Institute of Design and Architecture (IEA);
  2. Institute for History and Theory of Architecture (GTA);
  3. Institute of Preservation and Construction History (IDB);
  4. Institute of Technology in Architecture (ITA);
  5. Institute for Landscape and Urban Studies (LUS).

 

Departemen ini juga membuka beberapa jenis program studi. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Bachelor Architecture;
  2. Master Architecture;
  3. Master Integrated Building Systems;
  4. Master in Landscape Architecture;
  5. Doctoral program in Architecture and Technology;
  6. Doctoral program in History and Theory of Architecture;
  7. Doctoral Program in Landscape and Urban Studies.

 

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

universitas dengan jurusan arsitektur terbaik

 

5. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Harvard University, Amerika Serikat

Di Harvard University, jurusan arsitektur dipusatkan pada Graduate School of Design. Pada sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1893 ini, terdapat beberapa departemen yang juga berkaitan dengan arsitektur, mereka adalah:

  1. Department of Architecture;
  2. Department of Landscape Architecture;
  3. Department of Urban Planning and Design;
  4. Design Studies;
  5. Design Engineering;
  6. Loeb Fellowship;
  7. Executive Education;
  8. Early Design Education.

 

Baca juga: Rekomendasi Universitas Teknik Sipil Terbaik Dunia

 

Untuk program pada jenjang S3 atau doktor, program yang tersedia adalah PhD program in Architecture, Landscape Architecture and Urban Planning yang terdapat pada Graduate School of Arts and Science. Sementara itu, program sarjana atau S1 jurusan arsitektur ini di bawah naungan beberapa sekolah yang ada di Harvard University, seperti Faculty of Arts and Sciences, History of Art and Architecture, dan the Graduate School of Design. 

Untuk mendukung berkembangnya inovasi bagi mahasiswanya, Graduate School of Design memiliki dua pusat studi utama, yakni:

  1. Harvard Center for Green Buildings and Cities;
  2. Harvard Joint Center for Housing Studies.

Kedua pusat studi tersebut berusaha mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang ada di tengah masyarakat terkait dengan urbanisasi, desain rumah dan perkotaan hijau, pendidikan, serta penginformasian peraturan melalui penelitian. 

Sejumlah alumni terkenal dari jurusan ini termasuk Frank Gehry, Zaha Hadid, dan Philip Johnson, yang telah memberikan kontribusi besar terhadap dunia arsitektur dengan karya-karya inovatif mereka. 

6. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: National University of Singapore (NUS), Singapura

Jika kalian mencari universitas yang dekat dengan Indonesia, NUS adalah jawabannya. Rujukan banyak mahasiswa Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 1958 yang saat itu masih menjadi bagian dari Singapore Polytechnic. Saat ini, Department of Architecture (DoA) NUS memiliki beberapa program pada jenjang S1 maupun S2 sebagai berikut:

  1. BA in Architecture;
  2. Bachelor in Landscape Architecture;
  3. Master of Architecture;
  4. MA in Architectural Conservation;
  5. Master of Landscape Architecture;
  6. Master of Science, Integrated Sustainable Design;
  7. MA in Urban Design;
  8. Master of Urban Planning.

 

Di dalam program-program diatas, terdapat beberapa klaster penelitian sebagai berikut:

  1. Design Education Research;
  2. Research by Design;
  3. History, Theory, Criticism;
  4. Technologies;
  5. Urbanism;
  6. Landscape Studies.

 

Jika kalian berminat melanjutkan studi di DoA NUS, terdapat beberapa beasiswa bergengsi yang dapat kalian lamar, cobalah mencari tahu lebih lanjut mengenai program beasiswa berikut:

  1. Alfred Wong Scholarship;
  2. Cheong Koon Hean Scholarship; 
  3. Mario Yuan and Du Juan Scholarship;
  4. Ong Guat Aing & Toh Seng Huat Scholarship;
  5. SAA EnReach Study Grant;
  6. Tun Tan Cheng Lock Scholarship in Architecture.

7. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Manchester School of Architecture (MSA) di Inggris

Kampus ini adalah hasil kolaborasi inovatif antara Manchester Metropolitan University dan the University of Manchester. MSA didirikan pada tahun 1996 dan sekarang memiliki beberapa program utama yakni:

  1. BA in Architecture;
  2. Master of Architecture;
  3. PgCert Architecture and Contemporary Practice;
  4. MA Architecture and Adaptive Reuse;
  5. MA Architecture and Urbanism;
  6. Master of Landscape Architecture (MLA).

 

Sebagai kampus inovatif, MSA memiliki 3 Research Areas yang kesemuanya berkesinambungan dengan masyarakat, mereka adalah: 

  1. Built Heritage;
  2. Citizen Engagement;
  3. Urban Features.

 

Ketiga research areas diatas memayungi puluhan proyek yang menjadi bukti inovasi MSA kepada masyarakat sebagai pengguna arsitektur. 

Dalam mengembangkan pendidikan yang inovatif bagi arsitek masa depan, MSA memiliki beberapa fasilitas unggulan agar para mahasiswa mereka bisa mengasah keterampilan dan mengembangkan ide kreatif mereka, seperti:

  1. B.15 Model Making Workshop;
  2. Computer Aided Manufacture;
  3. Wood Plastics and Foam Workshops;
  4. Photography and Editing Suites;
  5. Print Workshops;
  6. Metal Workshops;
  7. Material Stores and AV Store;
  8. IT Resources.

8. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: University of California Berkeley (UCB), Amerika Serikat

Universitas yang terletak di Berkeley ini memiliki jurusan arsitektur yang berada di bawah manajemen College of Environmental Design. Berdiri sejak tahun 1959, College of Environmental Design sekarang memiliki beberapa program studi, yakni:

  1. Architecture;
  2. Landscape Architecture & Environmental Planning;
  3. City & Regional Planning;
  4. Urbanism.

 

Salah satu alasan jurusan arsitektur di UCB menjadi terkemuka di Amerika Serikat adalah karena pendekatan interdisiplinnya yang holistik dalam perancangan kota dan lingkungan. Mereka memiliki 3 pusat studi untuk mengembangkan inovasinya di bidang arsitektur dan lingkungan:

  1. Terner Center for Housing Innovation;
  2. Institute for Urban and Regional Development;
  3. Center for Environmental Design Research.

 

Dua alumni terkenal dari jurusan arsitektur UC Berkeley termasuk Richard Rogers, seorang arsitek asal Inggris yang merancang gedung Terminal 4 Bandara Madrid-Barajas, dan William Turnbull, Jr., seorang arsitek yang terkenal karena desainnya yang berfokus pada keberlanjutan dan konservasi lingkungan hidup.

9. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Tsinghua University, Tiongkok

School of Architecture, Tsinghua University atau yang sering disingkat SA terletak di kampus utama Tsinghua University di Beijing. Berdiri sejak tahun 1946 sebagai Department of Architecture, SA kemudian bertransformasi menjadi sekolah independen pada tahun 1988. 

SA menyediakan pendidikan arsitektur pada semua jenjang. Dari S1, S2, hingga S3 yang tersedia dalam bahasa Mandarin atau Inggris. Selain itu, terdapat pula program joint degree dengan universitas lainnya bagi mahasiswa jenjang S2 dan S3. 

Saat ini SA memiliki 4 departemen, 9 pusat studi, 3 tempat praktik profesional, dan 3 laboratorium. Disamping itu, terdapat juga 3 institusi yang terafiliasi dengan SA yakni:

  1. Architectural & Urban Studies;
  2. The Center for Human Settlements;
  3. The Research Center of Building Energy-Saving.

4 departemen yang ada di SA adalah:

  1. Department of Architecture;
  2. Department of Urban Planning and Design;
  3. Department of Landscape Architecture;
  4. Department of Building Science.

 

Baca juga: Profil Tsinghua University China 

 

Dua dari banyak alumni SA yang sangat terkenal adalah Wang Shu, seorang arsitek terkenal asal Cina yang merupakan pemenang Penghargaan Pritzker pada tahun 2012 dan Liu Jiakun, seorang arsitek yang dikenal karena karyanya yang sangat inovatif dan telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk Penghargaan Arsitektur Aga Khan pada tahun 2004.

10. Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia: Politecnico di Milano, Italia

Universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik di dunia terakhir adalah Politecnico di Milano, Italia. Universitas ini didirikan pada tahun 1863 dengan nama awal Scuola di Applicazione per gli Ingegneri (Sekolah Terapan untuk Insinyur) oleh Francesco Brioschi san Benedetto Castelli.

Sekolah ini terletak di kota Milan di Italia. Jika kalian ingin belajar mengenai ilmu arsitektur, kalian dapat mempelajarinya di School of Architecture Urban Planning Construction Engineering yang menawarkan pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3. 

Di sekolah ini, terdapat banyak kelas atau courses yang kalian ikuti, diantaranya: 

  1. Architectural Design;
  2. Urban Planning: Cities, Environment & Landscape;
  3. Building Architecture;
  4. Building Engineering;
  5. Landscape Architecture, Land Landscape Heritage;
  6. Management of Built Environment;
  7. Sustainable Architecture and Landscape Design;
  8. Urban Planning and Policy Design;
  9. Dan lainnya.

 

Politecnico di Milano memiliki beberapa fasilitas yang menunjang proses pembelajaran para mahasiswanya, termasuk laboratorium komputer, pusat riset, perpustakaan, galeri seni dan arsitektur, dan stasiun televisi universitas.

Beberapa alumni terkemuka dari sekolah ini antara lain Aldo Rossi, arsitek dan desainer produk yang memenangkan Penghargaan Pritzker pada tahun 1990, dan Renzo Piano, arsitek yang terkenal dengan desainnya untuk Centre Georges Pompidou di Paris dan The Shard di London.

Itulah 10 rekomendasi universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik di dunia versi QS World Ranking. Rekomendasi tersebut tentunya akan berbeda dengan lembaga perankingan lainnya. Jadi, mana universitas dengan Jurusan Arsitektur terbaik dunia impianmu?

Rekomendasi bimbingan lolos universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia

Ingin lolos masuk ke Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia? program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

universitas dengan jurusan arsitektur terbaik