Ketahui 5 Universitas Teknik Sipil Terbaik di Dunia

Teknik sipil merupakan jurusan yang mempelajari cara membuat struktur suatu bangunan yang kokoh dan ekonomis. Hunters akan membuat suatu gambar atau desain bangunan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fungsi bangunan, keamanan, dan ketahanan bangunan tersebut. Yuk, ketahui universitas teknik sipil terbaik di dunia ada dimana saja!

Jika kamu memiliki minat matematika dan fisika, mungkin kamu bisa mengambil jurusan ini. Teknik sipil lebih banyak berhitung dan menjadikan matematika dan fisika sebagai dasar dalam menyelesaikan yang akan dihadapi dalam dunia perkuliahan atau pekerjaan. Selain matematika dan fisika, kamu juga akan mempelajari geometri, trigonometri dan kalkulus, serta fisika dan kimia. Selanjutnya mari kita simak lima rekomendasi universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik!

 

Daftar universitas Teknik Sipil terbaik di dunia

1. California Institute of Technology

Universitas Teknik Sipil terbaik di dunia pertama dalam daftar ini adalah California Institute of Technology. Universitas yang juga dikenal dengan sebutan Caltech ini merupakan universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat.

Caltech merupakan salah satu universitas yang mempertahankan dan menekan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech terdapat program pascasarjana di bidang Teknik Sipil. Program pascasarjana bidang Teknik Sipil terdaftar dalam Times Higher Education World University Ranking sebagai salah satu yang terbaik.

2. Delft University of Technology

Universitas Teknik Sipil terbaik di dunia selanjutnya jatuh kepada Delft University of Technology yang terletak di Belanda. Universitas ini menawarkan Jurusan Teknik Sipil yang sudah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Sains. Universitas ini juga menyediakan program sarjana yang populer dikalangan para pemuda. 

Delft University of Technology memiliki delapan fakultas. Delapan fakultas tersebut, antara lain, Fakultas Teknik Aeroangkasa, Ilmu Terapan (termasuk Fisika, Kimia, dan Teknik Biokimia Terapan), Arsitektur, Teknik Sipil dan Geoscience, Teknik Listrik, Matematika dan Ilmu Komputer, Teknik Perancangan Industri, serta Fakultas Teknik Mekanik, Maritim dan Material.

3. Nanyang Technological University (NTU)

Universitas Teknik Sipil terbaik ketiga dalam daftar ini adalah Nanyang Technological University (NTU). NTU merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang terletak di Singapura. NTU memiliki dua kampus. Kampus utama berada di jalan Nanyang Ave. Sementara itu, kampus keduanya berada di jalan Slim Barracks Rise. Universitas ini populer dengan jurusan di bidang sains seperti engineering, computer science, chemistry, dll.

Pada tahun 2022, US News & World Report memberikan peringkat kedua kepada Nanyang Technological University sebagai universitas terbaik dengan program Engineering. Hal ini juga disetujui oleh QS World University Ranking 2022 yang memberikan penghargaan kepada NTU Singapore peringkat ke empat dengan program Engineering & Technology terbaik di dunia.

 

Baca Juga: Simak Salah Satu Kampus Terbaik di Singapur, Nanyang Technological University (NTU)

 

4. Tsinghua University

Tsinghua University merupakan universitas yang dikenal dengan jurusan terbaik dalam bidang teknik, arsitektur, build environment, dan komputer. Universitas ini terletak di Beijing, China. Uniknya, kampus ini sangat toleransi dan menghargai interaksi antara budaya Cina dan Barat, sains, humaniora, kuno, dan modern.

Fakultas yang dimiliki oleh universitas ini salah satunya teknik sipil. Tidak hanya teknik sipil saja, universitas ini memiliki 21 sekolah dan 59 departemen dengan fakultas sains, teknik, humaniora, hukum, kedokteran, sejarah, filsafat, ekonomi, manajemen, pendidikan, dan seni.

5. ETH Zurich

Universitas Teknik Sipil terbaik di dunia terakhir dalam daftar ini adalah ETH Zurich. ETH Zurich merupakan kampus yang terletak di Swiss. Universitas ini termasuk universitas top peringkat ke-9 di dunia. Banyak alumni terkenal yang berkulaih di sana. Beberapa di antaranya, seperti Albert Einstein, Wolfgang Pauli, Wilhelm Conrad Röntgen, dll.

ETH Zurich menawarkan program teknik mulai dari sarjana, pascasarjana, dan doktor. Untuk Jurusan Teknik Sipil, terdapat dua program, yaitu program sarjana dan pascasarjana. Jurusan khusus teknik di universitas ini sebanyak 10 jurusan teknik, termasuk Jurusan Teknik Sipil.

 

Baca Juga: Yuk, Kuliah Teknik Sipil di Universitas Terbaik Dengan Beasiswa LPDP! Simak Infonya disini

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas Teknik Sipil terbaik di dunia

Ingin lulus di daftar universitas Teknik Sipil terbaik di dunia? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas teknik sipil terbaik di dunia