7 Universitas di Dunia Dengan Jurusan Pendidikan Terbaik

Halo Scholarship Hunters, Selamat Hari Guru Nasional!

Waktunya berterima kasih kepada semua guru yang telah menuntun kita kepada masa depan yang lebih baik. Salah satu cara berterimakasih adalah dengan tetap belajar menjadi lebih baik. Guru yang hebat tentu berasal dari tempat yang hebat pula. Jika kamu ingin menjadi guru yang hebat, berikut 7 universitas terbaik di bidang pendidikan yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. University College London (UCL)

universitas terbaik bidang pendidikan
University College London, Peringkat 1 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

UCL adalah universitas yang berada di kota London, Inggris. Di bidang pendidikan, UCL memiliki sebuah fakultas tersendiri yang bernama Institute of Education (IoE). loE menyedikan berbagai macam jenjang, course, dan riset terkait pendidikan.

Beberapa di antaranya seperti Art and Culture, Digital Technologies and Education, Learning, Teaching and Assessment, dan masih banyak lagi. Menurut Research Excellence Framework 2014, UCL menjadi universitas nomor 1 pada aspek Kekuatan Riset Pendidikan. Dengan 25% riset terkait pendidikan di UK dilakukan di UCL IoE.

 

2. Harvard University

Harvard University
Harvard University, Peringkat 2 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Fakultas-fakultas di Harvard University dikenal dengan istilah School. Untuk bidang pendidikan Harvard punya Harvard Graduate School of Education (HGSE). HGSE sudah berdiri sejak tahun 1920 dan telah melahirkan banyak profesional dan pemimpin di dunia pendidikan.

 

             Baca Juga: Simak 10 Fakta Tentang Harvard University

 

3. Stanford University

Universitas Standford
Standford University, Peringkat 3 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Sama seperti Harvard University, fakultas pendidikan di Stanford University juga disebut dengan Graduate School of Education. Stanford GSE memiliki 17 Research Center dengan lebih dari 100 peminatan terkait bidang pendidikan.

Fakultas pendidikan di Stanford University termasuk salah satu yang paling tua karena sudah ada sejak pertama kali Stanford University didirikan pada tahun 1891.

 

4. University of Cambridge

Cambridge University
University of Cambridge, Peringkat 4 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Bidang pendidikan di University of Cambridge bernaung di bawah Faculty of Education. Ada 4 Teaching Program di fakultas ini, yaitu Graduate Study, Undergraduate Study, PGCE (The Postgraduate Certified in Education), dan Profesional Development. Selain 4 program tersebut, Faculty of Education di University of Cambridge juga memiliki 3 research group untuk meningkatkan kualitas ilmu yand diajarkan pada bidang pendidikan.

 

5. University of Oxford

Universitas Terbaik di Dunia
University of Oxford, Peringkat 5 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Seperti universitas-universitas besar lain di dunia, fakultas pendidikan di University of Oxford atau disebut sebagai Department of Education sudah berdiri sejak lebih dari 100 tahun.

Tidak hanya usianya yang sudah tua, fakultas pendidikan di sana sudah diakui kualitasnya dengan berhasil menjadi peringkat ke-5 dunia untuk bidang pendidikan. University of Oxford mempunyai 7 program di bidang pendidikan yang bisa kamu lihat di website resmi mereka.

 

6. The University of Melbourne

University of Melbourne
The University of Melbourne, Peringkat 6 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Bidang pendidikan di The University of Melbourne masuk ke dalam Melbourne Graduate School of Education. Sebagai peringkat 6 dunia, Melbourne GSE memiliki 7 research center dan 3 research hub di bidang pendidikan.  Course di bidang pendidikan pertama kali ada di University of Melbourne sejak tahun 1903. Jadi tidak perlu diragukan lagi jika University of Melbourne menjadi universitas terbaik di Australia dan terbaik ke-6 dunia untuk bidang pendidikan.

 

7. The University of Hongkong

University of Hongkong
The University of Hongkong, Peringkat 7 untuk Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan

Posisi ke-7 tidak lagi ditempati oleh univesitas dari Amerika dan Eropa. Salah satu Universitas di Asia, tepatnya, The University of Hongkong menjadi universitas terbaik nomor 7 untuk bidang pendidikan versi QS World Universities. Terdapat 3 program di Faculty of Education, The University of Hongkong. Mereka menyediakan program mulai dari Undergraduate, Postgraduate by Coursework, dan Postgraduate by Research. Sebagai penunjang kualitas, terdapat juga 6 research center dan 2 consortia terkait bidang pendidikan di The University of Hongkong.

 

             Baca Juga: Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa

 

Itu dia 7 universitas terbaik di dunia untuk bidang pendidikan versi QS World Universities. Jika kamu sangat peduli dengan pendidikan dan ingin belajar bagaimana negara-negara besar mengelola pendidikan mereka. Salah satu universitas di atas  bisa menjadi pilihan kamu untuk belajar tentang pendidikan.

 

Ingin cari tahu tentang pilihan beasiswa yang ditawarkan universitas-universitas di artikel ini? Cek di sini ya!