Mengenal Berbagai Universitas Terbaik di Hungaria

Popularitas Hungaria sebagai negara tujuan studi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Semakin banyak pelajar internasional yang menjadikan negara kecil yang kaya dengan bangunan bersejarah dan pemandangan alam yang indah ini sebagai destinasi utama untuk melanjutkan studi di berbagai jenjang pendidikan.

Sebagai negara tujuan studi, Hungaria menawarkan berbagai hal yang menarik pelajar internasional termasuk kualitas pendidikan tinggi yang mumpuni, negara yang multicultural dan aman hingga biaya hidup dan kuliah yang terjangkau.

Selain itu, popularitas Hungaria juga sedikit banyak terdorong oleh keberadaan beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Hungaria setiap tahunnya, Stipendium Hungaricum. Setiap tahunnya, Pemerintah Hungaria memberikan beasiswa kepada sekitar 5.000 mahasiswa dari lebih 70 negara.

Lalu universitas mana saja yang bisa menjadi pilihan belajar di Hungaria? Berikut adalah deretan universitas terbaik di Hungaria berdasarkan daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia tahun 2023 yang dirilis oleh QS.

University of Szeged

Perguruan tinggi pertama yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Hungaria adalah University of Szeged (SZTE) yang berlokasi di Szeged, salah satu kota yang terletak di bagian selatan Hungaria yang juga terkenal sebagai salah satu kota paling aman di Hungaria.

Perguruan tinggi yang baru saja merayakan ulang tahun yang ke-100 di tahun 2021 ini berhasil menduduki peringkat 551-560 dalam daftar perguruan tinggi terbaik yang dirilis oleh QS pada tahun 2023. 

Saat ini, University of Szeged membuka beragam program studi di seluruh jenjang pendidikan mulai dari Sarjana hingga Doktoral untuk berbagai bidang studi mulai dari agriculture, humanities and social sciences, dentistry, economics and business administration, engineering, health sciences and social studies, law and political sciences, medical, arts, pharmacy, science and informatics serta education.

Tidak hanya program studi yang beragam, bahasa asing yang digunakan sebagai bahasa pengantar utama di perguruan tinggi ini juga bermacam-macam mulai dari bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia hingga Rusia.

 

          Baca Juga: Ini Dia Alasan Harus Kuliah di Hungaria!

 

University of Debrecen

Perguruan tinggi selanjutnya yang masuk dalam deretan universitas terbaik di Hungaria adalah University of Debrecen yang berlokasi di kota Debrecen, kota terbesar setelah ibukota Hungaria, Budapest. Salah satu universitas terbesar di Hungaria ini menduduki peringkat 651-700 dalam daftar yang dirilis oleh QS 2023.

Saat ini, University of Debrecen membuka berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan mulai dari Sarjana, Master hingga Doktoral, untuk bidang studi seperti agriculture, business, engineering, health sciences, humanities and education, IT, music dan science. Untuk mendukung pelajar internasional beradaptasi dengan proses belajar mengajar, University of Debrecen juga membuka lebih dari 80 program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Yang menarik adalah program studi yang dibuka di University of Debrecen diselenggarakan berdasarkan European Qualification Framework of the Bologna Process sehingga secara umum, seluruh diploma yang didapatkan di University of Debercen diakui oleh negara-negara di Uni Eropa. Selain itu, program studi di University of Debrecen juga diakreditasi oleh Hungarian Accreditation Board yang juga merupakan bagian dari European Acreditation Board.    

 

Eotvos Lorand University

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di Hungaria versi QS 2023 adalah Eotvos Lorand University, yang berlokasi di Budapest, ibukota Hungaria yang terkenal dengan kebudayaan yang kaya, warisan arsitektur yang klasik dan berbagai pemandian air panas ala Romawi.

Universitas tertua dan terbesar di Hungaria ini membuka berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan dari berbagai bidang studi termasuk di antaranya natural sciences, informatics, law and political sciences, humanities, social sciences, education dan psychology, elementary and nursery school teacher training dan special education.

Selain program studi reguler, universitas yang menduduki peringkat 701-705 berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik versi QS 2023 juga membuka berbagai program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Selain itu, sama dengan University of Debrecen, program studi yang dibuka Eotvos Lorand University juga diakreditasi oleh Hungarian Accreditation Committee, sehingga seluruh diploma yang dikeluarkan oleh universitas ini diakui di seluruh dunia dan satuan kredit semesternya juga dapat ditransfer ke seluruh negara di Uni Eropa.  

 

University of Pecs

Selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di Hungaria adalah University of Pecs, salah satu universitas terbesar di Hungaria yang berlokasi di kota Pecs, sebuah kota tua yang didirikan oleh Kekaisaran Romawi di bagian selatan Hungaria. Saat ini, universitas yang menduduki peringkat 701-705 berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik yang dirilis oleh QS 2023 memiliki sekitar 20.000 mahasiswa yang terdiri dari setidaknya 4500 pelajar internasional, 1400 dosen dan peneliti.

Selain itu, University of Pecs juga membuka berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 10 (sepuluh) fakultas untuk bidang studi seperti business and economics, cultural sciences, education and regional development, engineering and information technology, health sciences, humanities and social sciences, law, music and visual arts, pharmacy, sciences dan medical. Pelajar internasional juga bisa memilih program studi dengan bahasa pengantar yang sesuai dengan preferensi masing-masing, termasuk di antaranya bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Hungaria, Italia, Rusia dan Spanyol.

 

Budapest University of Technology and Economics

Universitas terbaik di Hungaria selanjutnya adalah Budapest University of Technology and Economics (BME) yang berlokasi di Budapest, ibukota Hungaria yang juga terkenal dengan Sungai Danube dan Kastil Buda, dua dari situs warisan dunia UNESCO.

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1782 ini secara konsisten terus menawarkan kualitas pendidikan dan riset kelas dunia yang terlihat dari banyaknya penelitian dan publikasi yang dirilis oleh BME.

Saat ini, BME membuka program studi untuk jenjang pendidikan Sarjana, Master dan Doktoral untuk beragam bidang studi mencakup civil engineering, mechanical engineering, architecture, chemical technology and biotechnology, electrical engineering and informatics, transportation engineering and vehicle engineering, natural sciences dan economics and social sciences.

 

          Baca Juga: Intip! Informasi Beasiswa Hungaria Untuk Pelajar Indonesia

 

MATE Hungarian University of Agriculture

MATE Hungarian University of Agriculture adalah universitas selanjutnya yang berada dalam daftar universitas terbaik di Hungaria yang kampus utamanya berlokasi di Godollo, sebuah kota yang terletak 30 kilometer di timur Budapest. Universitas yang berada pada peringkat 801-1000 dalam daftar perguruan tinggi terbaik yang dirilis oleh QS pada tahun 2023 memiliki spesialisasi studi di area produksi pertanian (agricultural production) di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari Sarjana, Master sampai Doktoral.

Saat ini, program studi yang ditawarkan di Mate Hungarian University of Agriculture mencakup berbagai bidang studi antara lain agricultural, environmental and food sciences, horticulture, viticultiure, oenology, water and renewable energy management, landscape architecture and mechanical engineering dan rural development, economics and social sciences.

Selain membuka program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, universitas ini juga membuka kelas bahasa Hungaria (Preparatory Course in Hungarian Language) untuk membantu pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di program studi berbahasa Hungaria.

 

Szechenyi Istvan University (University of Gyor)

Universitas terbaik di Hungaria berikutnya adalah Szechenyi Istvan University (University of Gyor) yang berlokasi di kota Gyor, salah satu kota terbesar di Barat Laut Hungaria. Salah satu spesialisasi universitas yang saat ini menduduki peringkat 801-1000 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia 2023 yang dirilis oleh QS adalah bidang studi automative engineering, mengingat lokasi Gyor yang juga menjadi markas utama salah satu pabrik mesin terbesar di dunia yaitu Audi Hungaria Motor Kft.

Selain program studi di bidang automative engineering, University of Gyor juga membuka berbagai program studi untuk jenjang S1, S2 dan S3 di berbagai bidang studi termasuk di antaranya law and political sciences, business and economics, automotive engineering, mechanical engineering, informatics and electrical engineering, architecture civil engineering and transport sciences, health and sport sciences, performance arts, humanities, education dan social sciences dan agricultural and food sciences.

Untuk membantu pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di University of Gyor, universitas yang sedang mengembangkan The Science Park ini juga membuka setidaknya 35 program studi di berbagai jenjang pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Matangkan Persiapan Beasiswa ke Hungaria bersama Schoters!

Masih ragu apakah persiapan kamu sudah cukup ampuh untuk lolos seleksi beasiswa? -> Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan expert Schoters!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

 

Butuh bimbingan dari ahlinya untuk menyiapkan pendaftaran kuliah di luar negeri? -> Daftar Study Abroad Academy supaya kamu dibantu dari A sampai Z oleh mentor-mentor terbaik Schoters!