3 Universitas Terbaik dan Tempat Wisata Pelajar di Sydney

Siapa Hunters di sini yang punya mimpi untuk kuliah, kerja atau tinggal di Sydney, Australia? Jika kamu adalah salah satunya, yuk ketahui lebih banyak tentang kota Sydney mulai dari sejarah, budaya, lingkingan, tempat wisata dan rekomendasi universitas terbaik di Sydney yang sudah dirangkaikan oleh Schoters khusus untukmu!

Sejarah Sydney  

Sejarah Sydney dimulai pada zaman prasejarah ketika dihuni oleh Aborigin Australia. Diperkirakan leluhurnya tiba di Australia antara 15.000 dan 45.000 tahun lalu. Sedangkan sejarah modern kota Sydney dimulai dengan kedatangan Armada Inggris Pertama pada tahun 1788 dan projek pendirian koloni hukuman Inggris. Kemudian pada tahun 1901, Sydney menjadi ibu kota negara bagian dan New South Wales memilih untuk bergabung dengan Federasi Australia. 

 

Nama Sydney sendiri didapat dari Lord Sydney, seorang Menteri Dalam Negeri Inggris ketika Armada Pertama dan Kapten Arthur Phillip tiba pada Januari 1788. Kota ini digambarkan sebagai Sydney Cove sebagai “pelabuhan terbaik di dunia” di mana “sebagian besar seribu layar dapat berlayar dengan sangat aman” berdasarkan surat dari Captain Arthur Phillip. 

 

Sydney saat ini adalah kota terbesar di Australia dan merupakan pusat budaya dan keuangan internasional yang penting. Imigrasi dan letak kota Sydney juga sudah mengubah kota ini menjadi tempat yang kaya dengan etnis dan 180 nationality. Bahkan kota Sydney ini telah menyelenggarakan banyak acara internasional, termasuk Olimpiade Musim Panas 2000. 

 

Budaya dan Kondisi Sosial di Sydney  

Kota Sydney menjadi rumah dari berbagai orang dengan berbagai etnis, bahasa, dan budaya. Kota Sydney juga cenderung memiliki penutur bahasa selain bahasa Inggris seperti 13,3% Mandarin, 11,3% bahasa Arab, 8,1% bahasa Vietnam, 4,4% bahasa Yunani, 3,7% bahasa India, 3,6% bahasa Italia, 3,4% bahasa Korea, 3,3% bahasa Spanyol dan lain-lainnya.

 

Selain keanekaragaman budaya, bahasa dan pengalaman yang bisa kamu dapat diatas, ada beberapa hal lain yang bisa kamu pertimbangakan.

1. Stabilitas dan Tingkat Kriminalitas

Kota Sydney merupakan salah satu kota yang stabil dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Meski saat ini Australia memiliki tingkat kriminalitas yang melonjak. Sydney masih aman untuk ditempati.

2. Fasilitas Kesehatan

Sydney memiliki fasilitas kesehatan yang sangat baik. Mulai dari pilihan rumah sakit pemerintah dan swasta, akses untuk obat-obatan dan sistem kesehatannya yang sangat tertata.

3. Infrastruktur

Fasilitas kendaraan umum dan tempat publik di kota Sydney sudah sangat baik. Beberapa fasilitas umum yang bisa kamu nikmati setiap hari adalah transportasi umum seperti kereta, bis, kapal, pesawat dan akses ruangan hijau yang cukup banyak.

 

Selain itu ketersedian energi dan air bersih kota Sydney juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Bukan hanya itu saja, beberapa fasilitas pendukung seperti restoran, tempat belanja, dan festival budaya sudah sangat mumpuni.

4. Pendidikan

Hampir sama dengan kualitas kesehatannya, Sydney juga memiliki akses, pilihan dan kualitas yang baik dari segala jenjang. Mulai dari kelas persiapan sekolah anak-anak hingga universitasnya yang berkualitas dunia. 

5. Budaya dan Lingkungan

Kota Sydney mendapatkan skor 94,5% sebagai kota dengan kesamaan dan keseimbangan budaya. Sydney juga memiliki alam yang indah dengan banyak pantai, padang rumput dan lain sebagainya. Sydney juga memiliki banyak pusat seni seperti Sydney Opera House, Sydney Theatre Company dan the Art Gallery of NSW. 

 

Juga tidak ketinggalan, pilihan makanannya yang beragam. Terlebih di malam hari ini. Mulai dari Chinatown, makanan Italia dan masakan khas Australia bisa kamu temukan dengan mudah.

Mau Lolos Beasiswa Luar Negeri?

Lingkungan Kerja di Sydney, Australia

Selain beberapa keindahan kota Sydney di atas, orang-orang Australia cukup santai dan ingin memastikan bahwa semuanya keep it simple. Namun ada peraturan tidak tertulis untuk tidak membicarakan urusan politik dan agama di tempat kerja karena bisa menyinggung seseorang. So work hard and play hard ya!

3 Tempat Wisata Terkenal di Sydney

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di Sydney, ada 3 tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Berikut Schoters rangkumkan untukmu!

1. Sydney Olympic Park

Sydney Olympic Park dikenal dengan tempat wisata yang gratis dan mudah di akses. Sydney Olympic Park juga tempat yang cocok untuk keluarga atau jalan-jalan bersama temanmu.

2. Byron Bay

Tidak jauh dari Sydney, pantai Byron Bay merupakan tempat lain yang wajib kamu kunjungi. Terlebih ketika kamu ingin berliburan dengan puas tapi hanya punya waktu weekend yang singkat. 

3. Waterfall Way

Air terjun “Waterfall Way” merupakan salah satu tempat wisata favorit di bagian utara New South Wales. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan air terjun lainnya seperti “Dangar Falls” yang airnya mengalir dari Sungai Biel Down.

 

Selain beberapa tempat wisata di atas, Sydney juga menyediakan beberapa universitas terbaiknya untuk para mahasiswa internasional. Berikut informasinya!

 

Baca Juga : Kenali 10 Universitas Terbaik di Australia 2023!

 

3 Universitas Terbaik di Sydney Menurut QS World University Rankings 2023

Sydney merupakan salah satu kota di Australia dengan kualitas dan fasilitas dunia. Berikut beberapa informasi singkat mengenai 3 universitas terbaik di Sydney menurut QS World University Ranking 2023!

1. The University of Sydney

Pada urutan pertama ada The University of Sydney yang menempati posisi 41 dunia. Beberapa pilihan studi yang ada di sini adalah arts and social sciences, architecture, design and planning, business, education and social work, engineering and computer science, law, medicine and health, music and science. 

The University of Sydney juga menawarkan beberapa beasiswa untuk pelajar Indonesia seperti Vice Chancellor’s International Scholarships Scheme, Australia Awards Scholarship, dan Sydney International Student Award (Indonesia).

2. The University of New South Wales

Kampus ini berada di Sydney, Kensington dan menjadi salah satu bagian dari “Group of Eight”- Australia. Berapa di peringkat 45 dunia, UNSW memberikan beberapa pilihan jurusan seperti Natural and Physical Sciences, Information technology, Engineering and Related Technologies, Architecture and Building, Environmental and Related Studies, Health, Education, Business and Management, Humanities and Law, dan Creatives Arts. 

The University of New South Wales  juga menawarkan beberapa beasiswa untuk pelajar Indonesia seperti International Scientia Coursework Scholarship, Australia’s Global Award, UNSW Global Academic Award, dan Australia Awards Scholarship.

3. University of Technology Sydney

Dikenal dengan bidang studi di kesehatan dan infrastrukturnya, University of Technology Sydney berada di peringkat 137 dunia menurut QS World Ranking University. Beberapa pilihan bidang studinya antara lain Library and Information Management, Computer Science and Information System, Engineering, Electrical and Electronic, Civil and Structural, Minerals and Mining, Nursing, Art and Design, Architecture and Built Environment, Law, Accounting and Finance, Communications and Media Studies, dan Sports – related subjects. 

University of Technology Sydney  juga menawarkan beberapa beasiswa untuk pelajar Indonesia seperti Information Technology International Undergraduate Excellence Scholarship, UTS College to UTS Pathway Scholarship – Indonesia, dan UTS Diploma to Degree Scholarship for High School Graduates. 

 

Baca Juga : Intip Beasiswa Australian Awards 2023, Wajib Tahu!

 

Berikut informasi mengenai kota Sydney, kota tujuan ribuan mahasiswa seluruh dunia dan surga dari 180 nasionalitas. Selain informasi di atas, untuk kamu ingin melanjutkan studi kota Sydney, kamu bisa konsultasi beasiswa dan universitas bersama Schoters lewat program di bawah ini. Klik untuk penawaran terbaik!

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px (1)